BeritaSiaran pers

SUCOFINDO Realisasikan 1.898 Sertifikat TKDN di 2022

JAKARTA, (17/1) – PT SUCOFINDO mendukung komitmen Kementerian Perindustrian dalam peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), yaitu dengan menerbitkan 1.898 sertifikat TKDN di sepanjang tahun 2022. Dukungan ini juga sejalan dengan instruksi presiden nomor 2 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, kecil, dan koperasi.

“Realisasi ini bentuk dukungan kami terhadap program TKDN, yang telah dicananangkan oleh pemerintah. Tercatat PT SUCOFINDO berhasil merealisasikan sebanyak 1898 sertifikat TKDN dan hasil ini di atas target, yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perindustrian, yaitu 1.250 sertifikat TKDN di tahun 2022,” kata Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Selanjutnya, Mas Wigrantoro menambahkan bahwa SUCOFINDO tetap konsisten dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelaku usaha ataupun lembaga untuk meningkatkan realisasi TKDN. “Dukungan ini sejalan dengan pasal 86 Undang-Undang No. 3 tahun 2014 tentang Perindustrian yang mewajibkan perusahaan atau lembaga menggunakan produk dalam negeri di tiap pengadaan barang atau jasa,” tutur Mas Wigrantoro.

Oleh karena itu, Mas Wigrantoro menambahkan bahwa untuk menyukseskan program TKDN, PT SUCOFINDO siap membantu untuk konsultansi dan sosialisasi secara masif. Hal tersebut dilakukan guna menjaring objek verifikasi sebanyak-banyaknya dan tidak terbatas pada sertifikasi TKDN barang.

“Tak hanya itu, PT SUCOFINDO untuk menyukseskan program TKDN, dilengkapi dengan infrastruktur, auditor yang terakreditasi, serta memiliki pengalaman yang mumpuni untuk melayani jasa verifikasi TKDN. Untuk kedepannya kami akan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk sertifikasi TKDN,” ujar Mas Wigrantoro.

Kepala SBU Perdagangan, Industri, dan Kelautan (PIK) PT SUCOFINDO Agus Permadi, yang menangani layanan TKDN, menjelaskan bahwa dengan implementasi sertifikasi TKDN mampu memudahkan pelaku usaha dalam syarat mengikuti tender, meningkatkan nilai jual dalam menawarkan produk, preferensi harga dalam tender, serta optimalisasi kapasitas dan kualitas produk.

Agus menambahkan untuk proses pengajuan sertifikasi TKDN sangat memudahkan pelaku usaha. “Pertama, pelaku usaha dapat menghubungi lembaga survei independen, Sucofindo. Kemudian, perusahaan menyiapkan dokumen legalitas perusahaan, yaitu nomor induk berusaha (NIB) dan izin usaha industri (IUI)  yang masih berlaku atau pengajuan IUI melalui online single submission (OSS) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang sudah berlaku efektif untuk tahap pengajuan.

Langkah berikutnya, lembaga survei akan melakukan site visit dan menghitung porsi lokal dan impor dari bahan baku atau material yang digunakan dan tenaga kerja (langsung dan tidak langsung). Kemudian, akan keluar laporan verifikasi, yang nanti akan disetujui dan sertifikat dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian.

Agus berkomitmen ke depannya PT SUCOFINDO akan terus menjaga komitmen dalam membantu pelaku usaha dan mendukung pemerintah mengimplementasikan TKDN. “Masa mendatang kami akan terus menjaga komitmen ini dan menjalankan penugasan pemerintah, khususnya merealisasikan TKDN,” tutup Agus Permadi.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: