SUCOFINDO Bantu Peningkatan Omzet 6 UMK di INACRAFT Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional

Senin, 11 April 2022 | 11:35


Jakarta, (8/4) - Dalam upaya mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri, PT SUCOFINDO melalui unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) telah mengikutsertakan 6 Usaha Mikro dan Kecil (UMK) mitra binaan SUCOFINDO dalam perhelatan Inacraft. Tercatat para mitra binaan SUCOFINDO berhasil mencetak transaksi Rp297 juta selama periode 23-27 Maret 2022. “Di masa pandemi ini, Inacraft mampu membangkitkan kembali para UMK dan membantu meningkatkan pendapatan para UMK,” kata Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro yang turut mengunjungi booth mitra binaan SUCOFINDO.

Keikutsertaan mitra binaan ini, merupakan salah satu komitmen SUCOFINDO, yang tergabung dalam BUMN Holding Jasa Survei atau Id Survey, untuk mendukung pemulihan ekonomi Nasional. “Ajang Inacraft juga mampu memotivasi para UMK untuk berkreasi dan berkesempatan mencetak pasar baru. Tak hanya peluang di pasar domestik, tetapi mampu mendatangkan pasar global,” ujar Mas Wigrantoro. Hal ini sesuai dengan tema yang diusungdi Inacraft 2022, yaitu From Smart Village to Global Market.

Bernardina Pujiastuti owner dari Polatique, Salah satu mitra binaan SUCOFINDO, mengatakan bahwa Inacraft sangat bermanfaat dalam membantu pemasaran  dan penjualan produk, serta dan perluasan jaringan di kalangan UMK lainya. “Kami turut mengucapkan terima kasih kepada SUCOFINDO atas kesempatan yang diberikan, kami harap kegiatan ini akan berlanjut di tahun berikutnya karena event ini sangat efektif, dan mampu meningkatkan omzet penjualan cukup signifikan dan perluasan jaringan pemasaran produk,” kata Bernardina.

Tahun ini PT SUCOFINDO membantu 6 UMK binaan yang bergerak di bidang industri kreatif (handicraft), yaitu Rani Bordir Lampung, Modest Art Semarang, Polatique Jakarta, Bastanta Bali Denpasar, Totool Lovers Surabaya, Tenun Songket Ny. Romlah Fauzi Palembang.

Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT SUCOFINDO Nuri Hidayat menuturkan bahwa komitmen perusahaan dalam pengembangan UMK dilakukan secara konsisten mendukung dan meningkatkan kapabilitas dan kapasitas para UMK, khususnya di masa pandemi Covid-19. “Dalam pelaksanaanya para UMK, diberikan pelatihan-pelatihan teknis dan marketing seperti pelatihan digital marketing, pelatihan penyelia halal, serta pendampingan sertifikasi gratis untuk halal. Selain itu, para UMK juga diberikan bantuan pinjaman modal usaha untuk membantu meningkatkan produksi secara konsisten dalam memenuhi permintaan konsumen atau pasar,” kata Nuri.

Program-program TJSL tersebut dilakukan sebagai komitmen dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance).

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id