Sinergi SUCOFINDO- Pemprov Sumbar, Wujudkan Ekosistem Halal di Sumbar

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:40


Jakarta (27/6) – PT SUCOFINDO bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pengembangan dan penguatan ekonomi, khususnya mewujudkan ekosistem halal di wilayah Sumatera Barat. Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Direktur Komersial PT SUCOFINDO, Darwin Abas dan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, Padang (24/6).

Sinergi SUCOFINDO dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menurut Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah merupakan langkah strategis dalam percepatan halal di Sumatera Barat. “Percepatan halal di Sumatera Barat ini mendukung target Indonesia sebagai pusat industri halal di dunia pada tahun 2024,” tambah Mahyeldi.

Selanjutnya, Mahyeldi mengatakan realisasi percepatan ini diwujudkan melalui sertifikasi halal untuk pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Sumatera Barat. “Sertifikasi halal ini diharapkan dapat dilakukan secara cepat dan akuntabel, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat Sumatera Barat. Setidaknya ada 6 ribu UMKM di Sumatera Barat yang memerlukan fasilitas sertifikasi halal”, kata Mahyeldi.

Pada kesempatan yang sama Direktur Komersial PT SUCOFINDO, Darwin Abas mengatakan siap mendukung Pemerintah Sumatera Barat dalam percepatan sertifikasi halal. “PT Sucofindo dalam mendukung realisasi percepatan sertifikasi halal di Sumatera Barat, dilengkapi dengan infrastruktur 80 titik layanan dan 65 laboratorium di seluruh Indonesia, serta dilengkapi fasilitas laboratorium pengujian halal yang terakreditasi. Oleh karena itu, dengan layanan yang SUCOFINDO miliki mampu memfasilitasi kebutuhan yang berhubungan dengan sertifikasi halal di Sumatera Barat,” kata Darwin.

Sebagai dukungan dalam merealisasikan industri halal di wilayah Sumatera Barat, PT SUCOFINDO bersama pemerintah provinsi Sumatera Barat turut bersinergi dalam pengembangan dan penguatan Lembaga Keuangan Ekonomi Syariah. Untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), PT Sucofindo turut menandatangani MoU dengan Politeknik Negeri Padang dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer. “Kerja sama ini bertujuan mendukung kegiatan bisnis serta pengembangan jasa perusahaan maupun pengembangan sumber daya manusia,” kata Darwin.

Selain sebagai penyedia jasa sertifikasi halal, SUCOFINDO Cabang Padang juga memiliki jasa unggulan diantaranya survei quantity dan quality batubara, sertifikasi layak operasi peralatan produksi, monitoring dan evaluasi peremajaan sawit, uji riksa K3 peralatan hingga audit sistem manajemen K3.

 

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Telepon           : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email              : humas@sucofindo.co.id/Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id