ArtikelUmumPelatihan

Mengenal Apa itu SROI (Social Return on Investment)

Identifikasi Keinginan Masyarakat dengan Mengenal Apa Itu SROI?

Sudahkah Anda mengetahui apa itu SROI? SROI merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program sosial lingkungan, selain itu SROI dapat mengidentifikasi apa yang harus diukur setelah proyek selesai dilaksanakan. 

Bila manusia tidak menjaga kelestarian alam, maka akan terjadi kerusakan terhadap alam yang menimbulkan berbagai dampak buruk bagi manusia. Jadi, Social Return on Investment adalah salah satu upaya  untuk menjaga lingkungan hidup dengan berbagai aktivitas sosial lingkungan.

Perbedaan SROI dan ROI

Anda perlu mengetahui perbedaan antara Social Return on Investment and Return on Investment atau biasa disingkat menjadi ROI. Lalu, apa itu SROI dan apa perbedaannya dengan ROI? ROI merupakan pengembalian yang diraih perusahaan dalam bentuk nominal uang.

Sementara Social Return on Investment adalah keuntungan dalam ruang lingkup lebih luas, seperti dampak lingkungan dan sosial dalam jangka panjang. Banyak faktor eksternal yang masuk hitungan Social Return on Investment, sementara ROI internal saja.

Social Return on Investment berkaitan dengan nilai yang tidak dapat diwujudkan melalui angka. Sementara ROI berhubungan dengan uang. Social Return on Investment juga memiliki peranan untuk meniadakan ketimpangan degradasi lingkungan.

Manfaat SROI

Social Return on Investment memiliki berbagai manfaat penting, terutama bagi perusahaan. Apa itu SROI dan seperti apa manfaatnya dapat Anda simak dalam poin-poin berikut:

  1. Membantu organisasi memahami nilai sosial dari program melalui penilaian yang terstruktur dan mendalam. 
  2. Proses yang dilakukan membuka diskusi dengan stakeholder sehingga dapat terukur keberhasilan program yang dijalankan.
  3. Social Return on Investment menampilkan dampak sosial dari penilaian yang  dilakukan. Dampak sosial ini berpengaruh kepada komisaris, investor, juga pemberi pinjaman.
  4. Peranannya dalam perencanaan adalah sebagai bentuk gambaran terhadap dampak sosial dan lingkungan yang akan terjadi dalam proyek.
  5. Social Return on Investment memiliki peran penting sebagai pengatur strategi serta menentukan keberhasilan strategi yang telah terbentuk. Dengan memahami apa itu SROI dengan baik maka dapat diputuskan apakah strategi perlu diubah atau tidak.
  6. Verifikasi serta jaminan telah tersedia dari sejumlah badan.

Setelah mengetahui enam manfaat di atas, penting bagi Anda untuk mulai mencari tahu bagaimana mengukur Social Return on Investment. Ini akan menjadi sangat penting apabila Anda dapat memaksimalkannya dengan baik.

Prinsip SROI

Social Return on Investment memiliki tujuh buah prinsip yang harus dipatuhi oleh semua pihak. Tujuh prinsip ini dikembangkan dari enam manfaat yang sebelumnya telah kami sebutkan. Pahami apa itu SROI secara akurat melalui tujuh prinsip berikut:

  1. Turut melibatkan pemangku kepentingan atau stakeholder
  2. Wajib memahami perubahan yang terjadi
  3. Memiliki sifat menghargai terhadap hal-hal yang bersifat penting
  4. Menyertakan sesuatu yang penting saja
  5. Klaim secara berlebihan tidak diperkenankan
  6. Pasti dan wajib transparan
  7. Harus selalu melakukan verifikasi lingkungan terhadap hasilnya

Tujuh prinsip di atas harus dipegang teguh oleh para pemegang kepentingan. Semua pihak terlibat wajib memperhatikan tujuh prinsip ini berdasarkan dari pengembangan manfaat Social Return on Investment untuk dampak positif jangka panjang.

Setelah memahami perbedaan Social Return on Investment dan ROI, manfaat, sekaligus prinsipnya, sekarang Anda lebih memahami banyak hal terkait apa itu SROI. Selanjutnya, mari ikuti kami untuk memahami Social Return on Investment secara lebih lengkap.

Mekanisme SROI

Berdasarkan tujuh prinsip yang telah kami sebutkan di atas, terbentuklah sebanyak enam mekanisme Social Return on Investment. Enam mekanisme tersebut terangkum dalam poin-poin berikut:

  1. Menentukan ruang lingkup dan melakukan identifikasi terkait siapa saja yang memangku kepentingan.
  2. Hasil pemetaan, berisi tentang hubungan input, output, serta hasil yang dikembangkan.
  3. Membuktikan hasil dan memberikan penilaian.
  4. Membangun dampak dari berbagai bukti terkumpul.
  5. Menghitung Social Return on Investment dengan melibatkan manfaat, mengurangi hal negatif, kemudian membandingkan dengan investasi.
  6. Melakukan pelaporan, penggunaan, serta penyematan.

Semua mekanisme di atas perlu dilakukan untuk dalam melakukan analisa SROI dengan baik. Karena banyak pemangku kepentingan terlibat maka dalam implementasinya membutuhkan kerjasama dari semua pihak.

Cara Menghitung SROI

Setelah memahami beberapa informasi terkait SROI. Mari pahami bersama bagaimana caranya menghitung Social Return on Investment. Secara garis besar, berikut ini rumus SROI:

SROI = (SIV – IIA) : (IIA x 100%)

Keterangannya:

  • SIV  adalah nilai dampak sosial atau disebut juga sebagai social investment value
  • IIA adalah jumlah investasi awal yang biasa disebut juga dengan initial investment amount

Social Return of Investment adalah hal utama yang wajib Anda sertakan sebelum memulai program sosial lingkungan. Sebaiknya melibatkan ahli dalam proses penentuan ini. Anda dapat mempercayakannya kepada kami.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan pelatihan.  Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: