Manajemen Agunan

Manajemen Agunan meliputi pekerjaan pengawasan penerimaan barang, termasuk jumlah, mutu (bila diperlukan), visual, penumpukan dan pengelolaan barang selama disimpan di gudang yang telah ditentukan.

Pengeluaran barang hanya dapat dilakukan setelah diterimanya perintah tertulis dari bank atau pendana sebagai prinsipal. Sebelum pelaksanaan pekerjaan dimulai lazimnya dilakukan pemeriksaan gudang yang akan digunakan untuk penyimpanan barang agunan.

Manfaat manajemen persediaan/agunan adalah pengawasan barang untuk kepentingan prinsipal (perbankan & non perbankan), sebagai jaminan utama fasilitas kredit. Pemantauan jumlah persediaan/agunan setiap hari selama jam kerja, termasuk pemasukan dan pengeluaran Barang dan kepastian adanya barang sebagai agunan utama pada suatu tempat yang disetujui bank.

Tujuan Manajemen Persediaan/Agunan

  • Memberi rasa aman kepada Bank atau Pendana atas risiko pengelolaan/pengawasan komoditas sebagai jaminan utama atas pinjaman yang diberikan;

  • Memberikan informasi terkini tentang jumlah dan posisi agunan/persediaan secara cepat kepada Bank atau Debitur selama waktu Perjanjian Manajemen Agunan/Persediaan (Collateral/Stock Management Agreement).

 

call to action sucofindo