BeritaSiaran pers

Komitmen Menuju SDM Berkualitas Unggul, SUCOFINDO Jalin Sinergi dengan UTY

Yogyakarta (10/2) – PT SUCOFINDO bersinergi dengan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) sebagai upaya mewujudkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). “Salah satu upaya kami adalah meningkatkan kapasitas SDM. Oleh karena itu, melalui kerja sama ini dapat merealisasikan tujuan tersebut,” kata Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Sinergi ini dikukuhkan dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dengan Rektor UTY Bambang Meortono Setiawan. Selain penandatanganan MoU, pada hari yang sama, dilanjutkan dengan pelaksanaan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), yang ditandatangani oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset UTY Arief Hermawan bersama dengan Direktur SDM PT SUCOFINDO Johanes Nanang Marjianto.

Adapun fokus kerja sama yang dijalin antara UTY dengan PT SUCIFINDO melalui penandatanganan MoU maupun PKS kali ini, yaitu berkaitan erat dengan proses implementasi kegiatan dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Program Magang, Rekrutmen serta Pengembangan Bisnis.

Direktur Utama PT Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setyadi menyampaikan bahwa kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, termasuk dengan Universitas Teknologi Yogyakarta menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, sehingga mampu bersaing serta memberikan kontribusi terbaik kepada PT SUCOFINDO.

“Harapan agar rencana kerja sama antara PT Sucofindo dengan Universitas Teknologi Yogyakarta ini dapat mendukung upaya kita bersama untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing serta mampu memberikan kontribusi positif bagi PT Sucofindo, Universitas Teknologi Yogyakarta, maupun stakeholders terkait lainnya serta dapat mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia,” imbuh Mas Wigrantoro.

Oleh karena itu, Mas Wigrantoro juga mengungkapkan, ruang lingkup kerja sama di antara keduanya meliputi sinergi dalam bidang inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan, dan konsultansi, namun tidak terbatas pada pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, program magang, rekrutmen, serta pengembangan bisnis.

Selanjutnya, Bambang Meortono Setiawan, Rektor Universitas Teknologi Yogyakarta juga menyampaikan harapan senada. Ia mengatakan, jalinan berbagai kerja sama Universitas Teknologi Yogyakarta dengan industri, termasuk dengan PT SUCOFINDO mempertegas komitmen kampus yang tengah berfokus menjadi problem solver university.

Bambang Meortono menjelaskan bahwa Universitas Teknologi Yogyakarta saat ini berada pada posisi dan fokus untuk menjadi problem solver university. Maka dari itu, Universitas Teknologi Yogyakarta sejak tahun 2020 sudah menerapkan kurikulum baru.

Melalui kurikulum baru ini, Universitas Teknologi Yogyakarta memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk merasakan pengalaman kuliah di luar kampus, termasuk berinteraksi langsung dengan industri.

“Sehingga untuk memenuhi hal tersebut, Universitas Teknologi Yogyakarta sejak awal selalu berusaha menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan, termasuk dengan PT SUCOFINDO saat ini, dalam rangka untuk memfasilitasi mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta, terkait dengan tempat untuk dilaksanakannya kegiatan kuliah di luar kampus di berbagai perusahaan yang menjadi mitra Universitas Teknologi Yogyakarta,” ujar Bambang Meortono.

Sebagai penutup, acara yang dilaksanakan secara luring di Ruang Sidang Lantai 3, Kampus 1 Universitas Teknologi Yogyakarta tersebut dihadiri pula oleh segenap pimpinan maupun staf perwakilan, baik dari Universitas Teknologi Yogyakarta maupun PT SUCOFINDO.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia. —–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon : +62 21 798 3666

Faksimili : +62 21 798 3888

Email : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: