Layanan
Manajemen Agunan atau Persediaan
Penjelasan Manajemen Agunan atau Persediaan
Pengelolaan agunan bank atau pendana lain selain bank dibutuhkan guna memastikan detail dan kepastian pemasukan, persediaan, dan pengeluaran atas barang yang menjadi agunan tersebut.
Dengan demikian, pihak pendana memerlukan alternatif untuk menyalurkan kredit dengan menggunakan agunan bergerak sebagai jaminan karena debitur memiliki keterbatasan dalam menyerahkan agunan berupa aset tetap. Kehadiran pihak ketiga yang independen untuk memfasilitasi pengelolaan agunan bergerak dan berubah akan mempertemukan kedua kepentingan tersebut.
Ruang Lingkup Manajemen Agunan atau Persediaan
Layanan manajemen agunan PT SUCOFINDO memiliki ruang lingkup yang meliputi pekerjaan pengawasan penerimaan barang, termasuk jumlah, mutu (bila diperlukan), visual, penumpukan, dan pengelolaan barang selama disimpan di gudang yang telah ditentukan.
Sebelum pelaksanaan pekerjaan dimulai, pihak lazimnya melakukan pemeriksaan gudang yang akan digunakan untuk penyimpanan barang agunan, dan pengeluaran barang hanya dapat dilakukan setelah penerimaan perintah tertulis dari bank atau pendana sebagai prinsipal.
Layanan ini bertujuan memberikan rasa aman kepada pihak bank atau pendana lainnya terhadap risiko pengelolaan/pengawasan komoditas sebagai jaminan utama atas pinjaman yang diberikan. Layanan ini juga memberikan manfaat lain berupa informasi terkini tentang jumlah dan posisi agunan/persediaan secara cepat kepada Bank atau Debitur selama waktu Perjanjian Manajemen Agunan/Persediaan (Collateral/Stock Management Agreement).