Sertifikasi

Tips Membuat Manajemen Pergudangan Secara Efektif

Tingkatkan Efisiensi Karyawan dengan Manajemen Pergudangan

Manajemen pergudangan merupakan aktivitas bisnis yang penting. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko hilang atau selisih. Dengan mengelola semua persediaan yang ada Anda dapat memastikan semua item atau stok terkelola secara lebih efektif dan efisien.

Mengurangi risiko barang kadaluarsa karena terlalu lama disimpan. Terutama untuk produk konsumsi yang memiliki masa penyimpanan terbatas. Agar lebih mudah dalam menerapkannya, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini.

Apa itu Manajemen pergudangan?

Manajemen pergudangan adalah sebuah metode pengaturan terhadap aktivitas penyimpanan dan pengeluaran stok dalam gudang. Metode ini merupakan serangkaian upaya pengaturan, penentuan SOP, dan pengawasan terhadap kegiatan pengelolaan barang.

Barang masuk ke gudang merupakan aktiva lancar yang akan digunakan dalam proses produksi. Untuk mengelolanya perlu dilakukan pencatatan yang jelas dan juga treatment sesuai SOP. Didalamnya terdapat berbagai rangkaian proses berkelanjutan sebagai berikut.

1. Penyimpanan

Pembelian barang baku akan melalui proses penyimpanan yang perlu disertai dengan pencatatan atau inventarisasi. Produk jadi yang akan dimasukkan ke dalam stok juga perlu dilakukan pencatatan.

Kegiatan memasukkan, menyimpan, menata, memilih untuk dikeluarkan, perlu diatur oleh SOP yang jelas dan terukur. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pengelolaan barang.

2. Pengeluaran  

Proses pengeluaran juga termasuk aktivitas manajemen pergudangan. Didalamnya meliputi pengeluaran bahan baku untuk produksi, bahan setengah jadi yang akan diproduksi kembali, dan stok untuk dijual ke pelanggan.

Metode pengeluaran stok dapat mengikuti prinsip FIFO (First In First Out), LIFO (Last In First Out), ataupun Average. Menghindarkan selisih serta kerusakan karena barang terlalu lama tersimpan. Baik untuk diproduksi kembali atau dijual, barang yang keluar harus dipastikan dalam kondisi baik.

3. Pengemasan

Gudang menjadi tempat kegiatan pengemasan sebelum dikeluarkan untuk dipasarkan atau dijual. Proses ini memerlukan standar-standar perusahaan sesuai kebijakan masing-masing. Meski tidak dilakukan pencatatan secara khusus tetapi masih masuk dalam manajemen pergudangan.

4. Pengembalian Barang atau Retur

Pengembalian barang dari konsumen (retur) juga perlu diatur pelaksanaannya sesuai SOP. Produk yang dikembalikan dapat disimpan di gudang untuk proses selanjutnya yang ditentukan oleh perusahaan.

Pada pengaturan gudang, produk retur tidak disatukan dengan bahan baku maupun barang lainnya. Meski masih berkaitan dalam kegiatan operasional, namun retur dari konsumen perlu mendapat perlakuan berbeda.

Tips Manajemen Pergudangan

Seluruh rangkaian kegiatan operasional saling berkaitan dan memiliki urutan tersendiri agar mudah pemantauan dan pengaturannya. Guna membantu pengaturan barang dan semua inventaris berkaitan dengan gudang, Anda perlu mengikuti tips singkat di bawah ini.

1. Stock Opname/Monitoring

Stock/Collateral Monitoring adalah kegiatan untuk memantau mutasi (keluar-masuk) barang persediaan. Didalamnya perlu dilakukan pengecekan langsung atas kuantitas dan kondisi fisik selama jam kerja dengan sistem kunci ganda (double lock system).

Sucofindo menyediakan jasa layanan ini dengan menerbitkan laporan Stock Monitoring secara periodik. Minimal selama periode 2 mingguan Anda akan mendapat laporan mencakup rekapitulasi kegiatan penerimaan, pengeluaran serta posisi stok terakhir.

2. Verifikasi Stock

Pemeriksaan dan penghitungan persediaan barang yang dilakukan berdasarkan teknik sesuai jenis persediaan. Pelaksanaannya ditunjang oleh dokumen pendukung berkaitan dengan asal-usul dan mutasi.

3. Administrasi Barang

Administrasi disini dilakukan dengan cara membuat resi. Sistem Resi Gudang merupakan kegiatan penerbitan, pengalihan, penjaminan dan penyelesaian transaksi. Resi akan menjadi bukti kepemilikan.

Yaitu kepemilikan atas barang yang disimpan di Gudang. Diterbitkan oleh Pengelola Gudang melalui persetujuan dari BAPPEBTI. Resi tersebut dapat menjadi agunan atau jaminan fasilitas kredit kepada Lembaga keuangan, baik perbankan maupun non-perbankan.

Sucofindo menyediakan layanan profesional untuk mendukung pengembangan bisnis Anda. Tenaga ahli kami siap membantu semua permasalahan serta kebutuhan manajemen pergudangan yang efektif bagi perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan sertifikasi dan sektor transportasi dan pergudangan. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: