BeritaSiaran pers

SUCOFINDO Resmikan TPS 3R di Gianyar

Bali (29/12) – PT SUCOFINDO meresmikan bantuan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Reduce, Reuse, Recycle (3R) DTW Pura Tirta Empul di Desa Manukaya, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Bali. “Bantuan ini sebagai komitmen PT SUCOFINDO mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs) dalam melestarikan lingkungan, khususnya penanganan perubahan iklim dan mengurangi efek gas rumah kaca,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO Budi Hartanto, yang turut hadir meresmikan TPS 3R  DTW Pura Tirta Empul bersama Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun (23/12).

Budi menambahkan bantuan ini sejalan dengan komitmen PT SUCOFINDO mewujudkan TPB/ SDGs, khususnya implementasi poin 3 mengenai Kehidupan Sehat dan Sejahtera; poin 8 mengenai Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; serta poin 13 penanganan perubahan iklim.

Oleh karena itu, Budi Hartanto berharap bantuan yang diberikan mampu menjadi solusi masyarakat Desa manukaya dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkan. “Kami berharap bantuan ini mampu mengurangi pencemaran lingkungan, khususnya di wilayah sekitar DTW Pura Tirta Empul, yang termasuk daerah tujuan wisata,” ujar Budi.

Adapun bantuan yang diberikan oleh PT SUCOFINDO, yaitu berupa pembangunan fasilitas TPS 3R, pemberian alat pencacah sampah, serta pendampingan untuk pelatihan pemilahan sampah sampai proses pengolahan sampah menjadi pupuk organik yang diikuti oleh masyarakat sekitar. “Selain membantu wilayah sekitar untuk pelestarian lingkungan, bantuan ini mampu menambah nilai ekonomi, seperti hasil dari pengolahan pupuk, selain dimanfaatkan oleh masyarakat desa setempat untuk budidaya pertanian, tetapi bisa dijual ke wilayah lain,” kata Budi.

Selain itu, bantuan TPS 3R Tirta Empul ini merupakan implementasi menciptakan Creating Shared Value (CSV) bagi masyarakat maupun perusahaan. “Bagi masyarakat mampu membuka peluang kerja dalam pengelolaan sampah menjadi pupuk kompos organik yang dapat memberi manfaat ekonomi untuk masyarakat. Bagi perusahaan, mampu membuka peluang jasa pengujian laboratorium terhadap kualitas pupuk, sertifikasi pupuk organik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) serta Ecolabel Desa Wisata,” Kata Budi.

Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun yang turut hadir dalam peresmian tersebut menyampaikan apresiasi kepada PT SUCOFINDO atas bantuan sarana dan prasarana yang telah diberikan kepada Desa Manukarya, “Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi penduduk wilayah Manukaya. Karena masalah sampah menjadi permasalahan bersama, khususnya di area wisata, di Pura Tirta Empul. Kami berharap kerja sama ini tetap terjalin dan mampu meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat dan produktif,” Kata Anak Agung Gde Mayun.

Ketua Yayasan Akshara Linia Manmagilan, sebagai pembina DTW Tirta Empul dalam pengolahan sampah, menambahkan bantuan ini diharapkan dapat mengurai polemik sampah di lingkungan Kabupaten Gianyar. “Oleh karena itu kerja sama ini saya optimis dapat mengurai permasalahan tersebut dan mampu mencipta Creating Shared Value (CSV) di masing-masing pihak, baik manfaat untuk pemerintah daerah setempat, Sucofindo, yayasan Akshara Linia, serta masyarakat penerima manfaat,” ujar Manmagilan.

Manmagilan mengatakan bantuan TPS 3R ini juga mampu memberdayakan masyarakat sekitar. “Kami juga memberikan beragam pelatihan mulai dari pelatihan pemilahan sampah, sampai pengelolaan sampah, seperti membuat pupuk kompos berbahan organik. Selain itu, kami memberikan pelatihan bagi para petani mengenai budidaya tanaman yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” kata Mamangilan.

Sebelumnya, PT SUCOFINDO telah memberikan bantuan TPS 3R di Desa Bresela, Gianyar (1/6). “Ke depannya kami akan terus berkomitmen mendukung kemajuan ekonomi masyarakat dengan mengoptimalkan potensi wilayah, serta memperluas cakupan bantuan,” tutur Budi.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                     —–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon            : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email                 : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: