Berita

SUCOFINDO Dampingi BPJPH Serahkan Sertifikat Halal untuk HAUS

Jakarta, 27/7– PT SUCOFINDO mendampingi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam menyerahkan Sertifikasi Halal kepada PT Inspirasi Bisnis Nusantara (HAUS) yang merupakan mitra binaan PT Halal Digital International (Halalin).

Sertifikat halal langsung diserahkan oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) M. Aqil Irham kepada Co Founder & Chief Operating Officer PT Inspirasi Bisnis Nusantara (HAUS) Daman Wijaya, yang didampingi oleh perwakilan Direktur Utama PT SUCOFINDO Jobi Triananda, yaitu Kepala Unit Halal/Kepala LPH PT SUCOFINDO Agus Suryanto, serta Direktur PT Halal Digital International (HALALIN) Yulia Zahara Mega, dan beberapa Co Founder & Manajemen Puncak PT Inspirasi Bisnis Nusantara (HAUS).

Sebelumnya, Sertifikat Halal ini telah melalui proses pemeriksaan kehalalan produk oleh Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Utama PT SUCOFINDO. Selanjutnya, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan sidang fatwa halal, setelah ditetapkan halal, maka proses selanjutnya Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menerbitkan Sertifikat Halal.

Kepala BPJPH M. Aqil Irham mengucapkan selamat kepada Haus, selaku mitra binaan Halalin, karena sudah mendapatkan sertifikat halal. “Sebagai perwakilan pemerintah, dalam hal ini BPJPH mengucapkan selamat atas pencapaian baru kepada Haus karena telah memiliki Sertifikat Halal. Kami berharap dapat dijaga, sejalan menjaga reputasi dari Haus. Dan apabila ada penambahan outlet dan produk agar tetap konsisten untuk dilakukan sertifikasi,” kata M. Aqil Irham.

Yuliana Zahara Mega, CEO PT Halal Digital Internasional menyatakan, “Sertifikat Halal merupakan esensi mandatori di Negara Indonesia serta menjadi pertimbangan penting bagi konsumen dalam memilih makanan, mengingat bahwa Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, disinilah Halalin hadir sebagai solusi bagi para pemilik usaha dengan menjadi partner yang dapat diandalkan dalam meraih sertifikasi Halal.”

Selanjutnya, Co-founder dan Chief Operating Officer Haus!, Daman Wijaya mengatakan bahwa sebagai pelaku bisnis di negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia, penting memiliki sertifikasi halal. “Sertifikasi halal ini kami ajukan sebagai salah satu langkah peningkatan mutu dan kualitas layanan kepada seluruh konsumen yang juga sejalan dengan visi Haus!, yaitu “spreading happiness through a cup of drink,”

Kepala Unit Halal PT SUCOFINDO Agus Suryanto memberikan dukungan penuh dan apresiasi atas Sertifikasi Halal yang telah diraih oleh Haus. “Kami ucapkan selamat kepada Haus, semoga dengan diraihnya sertifikat halal ini mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia dan memperluas konsumen, Selain itu, kami pun turut mengapresiasi komitmen HALALIN, secara konsisten mendukung mitra binaannya meraih sertifikasi halal. Semoga kedepannya kita dapat terus bekerja sama, terlebih jika diperlukan sertifikasi kembali untuk penambahan produk, perubahan bahan baku, dan penambahan outlet,” kata Agus Suryanto.

Kedepannya sebagai LPH Utama, Agus Suryanto menyatakan optimis untuk siap melayani kegiatan pemeriksaan dan/atau pengujian kehalalan produk lainnya dengan cakupan lebih luas secara Nasional dan Internasional. “Kami siap mendukung realisasi target pencapaian sertifikasi halal, dan mewujudkan Indonesia tumbuh menjadi pusat industri halal dunia di tahun 2024” ujar Agus Suryanto.

LPH PT SUCOFINDO sendiri telah terakreditasi oleh BPJPH sebagai LPH Utama yang pertama di Indonesia pada Februari 2023, sehingga bisa melaksanakan pemeriksaan halal untuk skala usaha mikro dan kecil, usaha menengah dan besar, serta luar negeri dengan jumlah auditor halal terbanyak secara nasional sebanyak 135 auditor halal. PT SUCOFINDO memiliki infrastruktur yang sangat lengkap, antara lain fasilitas laboratorium pengujian halal yang terakreditasi, peralatan uji halal yang mumpuni dan didukung dengan teknologi Droplet Digital PCR, serta dilengkapi kualitas auditor halal yang telah tersertifikasi dan kompeten di bidangnya.

Selain, layanan sertifikasi halal, PT SUCOFINDO mampu memberikan one stop services, khususnya dalam memberikan pemastian keamanan pangan melalui sertifikasi pangan organik, Good Manufacturing Practices (GMP), Hazard Analysis Critical Control Point (HACPP), serta SNI ISO 22000 mengenai Sistem Manajemen Keamanan Pangan, yang merupakan syarat ekspor termasuk jika dibutuhkan pengujian laboratorium untuk parameter tertentu.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon            : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email                 : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: