BeritaSiaran pers

SUCOFINDO-ANRI, Transformasi Digital untuk Pengelolaan Arsip

Jakarta, 11/7 – PT SUCOFINDO bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk mendukung proses transformasi digital dalam sistem pengelolaan arsip yang memanfaatkan fasilitas teknologi. “Dengan transformasi pengelolaan sistem arsip secara digital ini, mampu memudahkan penemuan kembali arsip secara cepat dan tepat,” kata Direktur Sumber Daya Manusia PT SUCOFINDO Johanes Nanang Marjianto.

Selain itu, dengan pengelolaan arsip yang tepat menurut Nanang merupakan komitmen PT SUCOFINDO dalam implementasi Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) di Lingkungan PT SUCOFINDO maupun Anak Perusahaan. “Dengan pengelolaan yang tepat mampu menunjang pengelolaan arsip yang berorientasi pada tata kelola, serta manajemen risiko khususnya dalam data bisnis sampai investasi,” ujar Nanang.

Kepala Divisi Umum dan Manajemen Aset PT SUCOFINDO Adian Gogo melanjutkan bahwa pengelolaan arsip harus dikelola secara benar berdasarkan kaidah-kaidah dan peraturan perundangan kearsipan. Pengelolaan arsip pada BUMN harus diselenggarakan secara komprehensif dan terpadu meliputi penetapan kebijakan, pembinaan, pengelolaan arsip, dengan didukung oleh sumber daya kearsipan (Kelembagaan, SDM, prasarana dan sarana, dan pendanaan), serta perlu perhatian dan dukungan dari pimpinan BUMN.

“Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan ANRI untuk merealisasikan pengelolaan arsip yang tepat, Atas alasan tersebut kami melaksanakan sinergi dengan ANRI dalam Pembuatan Pedoman Kearsipan,” kata Adian Gogo.

Pedoman yang telah disusun termasuk Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip (JRA), dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip (SKKAA) yang telah yang diperolah dari proses wawancara dan diskusi bersama yang telah berlangsung d sejak tanggal 6 Maret – 6 Juli 2023. “Kami berharap kedepannya dengan sinergi yang telah terjalin ini dapat mengelola arsip dinamis secara efektif dan efisien,” kata Adian Gogo.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

 

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: