BeritaSiaran pers

SUCOFINDO Resmikan Gedung Laboratorium di Pontianak

Pontianak (1/2) – PT SUCOFINDO meresmikan lokasi baru gedung kantor dan laboratorium SUCOFINDO Cabang Pontianak. di Jl. Arteri Supadio KM. 12,5 Arang Limbung, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya.  Lokasi baru ini menurut Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi merupakan komitmen PT SUCOFINDO mendekatkan kepada pelanggan, serta salah satu strategirefocusing layanan pertambangan, khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

“PT SUCOFINDO Cabang Pontianak merupakan salah satu unit usaha dari PT SUCOFINDO di wilayah kerja Kalimantan Barat. Lokasi baru ini kami berharap mampu mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dan pelaku industri, mengingat adanya peningkatan kebutuhan dari pelaku industri Kalimantan Barat khususnya di sektor pertambangan, perkebunan, dan industri,” kata Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Selanjutnya, untuk refocusing layanan pertambangan Mas Wigrantoro mengatakan PT SUCOFINDO Cabang Pontianak  mampu melayani pengujian downstream dan upstream. “Kami turut mendorong perusahaan pertambangan mengimplementasikan good mining practice, agar mampu memenuhi regulasi yang berlaku.  Oleh karena itu, kami memiliki layanan dalam memberikan edukasi, pelatihan, serta layanan verifikasi Tata Kelola Pertambangan, sampai konsultansi reklamasi paska pertambangan,” kata Mas Wigrantoro.

Dengan implementasi good mining practice, Mas Wigrantoro menambahkan sejalan dengan komitmen PT SUCOFINDO sebagai IDSurvey untuk tata kelola pertambangan dan penerapan Sustainability Development Goals (SDGs), yang terkait dengan Responsible Consumption. “Di mana tahun 2030 diharapkan pengelolaan hasil alam yang berkelanjutan dan efisien secara global. Untuk memenuhi goood mining practice, PT SUCOFINDO memiliki layanan pengawasan kualitas dari pertambangan sampai pelabuhan muat yang terintegrasi (integrated quality control pit to port), serta turut mendukung aplikasi Sistem Informasi Mineral dan Batu Bara (SIMBARA),” ujar Mas Wigrantoro.

Aplikasi SIMBARA PT SUCOFINDO berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan bersama dengan Kementerian ESDM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan dan Bank Indonesia yang didukung dan disupervisi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepala PT SUCOFINDO Cabang Pontianak Paolo Manurung menambahkan dalam optimalisasi layanan pertambangan juga turut mengedepankan kolaborasi. “Kami turut berkolaborasi dengan beberapa pihak, seperti lembaga pemerintahan dan swasta dalam melakukan edukasi atau pelatihan kepada pelaku usaha agar mampu memenuhi regulasi yang berlaku,” ujar Paolo.

Paolo melanjutkan selain optimalisasi di sektor pertambangan, PT SUCOFINDO Cabang Pontianak mendukung potensi wilayah Kalimantan Barat dengan layanan di sektor perkebunan, pertanian, dan lingkungan. “Laboratorium kami juga dilengkapi dengan fasilitas uji di sektor lingkungan, perkebunan dan pertanian. Selain itu kami mampu mendukung pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing, khususnya UMKM, dengan layanan uji sertifikasi halal,” ujar Paolo.

Saat ini, PT SUCOFINDO Cabang Pontianak memiliki unit layanan di Kendawangan, Ketapang (Kalimantan Barat) dan Pangkalan Bun (Kalimantan Tengah), serta memiliki beberapa site, seperti di Singkawang, Tayan / Antam / ICA, Sanggau, Belitang, Sintang, dan beberapa site sekitarnya. “Dan akan direncanakan membuka unit operasional baru yang berada di daerah Kijing, Kabupaten Mempawah,” ujar Paolo.

Untuk di Site Kijing, Paolo menambahkan memiliki proyeksi menjadi pusat smelter, aspal, ekspor minyak sawit mentah (CPO), bauksit dan transshipment bahan bakar. “Ke depannya kami akan terus mendukung dan menggali potensi wilayah Kalimantan Barat. Hal ini sebagai komitmen kami untuk memberikan kualitas terbaik bagi pelanggan,” tutup Paolo.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon : +62 21 798 3666

Faksimili : +62 21 798 3888

Email : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: