Pelatihan

Jenis dan Manfaat Pelatihan ISO 9001 Sucofindo Bagi Perusahaan

Ciptakan Manajemen Mutu Perusahaan yang Komprehensif

Melalui pelatihan ISO 9001 Sucofindo, perusahaan dapat memastikan sistem manajemen mutunya sudah baik dan sesuai standar. Pelatihan ISO 9001 bertujuan agar perusahaan dapat memenangi persaingan pasar. Di tengah persaingan yang ketat, sistem manajemen mutu berperan penting bagi perusahaan untuk bisa memenangi pasar. 

Perusahaan yang sudah menerapkan standar ISO 9001 dalam proses perencanaan dan pelaksanaan akan dianggap lebih unggul daripada perusahaan lain. Konsumen pun akan lebih percaya untuk menggunakan produknya dibandingkan produk dari perusahaan yang belum memiliki standar ISO 9001. 

Manfaat ISO 9001

Pelatihan ISO 9001 Sucofindo menawarkan sejumlah manfaat yang berguna untuk perusahaan dan karyawan. Berikut adalah diantaranya:

1. Bagi Karyawan

Terdapat sejumlah manfaat yang bisa didapatkan oleh karyawan yang mengikuti pelatihan ISO 9001. Berikut poin-poin dan penjelasan ringkasnya:

a. Memahami tentang ISO 9001

Karyawan dapat mengerti dan memahami tentang ISO 9001 yang berkaitan erat dengan manajemen mutu perusahaan. Dengan pemahaman tersebut, pegawai akan dapat mengimplementasikannya dengan benar sesuai prosedur yang sudah jadi standar ISO. 

b. Memahami Tipe-tipe ISO

Ada banyak jenis dari ISO yang berkaitan dengan perusahaan. Salah satunya 9001 yang digunakan untuk menjadi standar dalam manajemen mutu. Dengan mengikuti pelatihan ISO 9001 Sucofindo, pegawai akan lebih memahami tipe-tipe ISO, khususnya yang berkaitan erat dengan perusahaan tempat bekerja. 

c. Tanggung Jawab Meningkat

Pelatihan tentang ISO 9001 akan dapat meningkatkan tanggung jawab pegawai terhadap perusahaan. Mereka adalah bagian penting dalam operasional perusahaan. Maka, agar perusahaan dapat memenangi persaingan, mereka akan berusaha keras untuk menerapkan standar ISO sesuai yang diperoleh dari pelatihan. 

2. Bagi Perusahaan

Selain baik untuk karyawan, pelatihan ISO juga bagus untuk perusahaan. Nah, di bawah ini merupakan manfaat-manfaatnya: 

a. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi ISO 9001, Anda telah menunjukkan komitmen nyata kepada konsumen untuk meningkatkan pelayanan mutu pada produk atau jasa yang dihasilkan. Semakin baik kualitasnya, kepuasan pelanggan pun akan semakin tinggi. 

b. Proses Semakin Ringkas

Sucofindo menyediakan pelatihan ISO 9001 yang akan membantu Anda dalam mengembangkan pemahaman terhadap perusahaan baik secara internal maupun eksternal dan memberikan pendekatan yang sistematis untuk manajemen risiko. 

Dengan begitu, efektivitas kinerja perusahaan pun bisa meningkat. Proses manajemen yang biasanya panjang, bisa dipangkas agar lebih efektif dan efisien tetapi sudah sesuai standar yang ditetapkan ISO

3. Integrasi yang Mudah

ISO 9001 memudahkan Anda untuk mengontrol sistem manajemen yang sudah terintegrasi dalam satu kesatuan bisnis perusahaan. Ini bisa membantu mengurangi penggandaan proses maupun biaya yang harus dikeluarkan.

Pelatihan ISO 9001

ISO atau International Organization for Standardization 9001 adalah lembaga yang bertugas untuk menetapkan standar dalam sistem manajemen mutu perusahaan. 

Pelatihan ISO 9001 ini bertujuan memastikan kualitas produk maupun jasa yang dihasilkan sudah sesuai standar dan layak untuk diperjualbelikan kepada konsumen dan sudah memenuhi syarat yang ditetapkan. Nah, adapun syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Kualitas konsumen
  • Sesuai peraturan
  • Berpedoman pada tujuan perusahaan
  • Tepat sasaran

Agar perusahaan dapat memenuhi semua syarat tersebut dan memiliki label ISO, maka sangat perlu untuk mengikuti pelatihan ISO 9001 Sucofindo. Adapun bahasan nantinya akan bekisar pada berbagai hal berkaitan dengan sistem manajemen mutu, seperti: 

  • Standar keamanan
  • Kelayakan suatu produk
  • Produk yang ramah lingkungan
  • Spesifikasi fungsional maupun dimensi
  • Efisiensi dalam produksi

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Pelatihan ISO 9001?

Durasi pelatihan ISO 9001 Sucofindo untuk masing-masing perusahaan akan berbeda. Akan tetapi, secara umum lama waktu yang dibutuhkan adalah: 

  • Untuk perusahaan kecil yang memiliki 50 karyawan akan memerlukan waktu 6-8 bulan. 
  • Untuk perusahaan yang memiliki 500 karyawan akan membutuhkan waktu sekitar 8 – 12 bulan. 
  • Untuk perusahaan besar yang memiliki karyawan hingga ribuan, memerlukan waktu antara 12 – 15 bulan. 

Durasi tersebut tidak hanya mencakup pelatihan tentang ISO 9001 saja, tetapi juga proses sertifikasi, hingga implementasinya di perusahaan. Agar lebih mudah, Anda bisa mengambil paket pelatihan, konsultasi, hingga sertifikasi ISO di Sucofindo. Praktis dan hasil terjamin! 

Jenis-jenis Pelatihan ISO 9001 

Ada beberapa jenis dari pelatihan ISO 9001 yang perlu Anda ketahui. Di bawah ini merupakan masing-masing penjelasannya:

1. Understanding & Implementing

Bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman seputar ISO 9001 kepada karyawan yang mengikuti pelatihan. Pegawai juga akan lebih memahami konsep manajemen mutu serta interpretasi mengenai persyaratannya. 

2. Internal Auditor

Pelatihan ini ditujukan khusus untuk pegawai yang akan ditunjuk sebagai auditor internal. Dengan mengikuti pelatihan ini, karyawan dapat melakukan audit internal untuk perusahaan dan memastikan manajemen mutu yang dilakukan sudah sesuai standar. Ini mempermudah proses sertifikasi ISO yang akan diikuti oleh perusahaan. 

3. Lead Auditor

Karyawan yang mengikuti pelatihan ini akan bisa mengelola maupun melakukan audit internal tentang sistem manajemen mutu. Dalam pelatihan, peserta akan diajarkan untuk membuat dokumen kerja maupun simulasi audit. 

4. PECB Lead Auditor

Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan lead auditor dalam melaksanakan audit yang sesuai dengan ISO 9001. Karyawan akan memiliki keterampilan untuk mengelola kegiatan audit, melakukan komunikasi yang tepat dengan pelanggan, serta melakukan resolusi konflik sesuai standar ISO. 

Jadi, itulah kurang lebih jenis serta manfaat dari pelatihan ISO 9001 Sucofindo. Dapatkan pelatihan yang layak tentang manajemen mutu ISO 9001 di Sucofindo dengan trainer yang sudah berpengalaman dalam melaksanakan audit dan sertifikasi ISO. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan pelatihan.  Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: