Konsultasi

Ketahui Metode hingga Tahapan Pengolahan Air Limbah

Lingkungan Sehat dengan Tahapan Pengelolaan Air Limbah yang Bersih

Pengolahan air limbah perlu dipahami sebab jika tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Air yang tercemar limbah akan meresap ke dalam tanah, menyebabkan asam.

Apabila mengalir ke aliran sungai, akan mematikan biota didalamnya. Jika kondisi tidak segera ditangani, maka bisa masuk meresap ke air tanah. Padahal air tanah ini banyak dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan konsumsi, tentu sangat berbahaya.

3 Indikator Pencemaran Air

Untuk bisa melakukan pengolahan air limbah dengan baik, terlebih dahulu perlu diketahui apa saja indikator pencemaran yang dimaksud. Terdapat 3 indikator pencemaran yang bisa diamati, yaitu secara kimia, fisika, dan bakteriologi.

  1. Indikator kimia dapat dilihat dari zat kimia yang terkandung. Zat kimia tersebut logam berat serta zat kimia berbahaya lainnya. Secara kasat mata tidak terlalu nampak perbedaan dengan air bersih, namun apabila terbukti tercemar akan berbahaya bagi kesehatan.
  2. Indikator fisika dapat dilihat dari tampilan fisik. Seperti warna, bau, suhu, serta tingkat kekeruhan. Apabila terdapat zat pencemar dari limbah, maka tampilannya tidak akan jernih, cenderung berwarna contoh hasil pencemaran zat pewarna tekstil.
  3. Indikator ketiga pencemaran adalah adanya kandungan bakteriologi. Ini bisa dilihat dari jumlah bakteri per luasan atau ukuran tertentu. Parameternya adalah dari jumlah coliform, puristik dan patogenik, apakah melewati ambang batas atau belum.

Metode Pengolahan air limbah

Limbah merupakan hasil yang sudah tidak terpakai dari kegiatan rumah tangga, industri, atau tempat umum lainnya. Karena merupakan hasil pemakaian, maka didalamnya terkandung zat yang tidak semestinya sebagai syarat kebersihan.

Bukan berarti sama sekali tidak bisa dipakai, tetapi diperlukan pengolahan air limbah dengan tepat. Yaitu memisahkan atau menetralisir cemaran, hasilnya nanti berupa air bersih siap pakai. Terdapat beberapa metode yang dapat diterapkan dalam hal ini.

1. Pengenceran (Dilution)

 Air yang tercemar diencerkan sehingga memiliki konsentrasi lebih rendah sebelum dibuang ke saluran.

2. Kolam Oksidasi (Oxidation Ponds) 

Pengolahan air limbah dengan metode kolam oksidasi memanfaatkan sinar matahari, oksigen, bakteri, serta ganggang (algae). Keempat unsur tersebut mampu membersihkan semua kontaminan secara alami.

3. Irigasi

Metode irigasi dilakukan  dengan mengalirkan ke parit terbuka, ini memungkinkan terjadinya perembesan ke dalam tanah melewati dasar dan dinding parit. Proses penyaringan alami terjadi pada metode ini.

Tahap Pengolahan Air Limbah

Dalam lingkup yang lebih besar, seperti pencemaran akibat aktivitas industri maka diperlukan tahapan pengolahan tertentu. Gunanya untuk memastikan bahwa hasil akhir pengolahan benar-benar aman bagi lingkungan dan manusia.

1. Pendahuluan

Tahap pertama adalah pendahuluan, dimana limbah akan dipisahkan dari padatan kasar dengan lemak atau minyak. Fasilitas yang dibutuhkan antara lain saringan, pencacah, bak penangkap pasir, penangkap lemak minyak, serta bak penyetaraan.

2. Tahap Pertama

Tahap pertama dilakukan dengan pengurangan kandungan padatan tersuspensi. Caranya melalui proses pengendapan partikel padat. Dalam tahapan ini digunakan bahan kimia untuk meningkatkan kemampuan netralisasi.

3. Tahap Kedua

Tahap mekanisme oksidasi biologis, tujuannya mengurangi zat organik. Dalam hal ini diperhitungkan kuantitas limbah cair, kemampuan pengurangan zat organik, hingga lahan yang tersedia, didukung sarana berupa saringan tetes, kolam stabilisasi, dan unit lumpur aktif.

4. Pengolahan Lanjutan

Pengolahan tahap lanjutan bertujuan untuk menghilangkan senyawa fosfor, nitrogen, menghilangkan sisa bahan organik serta senyawa penyebab warna, serta menghilangkan padatan terlarut dalam limbah.

Supaya pengolahan lebih optimal, Anda bisa mempercayakan pada pihak ketiga, seperti Sucofindo. 

Sucofindo melayani jasa konsultansi dan pengujian limbah untuk membantu industri mengevaluasi program pemanfaatan dan pengelolaan limbah guna mendukung aspek-aspek efisiensi dalam proses industri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan konsultasi dan sektor pengolahan air bersih. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: