Lab Coking Coal Sucofindo di Balikpapan

Kamis, 23 Juni 2011 | 07:24


Perusahaan pelat merah bidang Inspeksi, Supervisi, Pengkajian dan Pengujian, PT Sucofindo (Persero) kini telah memiliki laboratorium (Lab) khusus bidang coking coal (batubara metalurgi). Lab ini merupakan unit pertama coking coal yang ada di Indonesia yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur.
"Kami membangun laboratorium ini untuk membantu pengusaha dalam mendapatkan hasil analisis laboratorium yang akurat dengan menghemat waktu dan biaya. Perusahaan juga mendapat kemudahan untuk memperoleh hasil uji analisis laboratorium dengan cepat," kata Direktur Utama Sucofindo Arief Safari, Selasa (21/6/).

Ia menjelaskan, selama ini uji analisis coking coal dilakukan di laboratorium Australia dan China. Adanya lab baru ini akan menghemat biaya dan jarak para pengusaha pengguna jasa.

Laboratorium coking coal di Balikpapan telah mulai dibangun sejak 2009 di atas lahan 100 meter persegi dengan biaya Rp 5 miliar. Lab ini dilengkapi peralatan preparasi dan analisis seperti jaw crusher, RSD, hammer mill, raymond mill, big oven, grinder, vacum impregnation, Geisler plastometer, automatic potentiometric dan lain-lain.

"Sucofindo merencanakan untuk terus mengembangkan bisnis dan jasa yang dimilikinya, saat ini kami tengah menyiapkan jasa di sektor hulu. Kedepannya akan mengembangkan bisnis terintegrasi dari hulu hingga ke hilir," katanya.

Mengenai coking coal merupakan jenis batubara yang dapat digunakan untuk memproduksi kokas sebagai reduktor dalam proses produksi baja dan besi. Kebutuhan terhadap coking coal terus bertambah apalagi produksi baja mentah global pada tiga bulan pertama 2011 tembus 372 juta ton atau tumbuh 8,8%. Menyebabkan permintaan ekspor coking coal dari dalam negeri terus meningkat. dto

Sumber Berita : http://www.surabayapost.co.id/