Layanan

Green Building EDGE (IFC)

Penjelasan Green Building EDGE (IFC)

EDGE merupakan penilaian bangunan hijau di negara berkembang yang dibuat oleh IFC (International Finance Corporation).  Penilaian ini dilakukan melalui aplikasi EDGE. Proses penilaian melibatkan pengisian bukti pemenuhan, serta audit dan verifikasi melalui platform aplikasi, untuk mendapatkan penilaian yang akurat dan valid. PT SUCOFINDO menyediakan jasa sertifikasi Green Building EDGE sebagai bukti bahwa perusahaan memiliki bangunan yang hemat energi, hemat air, hemat Gas Rumah Kaca, serta konservasi jalan yang merujuk pada peraturan daerah serta PROPER.

Ruang Lingkup Green Building EDGE (IFC)

Green Building EDGE merujuk pada keunggulan atau keuntungan kompetitif yang diperoleh dari membangun atau mengoperasikan bangunan dengan pendekatan yang berkelanjutan atau ramah lingkungan. Konsep ini menekankan bahwa bangunan yang dirancang dan dioperasikan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti efisiensi energi, penggunaan sumber daya yang berkelanjutan, manajemen air, kualitas udara dalam ruangan, dan pilihan bahan bangunan yang ramah lingkungan dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam beberapa cara.

Dengan menerapkan EDGE, ada beberapa keuntungan atau keunggulan yang dapat diperoleh :

  1. Efisiensi Energi
    Bangunan hijau biasanya dirancang dengan sistem energi yang efisien, seperti pencahayaan yang hemat energi, sistem pendingin dan pemanas yang efisien, dan penggunaan energi terbarukan. Ini dapat mengurangi konsumsi energi secara keseluruhan dan biaya operasional bangunan.
  2. Pengurangan Dampak Lingkungan
    Dengan menggunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan, mengurangi limbah konstruksi, dan mengelola air secara efisien, bangunan dapat mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan dan ekosistem sekitar.
  3. Kualitas Ruangan yang Lebih Baik
    Praktik desain dan konstruksi yang berkelanjutan berfokus pada kualitas udara dalam ruangan yang baik, penggunaan bahan bangunan yang tidak beracun, dan pengendalian suhu dan kelembaban yang optimal. Ini menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi penghuni bangunan.
  4. Citra dan Reputasi
    Bangunan hijau sering kali memiliki citra yang lebih baik dan mendapat pengakuan dari komunitas, pemangku kepentingan, dan masyarakat umum. Mengikuti praktik berkelanjutan dapat meningkatkan reputasi perusahaan atau organisasi sebagai pemimpin dalam pembangunan berkelanjutan.
  5. Efisiensi Operasional
    Dengan memanfaatkan teknologi dan sistem otomatisasi yang lebih canggih, seperti sistem manajemen bangunan cerdas, pengawasan energi real-time, dan pemantauan penggunaan sumber daya, bangunan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya.

Informasi Tambahan

Green Building EDGE (IFC)