BeritaSiaran pers

Optimalisasi Pengembangan NDT Scale Checker, SUCOFINDO Jalin Kerja Sama dengan Chugai Technos Jepang

Bandung (23/2) – PT SUCOFINDO bersinergi kembali dengan Chugai Technos Corporation, sebagai upaya optimalisasi layanan NDT (Non-Destructive Test) khususnya untuk jasa Scale Checker serta perluasan bidang kerja sama di sektor energi, lingkungan, infrastruktur. Kerja sama ini dikukuhkan dalam Nota Kesepahaman (MoU), yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dengan President and Representative Director Fukuma Satoshi pada perhelatan kegiatan Rapat Pimpinan Nasional 2023 PT SUCOFINDO di Bandung (23/2).

Layanan NDT Scale Checker menurut Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mampu membantu dalam Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan khususnya di bidang energi panas bumi, di mana sumbatan endapan kerak merupakan salah satu kendala utama dalam sistem operasi. Hal ini pun sejalan dalam implementasi terhadap Peraturan Presiden No. 112/2022 tentang Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan untuk Penyediaan Tenaga Listrik.

“Selain itu, NDT Scale Checker mampu menjadi salah satu solusi bagi operator atau pemilik fasilitas operasi minyak, gas maupun panas bumi dalam membaca profil hambatan atau gangguan dalam jaringan pipa produksi, yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap tebalnya endapan di dalam pipa tanpa menghentikan proses produksi atau membuka pipa,” kata Mas Wigrantoro..

Kedepannya Mas Wigrantoro mengatakan akan terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam rangka menjamin ketersediaan sumber energi melalui jasa-jasa SUCOFINDO lainnya, di bidang analisa laboratorium geothermal, geoscience, geokimia, geofisika, dan konsultansi lainnya, serta pengelolaan aset-aset industri energi terbarukan.

Selanjutnya, President and Representative Director Fukuma Satoshi menyatakan bahwa sinergi ini memiliki 3 fokus bidang kerja sama. “Fokus kami melakukanefisiensi dan optimalisasi chemical plant di Indonesia melalui uji NDT (Non Destructive Test), menangani isu perubahan iklim di kedua negara melalui analisis kimia lingkungan, dan memastikan keamanan infrastruktur beton di Indonesia melalui survei struktur untuk bangunan,” ujar Fukuma.

Fukuma menyambut baik kerja sama ini dan menjadi perayaan yang ke-70 tahun bagi Chugai Technos. “Kami akan merayakan hari jadi Chugai Technos yang ke-70 pada tahun 2023.  Kemitraan Chugai Technos dengan Sucofindo kali ini juga merupakan salah satu dari perayaan utama dari ulang tahun kami,” kata Fukuma.

Kepala Strategic Business Unit Aset Energi Baru dan Terbarukan Viktorianus Iva Taufik, menyatakan siap membantu kebutuhan dan pengembangan bisnis Chugai Technos Corporation melalui layanan NDT Advanced Scale Checker. “NDT Advanced Scale Checker merupakan salah satu jenis inpeksi tak merusak pada pipa alir yang menggunakan prinsip tomografi dengan sumber radiasi low-level-radiation. Metode NDT Scale Checker ini lebih cepat, mudah dan efisien dalam membaca profil hambatan dalam pipa” ujar Viktorianus.

Selain itu, dalam membantu pengembangan bisnis Chugai Technos Corporation, PT SUCOFINDO mampu mendukung dalam Inspeksi Pengujian Analisis Lingkungan. “PT SUCOFINDO dilengkapi dengan Laboratorium Uji lingkungan dan SDM terakreditasi terkait layanan Lingkungan,” kata Viktorianus melanjutkan. Hal ini pun sejalan dengan komitmen PT SUCOFINDO dalam   menjaga keberlangsungan lingkungan hidup dan memastikan kegiatan eksplorasi dapat dilakukan dengan memperhatikan aspek lingkungan.

“Selain fokus pada NDT Advanced dan Analisis Lingkungan untuk layanan jasa di sektor energi terbarukan, bersama dengan Chugai Technos Corporation juga akan melakukan Pengembangan jasa di bidang Inspeksi Struktur. Ke depannya kami pun turut menjaga komitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, khususnya Chugai Technos Corporation dan mengembangkan layanan bersama,” tutup Viktorianus.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: