Listrik dan GasSertifikasi

Persyaratan, Masa Berlaku, & Pentingnya SLO Instalasi Listrik

SLO Instalasi Listrik: Sistem Kendali Kelistrikan Bangunan

Elemen penting yang perlu diperhatikan dalam berbagai jenis bangunan yaitu instalasi listriknya. Diperlukan perhitungan yang tepat dan cermat supaya sistem kelistrikan di dalam bangunan tersebut dapat terkontrol dengan baik. Maka dari itu, SLO instalasi listrik memiliki peran penting dalam hal ini.

Mari lebih mengenal tentang SLO tersebut, termasuk manfaat, persyaratan, dan masa berlakunya. Namun, sebelum itu, mari simak penjelasan tentang instalasi listrik terlebih dahulu. 

Instalasi Listrik Industri

Instalasi listrik dapat diartikan sebagai suatu perangkat yang dimanfaatkan dalam proses mengalirkan energi listrik. Energi tersebut dialirkan dari sumber listrik, menuju berbagai perangkat yang membutuhkan listrik untuk menjalankan kerjanya.

Meski umumnya sudah ada penyuplai listrik untuk setiap bangunan, namun listrik tersebut hanya disalurkan ke bangunan saja. Maka dari itu, di dalamnya perlu ada rangkaian instalasi yang tepat untuk menjalankan fungsi peralatan yang membutuhkan energi listrik.

Mengapa Membutuhkan Instalasi Listrik?

Instalasi listrik yang tepat sangat dibutuhkan untuk berbagai jenis industri, sehingga berbagai sektor yang bergerak di dalamnya dapat berjalan dengan lebih efektif. Berikut adalah berbagai manfaat dan alasan pentingnya instalasi listrik. Ketahui lebih lanjut Mengapa Diperlukan SLO untuk bangunan Anda!

1. Besarnya Sumber Daya Perlu Diperhatikan

Umumnya, sebuah perusahaan atau bangunan berkapasitas besar membutuhkan sumber daya listrik dalam jumlah yang terbilang besar. Sumber daya tersebut diperlukan untuk berbagai kebutuhan, misalnya menyalakan mesin atau mendukung kenyamanan penghuni dan pekerja.

Maka dari itu, dibutuhkan instalasi listrik yang tepat dan berfungsi optimal untuk dapat mengalirkan daya listrik sesuai dengan kebutuhannya. Dengan begitu, berbagai jenis kegiatan dapat dilakukan dengan optimal dan aman.

2. Untuk Menghindari Permasalahan Listrik

Ada berbagai risiko dari sistem kelistrikan yang tidak diatur dengan baik, misalnya listrik menjadi down atau terjadi penurunan daya yang drastis. Hal tersebut tentunya dapat menjadi hambatan besar untuk sebuah industri, terlebih ketika sedang berada di tengah proses kerja.

Maka dari itu, untuk meminimalisir risiko tersebut, dibutuhkan instalasi listrik yang memadai dan berfungsi optimal. Akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan genset yang dapat menyala secara otomatis jika listrik di gedung tersebut sudah tidak normal. 

3. Supaya Dapat Mengoptimalkan Semua Alat

Dalam sebuah industri atau pabrik, ada berbagai jenis alat yang perlu dijalankan dengan didukung oleh sumber daya listrik. Energi yang dibutuhkan cenderung berada dalam kapasitas yang besar, sehingga semua alat pada dioptimalkan fungsinya.

Dengan adanya instalasi listrik yang tepat dan memadai, maka Anda dapat menjalankan seluruh alat yang diperlukan untuk kebutuhan industri. Hal ini juga bermanfaat untuk para pelaku usaha betapa pentingnya memiliki SLO bagi usaha kelistrikan. 

Selain itu, untuk berbagai jenis gedung kapasitas besar lainnya, misalnya gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan, hal ini juga perlu menjadi perhatian karena berbagai fasilitas biasanya perlu didukung oleh tenaga listrik.

4. Membuat Sistem Kelistrikan yang Terpusat

Hal selanjutnya yang juga penting dari instalasi listrik yaitu dapat menciptakan sistem kelistrikan yang terpusat. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mengendalikan berbagai hal yang diperlukan.

Sebagai contoh, untuk menyalakan atau mematikan berbagai jenis alat produksi dalam satu waktu. Hal ini tentunya dapat meningkatkan efisiensi kerja dalam sebuah industri, namun tetap aman untuk sistem kelistrikan yang bekerja.

Pengecekan pun akan lebih mudah karena tidak perlu mengeceknya langsung di berbagai tempat, melainkan hanya perlu melakukan pengecekan melalui sebuah ruangan yang menjadi pusat sistem.

5. Menjaga Keamanan

Menggunakan sumber daya listrik memiliki risiko keamanan dan keselamatan, terlebih jika digunakan dalam daya yang cukup tinggi seperti pada berbagai tempat industri.

Ada berbagai jenis kecelakaan yang mungkin saja terjadi terkait dengan penggunaan sumber listrik, misalnya tersengat listrik atau terjadi korsleting yang membahayakan.

Instalasi listrik yang tersusun dengan baik, dapat memiliki peran penting dalam mencegah berbagai risiko tersebut. Instalasi yang tepat umumnya didesain untuk mencegah adanya interaksi antara sumber listrik dan para pekerja di sebuah industri, misalnya dengan membuat ruangan atau kotak tersendiri yang aman dan tertutup.

Ini menjadi penting untuk menjamin keselamatan para pekerja serta berbagai peralatan yang ada di dalamnya.

Pentingnya SLO dalam Instalasi Listrik

SLO merupakan singkatan dari Sertifikat Laik Operasi, yang memiliki peranan penting dalam rangka memastikan keamanan terhadap saluran dan instalasi listrik yang terpasang pada suatu bangunan.

Sertifikasi ini menjadi penting karena hal ini dapat memberikan pengakuan secara formal terkait pembuatan instalasi listrik di dalam industri atau bangunan tersebut. SLO instalasi listrik juga dapat memberikan jaminan terhadap kesesuaian standar dan kriteria yang berlaku.

SLO merupakan salah satu sertifikasi yang wajib dipenuhi oleh pemilik atau pengguna bangunan, khususnya jenis bangunan dengan kapasitas listrik yang besar seperti pabrik atau industri.

Berbagai hal menjadi pertimbangan dalam hal ini, sehingga instalasi listrik dapat terpasang dengan tepat, cermat, dan aman. Sebelum gedung difungsikan, SLO instalasi listrik ini perlu dilakukan terlebih dahulu.

Siapa yang Wajib Memiliki SLO?

Dari berbagai jenis penyedia layanan yang umum ditemui, ada beberapa layanan yang wajib untuk memiliki SLO instalasi listrik, yaitu sebagai berikut:

  1. Pembangkit tenaga listrik.
  2. Pembangkit listrik yang memproduksi tenaga listrik dan menjalankan usaha.
  3. Transmisi tenaga listrik, yaitu layanan untuk menyalurkan tenaga listrik dengan menggunakan sistem transmisi.
  4. Distribusi tenaga listrik, yaitu fasilitas untuk menyalurkan listrik dari pembangkit ke pihak konsumen yang membutuhkan tenaga tersebut.
  5. Penjualan tenaga listrik, atau kegiatan jual beli yang berkaitan dengan tenaga listrik.
  6. Gedung atau jenis bangunan yang membutuhkan tegangan listrik dengan kapasitas rendah, menengah, dan tinggi. SLO instalasi listrik juga menjadi sebuah syarat yang harus dipenuhi ketika Anda sedang mengurus Sertifikat Laik Fungsi atau SLF untuk sebuah gedung.

Setelah membaca hal poin-poin diatas tentunya Anda bertanya bagiamana cara mendapatkan sertifikasi laik operasi (SLO)? Ketahui lebih lanjut di artikel tersebut dan simak persyaratan dan masa berlakunya di bawah ini!

Persyaratan dan Masa Berlaku SLO dalam Pembangunan Gedung

Untuk dapat mengajukan SLO, maka ada berbagai syarat yang perlu dipersiapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki perizinan yang resmi terkait usaha tersebut, ditandai dengan adanya izin usaha, izin lokasi, dan Nomor Induk Berusaha (NIB).
  2. Memiliki izin operasi untuk melakukan pemanfaatan terhadap instalasi listrik.
  3. Telah ada lokasi yang jelas untuk instalasi listrik.
  4. Memiliki kapasitas dan jenis instalasi yang jelas.
  5. Memiliki tata letak dan gambar instalasi yang jelas.
  6. Memiliki spesifikasi yang jelas untuk peralatan utama dalam melakukan instalasi listrik
  7. Memiliki standar dan spesifikasi teknik yang jelas.
  8. Diagram satu garis.

Selanjutnya, untuk masa berlaku SLO instalasi listrik tersebut ada dalam kisaran 5 sampai 10 tahun, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Untuk jenis instalasi bagi penyedia tenaga listrik, masa berlakunya selama 5 tahun.
  2. Untuk jenis instalasi distribusi dan transmisi listrik, masa berlakunya selama 10 tahun.
  3. Untuk jenis instalasi tenaga listrik dengan pemanfaatan untuk konsumen, yang meliputi tegangan rendah (TR), tegangan menengah (TM), dan tegangan tinggi (TT), masa berlakunya selama 15 tahun.

Berdasarkan berbagai penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa SLO menjadi penting dalam instalasi listrik. Sertifikasi ini juga dapat meminimalisir berbagai risiko terkait sistem kelistrikan, misalnya kecelakaan atau kerugian bagi daerah sekitarnya.

Layanan SLO instalasi listrik dari Sucofindo dapat menjadi alternatif tepat bagi Anda yang membutuhkan sertifikasi ini. Ruang lingkup dari pekerjaannya berupa pemeriksaan dokumen, visual, desain, proteksi katodik, dampak lingkungan, serta pengujian sistem dan evaluasi hasil uji komisioning. Pelajari selengkapnya bersama Kami

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: