Konsultasi

Good Manufacturing Practices? Mengenal Ruang Lingkup GMP

GMP Memberikan Jaminan Kualitas Makanan yang Tinggi

GMP atau Good Manufacturing Practices memiliki peran penting dalam sebuah industri pangan. Ruang lingkup GMP itu sendiri cukup luas dan hal ini penting untuk dipahami oleh perusahaan. Mari kenali apa sebenarnya GMP itu dan seperti apa ruang lingkup penerapannya. 

Apa Itu GMP? 

GMP adalah sebuah pedoman kerja yang nantinya akan menjelaskan tentang seperti apa proses produksi sebuah makanan. Proses yang dimaksud harus bisa menghasilkan makanan yang aman, bermutu, dan tentu saja layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat. 

Di dalam sebuah GMP ada beragam jenis penjelasan mengenai tata cara pengolahan umum dalam menangani bahan pangan. GMP ini sudah berlaku di tanah air sejak tahun 1978 lewat Surat Keputusan dari Kemenkes RI No. 23/MEN.KES/SKJI/1978 mengenai Pedoman Cara Produksi Makanan yang Baik atau CPMB. 

Di tahun 1976, muncul UU Pangan No. 7 Th. 1966. Di dalamnya terdapat standar mutu produk pangan lengkap dengan proses produksi yang menjadi standar dan harus diikuti oleh perusahaan. UU ini menunjukkan bahwa penjaminan standar mutu untuk produk makanan tidak hanya bergantung pada hasil tapi juga pada proses pembuatannya. 

Ruang Lingkup  Penerapan GMP

Ada banyak ruang lingkup GMP yang penting untuk diperhatikan. Berikut adalah 9 ruang lingkup dalam sistem penerapan GMP:

1. Lingkungan Pengolahan

Lingkungan pengolahan atau bisa juga disebut sebagai lokasi produksi. Dalam hal ini lingkungan tersebut harus terjaga dengan baik, bersih, dan aman. Harus ada sistem pembuangan angin yang lancar dan terbebas dari pencemaran lingkungan. 

2. Bangunan dan Fasilitas Usaha

Tempat pengolahan produk pangan tadi harus didesain dengan baik dan terarah. Lebih bagus jika bangunannya luas dan dilengkapi fasilitas yang memadai. Mulai dari ventilasi udara, tempat sanitasi, dan lain-lain. 

3. Peralatan Pengolahan

Ruang lingkup GMP berikutnya adalah peralatan pengolahan produk pangan. Sangat direkomendasikan bagi perusahaan untuk memakai alat-alat yang menggunakan bahan-bahan aman dan non-toksik. Peralatan juga tidak boleh mudah berkarat dan harus mudah dibersihkan. 

4. Fasilitas Sanitasi

Tentunya proses sanitasi sangat dibutuhkan dalam sistem pengolahan produk pangan. Fasilitas sanitasi harus dipersiapkan dengan baik demi menjaga kebersihan lingkungan, bahan baku pangan, dan karyawan. 

5. Sistem Pengendalian Hama

Berikutnya ada sistem pengendalian hama yang sebenarnya bisa berjalan baik jika fasilitas sanitasinya juga lengkap. Selain itu perusahaan juga perlu mencegah masuknya hama. Misalnya dengan menutup lubang atau saluran masuk dan memasang kawat pada jendela ventilasi. 

6. Kebersihan Karyawan

Faktor kebersihan karyawan juga harus diatur dan dikendalikan dengan baik. Ada peraturan lengkap mengenai kebersihan karyawan meliputi petunjuk, peringatan, sekaligus larangan saat bekerja memproduksi makanan. 

7. Pengendalian Proses

Proses produksi pangan dengan GMP harus memiliki pengendalian proses. Di dalamnya ada 3 tahapan penting yaitu pengendalian pra-produksi, pengendalian proses produksi, serta pengendalian pasca produksi. 

8. Manajemen Pengawasan

Lanjut ke manajemen pengawasan dalam proses produksi makanan. Harus ada pengawasan sehingga penyimpangan yang bisa menurunkan kualitas produk bisa dicegah. 

9. Pencatatan dan Dokumentasi

Ada pula pencatatan dan dokumentasi yang akan merekam tanggal produksi serta kedaluwarsa. Dokumentasi yang baik akan membantu meningkatkan jaminan mutu dari sebuah produk pangan. Keamanan produk juga lebih terjamin berkat adanya sistem dokumentasi yang akurat.

Setelah memahami ruang lingkup GMP ini maka perusahaan industri pangan wajib menerapkannya dengan baik. Nantinya GMP ini juga akan menjadi bahan evaluasi saat audit dilakukan. Audit akan dilakukan oleh lembaga eksternal yang berpengalaman seperti SUCOFINDO yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan di Indonesia. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai  layanan konsultasi. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: