SUCOFINDO Resmikan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Selasa, 24 September 2019 | 14:16


Jakarta, (24/9) PT SUCOFINDO (Persero) resmikan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat untuk menciptakan SDM unggul. Kegiatan peresmian dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian kerja sama oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) SUCOFINDO Rozainbahri Noor dan perwakilan dari 5 universitas yaitu Prasetyo perwakilan Universitas Negeri Jakarta, Bachtiar Kepala Pusat Karir Universitas Trisakti, Petiana Indriati Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Layanan Karir Mahasiswa Universitas Pancasila, Rangga Adiprima Sudisman Direktur Kemahasiswaan Universitas Pertamina, dan Yusuf Bachtiar perwakilan dari Institut Pertanian Bogor. Penandatanganan ini turut disaksikan oleh Sofyan Rohidi Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN bertempat di Graha Sucofindo, Jakarta.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ini merupakan wujud implementasi BUMN Hadir Untuk Negeri dimana melalui sinergi tersebut menjadi wadah untuk mencetak SDM yang berdaya saing global yang memiliki jiwa entrepreneur sesuai dengan kebutuhan BUMN. “SUCOFINDO sebagai perusahaan BUMN di bidang jasa TIC (Testing, Inspection and Certification) memiliki cakupan yang sangat luas, oleh karena itu ini merupakan kesempatan yang sangat besar bagi mahasiswa untuk mengetahui beragam sektor industri di Indonesia,” kata Rozain dalam sambutannya.

“Program ini merupakan bukti nyata bahwa BUMN Hadir Untuk Negeri. Tentunya dengan harapan bahwa pertama, para mahasiswa mampu melihat dunia profesional dan yang kedua, nantinya para  mahasiswa mampu untuk memastikan akan berkarir dimana, baik dunia profesional atau menjadi entrepreneur, ” lanjut Rozain.

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Sofyan Rohidi bahwa  ini merupakan kesempatan yang sangat besar bagi para mahasiswa, “Beragam manfaat akan didapatkan oleh para mahasiswa di antaranya adalah pengalaman, sertifikat, uang saku dan data para mahasiswa yang mengikuti program ini tentunya akan masuk ke dalam database kami untuk masa perekrutan. Sehingga manfaatkan dengan sebaik-baiknya program ini untuk mendapatkan hasil yang terbaik.”

Tahapan dari proses magang ini adalah pra pelaksanaan, pelaksanaan, dan uji kompetensi. Di samping itu, para mahasiswa yang akan mengikuti program ini akan mendapatkan dua sertifikat yaitu pemagangan dengan sertifikat industri dan/atau pemagangan dengan sertifikat kompetensi,” ungkap Sofyan.  

Sebelumnya, SUCOFINDO telah menyelenggarakan PMMB batch – 1 pada tahun 2018 – 2019. Selanjutnya, pada batch – 2 ini akan berlangsung selama 6 bulan yang akan dimulai sejak September 2019 – Maret 2020.

Program ini akan diikuti oleh 28 orang yang berlokasi di kantor pusat dan 14 orang yang tersebar di Cabang Medan, Surabaya, Semarang dan Makassar. Tentunya sebelum menjalankan proses magang, para peserta PMMB akan diberikan induction training selama dua hari.  

Kegiatan ini juga disambut positif oleh para wakil tiap universitas di mana para mahasiswanya dapat terjun ke dunia profesional dan tentunya akan menjadi bekal yang berharga untuk kedepannya.        

Kami menyampaikan terima kasih kepada SUCOFINDO dan FHCI untuk berkenan dalam proses program mahasiswa magang bersertifikat ini. Tentunya, kegiatan tersebut merupakan kesempatan yang besar untuk kita bisa sama-sama belajar dari kedua sisi. Dari sisi kami, kami menjadi tahu kebutuhan dari industri saat ini. Bagi mahasiswa ini merupakan kesempatan besar untuk memiliki bekal yang besar untuk terjun ke dalam dunia profesional,” tutur Rangga, mewakili dari para universitas.

“Harapannya, mahasiswa lebih proaktif dalam proses magang ini untuk mendapatkan banyak pengalaman serta tentunya pelajaran yang berharga pada kesempatan yang besar ini. Di samping itu nantinya para mahasiswa juga dapat memberikan masukkan atau input terhadap perusahaan,” tutup Rozain.  

Sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang ICT (Inspection, Certification, and Training) SUCOFINDO terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas SDM terbaiknya dalam melayani beragam jasa yang ditawarkan. Di antaranya adalah jasa layanan audit sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001-2016, Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015, Konsultansi dan Sertifikasi Greenport, Audit SMK3, Audit Bangunan, Audit Layak Operasi Pembangkit, Konsultansi AMDAL, Konsultansi ISM Code dan Sertifikasi GMP (Good Manufacturing Practices), Sertifikasi Layak Usaha (contoh: pariwisata), Pengujian Produk Halal, ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil), Sertifikasi Produk (SNI), Pengujian Kualitas Produk, Konsultansi ISO 26000 (CSR).

 

 

 
   

 

 

***

Tentang Sucofindo

 

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

 

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

 

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                                -----                                                    

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Iwan Eddy Himawanto

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon               : +62 21 798 3666

Faksimili             : +62 21 798 3888

Email                    : iwaneddy@sucofindo.co.id

Mobile                  : +62.81291119163

Informasi ini tersedia di www.sucofindo.co.id