Sepenting Apa sih Sertifikasi Halal di Industri Makanan dan Minuman?

Senin, 04 April 2022 | 17:35


Kata ‘halal’ pasti sudah tidak asing di telinga kita sebagai masyarakat Indonesia. Apalagi dengan adanya laju pertumbuhan penduduk muslim yang sangat berdampak pada kebutuhan pasokan produk Halal. Dorongan kebutuhan produk halal didukung dengan adanya kesadaran dari masyarakat muslim maupun non-muslim yang melihat produk berlabel halal dikenal lebih baik dari segi etika, kesehatan, keamanan dan keramahan terhadap lingkungan. Sehingga perlu sekali memberikan jaminan pada produk makanan dan minuman dengan status kehalalan yang beredar. Negara yang penduduknya mayoritas beragama islam ini memberlakukan sertifikasi Halal dengan skema sertifikasi produk halal oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) melalui serangkaian proses pemeriksaan dan/atau pengujian oleh Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang independen serta penetapan kehalalannya oleh pihak yang kompeten yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Sertifikasi tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat bahwa produk/jasa yang dikonsumsi atau gunakan telah sesuai dengan kaidah agama islam. Oleh karena itu, SUCOFINDO yang merupakan Badan Usaha Milik Negara yang memiliki kompetensi untuk melakukan audit, sertifikasi dan pengujian telah dipercaya sebagai LPH oleh BPJPH untuk menjadi lembaga pemeriksa halal, khususnya melalui skema proses kerjasama antar negara dan/atau antar perusahaan di dunia. Nah, mari kita bahas bersama mengenai seberapa penting sih sertifikasi Halal pada industri makanan dan minuman?

Sertifikasi Halal diatur dalam Undang Undang No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Pada Pasal 4 UU tersebut dinyatakan produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal. Selain melakukan sertifikasi halal karena wajib, Anda yang memiliki usaha di industri makanan dan minuman akan mendapatkan beberapa manfaat dengan melakukan pengujian halal di SUCOFINDO. Beberapa di antaranya yaitu meningkatkan nilai tambah dalam memproduksi dan menjual produk halal, memberikan bukti bahwa produk dapat diperdagangkan di wilayah Indonesia, meningkatkan citra perusahaan, dan banyak hal bermanfaat lainnya.
Dengan berbagai manfaat yang dapat Anda temukan ditambah dengan meningkatnya kebutuhan akan produk halal, maka sudah pasti penting sekali untuk melakukan sertifikasi Halal. Nah, berikut adalah beberapa alasan sertifikasi Halal itu penting dalam industri makanan dan minuman:

1.    Melindungi konsumen muslim
Kalian tahu nggak sih? Kalau makanan non-halal masih banyak beredar di Indonesia khususnya di Supermarket. Dengan menyatakan sebuah produk makanan dan minuman bersertifikasi Halal, produk Anda dapat melindungi konsumen muslim dalam mengkonsumsi produk yang sudah dipastikan Halal.

2.    Memberikan rasa aman dan nyaman
Terkadang sebagai masyarakat Indonesia pastinya kita membutuhkan rasa aman dan nyaman pada makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dengan adanya sertifikasi Halal, produk Anda dapat membantu konsumen dalam mengkonsumsinya dengan perasaan aman dan nyaman.

3.    Tidak ada keraguan terhadap produk
Jika produk Anda diletakan di antara produk-produk lainnya dan sudah bersertifikasi Halal. Sudah menjadi jaminan bahwa produk Anda layak konsumsi dan tidak terindikasi hal-hal yang dilarang dari syariat islam.

Dari ketiga poin tersebut, sudah jelas kan bahwa ternyata penting banget ya untuk segera sertifikasi Halal pada produk Anda khususnya pada industri makanan dan minuman. Melakukan sertifikasi Halal tidak ada ruginya, kok! Apalagi Anda mempercayakannya kepada SUCOFINDO yang mampu memberikan layanan one stop service untuk pemeriksaan Halal. Laboratorium SUCOFINDO memiliki lisensi, akreditasi, dan pengakuan internasional maupun nasional. Kami sebagai LPH (Lembaga Pemeriksa Halal) dapat membantu pengujian Halal dengan memastikan integritas, keamanan, kesehatan, dan kehalalan pangan serta memberi dukungan sertifikasi Halal. SUCOFINDO tidak hanya mengukur makanan dan minuman dengan melihat kandungan dengan unsur DNA babi, kami juga hadir untuk menguji mutu dan keamanan pangan.

Anda sudah tidak perlu ragu lagi! Ingin segera melakukan sertifikasi Halal? Hubungi kami sebagai LPH terpercaya yang ditugaskan langsung oleh BPJPH. Ketahui lebih lanjut mengenai Sertifikasi Halal melalui CS kami via Whatsapp (08118910222) atau Anda dapat bergabung dalam program Hilal Halal di Sucofindo yang membahas tentang proses sertifikasi Halal dengan melakukan pendaftaran di link berikut bit.ly/HilalHalaldiSucofindo