Remediasi

Green Building? Apa Manfaatnya Bagi Lingkungan?

Cegah Global Warming dengan Konsep Green Building

Kondisi lingkungan yang semakin rusak membuat masyarakat memunculkan konsep-konsep baru untuk merawatnya. Salah satunya adalah konsep bangunan green building. Konsep yang sudah lama dibahas dan diterapkan di beberapa negara ini memiliki tujuan untuk mencegah global warming. Lalu pertanyaanya, apa itu konsep bangunan hijau dan manfaatnya bagi lingkungan?

Apa yang Dimaksud Green Building?

Memahami sebuah konsep bangunan hijau tidak terlepas dari definisinya. Anda patut tahu bahwa definisi dari konsep bangunan hijau adalah bangunan yang aspek konstruksi, desain dan operasinya berbasis lingkungan. Tujuan utama dari konsep ini adalah keamanan lingkungan dan alam.

Di dalam pembangunannya konsep bangunan hijau terfokus pada pemanfaatan sumber daya alam yang ada. Artinya, pembangunan sangat minim penggunaan bahan non alami. Membentuk sebuah bangunan hijau tidak terlepas dari kontribusi arsitek dan kontraktor.

Ada beberapa hal yang perlu dipenuhi ketika membangun bangunan hijau, yaitu penggunaan air dan sumber daya alam yang efisien, memanfaatkan energi terbarukan, pengurangan polusi dan limbah. 

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan alam yang ada di dalamnya. Memiliki bangunan berkonsep ramah lingkungan juga butuh sertifikasi berkualitas, Anda cukup memilih perusahaan yang menyediakan sertifikasi bangunan hijau terbaik.

Manfaat Bangunan Hijau Bagi Lingkungan

Apabila Anda sudah mengetahui definisi dari green building, maka dari itu Anda juga perlu mengetahui manfaat pembangunan bangunan hijau. Tidak hanya bermanfaat untuk alam dan manusia, tetapi juga bermanfaat untuk membangun lingkungan bumi yang lebih baik. Agar lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:

1. Meningkatkan Hidup yang Berkualitas

Meningkatkan kualitas hidup menjadi manfaat dan tujuan dari pembangunan bangunan hijau. Lingkungan menjadi aspek vital yang memiliki dampak pada kesehatan Anda. 

Sehingga pembangunan hijau ini akan memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya. Misal, konsep bangunan hijau menyediakan akses sinar matahari yang bagus untuk tubuh serta sirkulasi udara yang baik.

2. Menghemat Sumber Air

Jika bangunan hijau ramah lingkungan, sudah pasti akses sumber air lebih efisien. Contohnya adalah penggunaan toilet dengan sistem vakum akan lebih menghemat air daripada toilet pada bangunan tidak ramah lingkungan.

3. Mengurangi Biaya Operasional

Manfaat paling penting dari konsep bangunan hijau adalah mengurangi biaya operasional. Bangunan yang tidak memiliki konsep bangunan hijau akan jauh lebih lama dan tinggi biaya operasional pemeliharaannya.

Hal ini karena konsep bangunan hijau akan dipasangkan panel surya yang menghemat biaya listrik. Jadi, secara teknis Anda akan hemat biaya operasional lebih dari 10% setiap hari untuk aspek listrik sendiri. 

Karena keberadaan panel surya membuat tagihan listrik bangunan Anda berkurang dan hal ini dapat berpengaruh besar pada penghematan biaya operasional.

4. Mengurangi Jejak Karbon

Manfaat keempat adalah mengurangi jejak karbon yang berpengaruh besar pada lingkungan. Kandungan karbon di bumi dapat berdampak rusaknya lingkungan yaitu global warming

Konsep bangunan hijau meminimalisasi hal ini terjadi. Karena emisi karbon yang berbahaya bagi bumi, adanya konsep bangunan hijau dapat mengurangi kerusakan atmosfer dan lingkungan bumi.

5. Penggunaan Bangunan yang Lebih Lama

Terakhir, apabila Anda mengaplikasikan konsep bangunan hijau pada bangunan Anda, maka manfaatnya adalah penggunaan bangunan yang lebih awet dan lama. Hal ini berkaitan dengan penggunaan material konstruksi yang berkualitas. 

Contohnya, beberapa bangunan hijau menerapkan bangunan yang dapat terus berkembang seperti rumah tumbuh.

Green building menjadi salah satu konsep yang baik untuk menjaga kualitas kesehatan lingkungan dan masyarakat. Untuk membentuk bangunan hijau yang berkualitas, tentu terdapat proses sertifikasi yang wajib berkualitas pula.

SUCOFINDO menyediakan layanan tersebut, sehingga Anda tidak perlu mencari perusahaan sertifikasi terpercaya untuk membuktikan kualitas bangunan hijau yang ada. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sektor remediasi. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: