BeritaSiaran pers

Pj Gubernur Resmikan SUCOFINDO Cabang Kendari, turut Perkuat Pembangunan Ekonomi Sulawesi Tenggara

Kendari (21/5) – Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto meresmikan PT SUCOFINDO Cabang Kendari.  Dengan hadirnya PT SUCOFINDO Cabang Kendari, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto berharap dapat mendukung pembangunan ekonomi Sulawesi Tenggara dan mewujudkan menjadi bagian Indonesia Emas 2045, melalui layanan Testing, Inspection, Certification (TIC).

 

“Potensi Sulawesi Tenggara utamanya adalah di bidang pertambangan, pertanian-perkebunan, perikanan, pariwisata dan lainnya. Oleh karena itu, peran PT SUCOFINDO dibutuhkan untuk membantu meningkatkan daya saing pelaku usaha di wilayah Kendari, meningkatkan ekonomi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto.

Selain itu, Andap Budhi Revianto berharap bahwa PT SUCOFINDO dapat membuka seluas-luasnya untuk penyerapan tenaga kerja dan membuka kesempatan kepada penyandang disabilitas dari putra-putri Sulawesi Tenggara.

Direktur Utama PT SUCOFINDO Jobi Triananda mengatakan bahwa PT SUCOFINDO siap mendukung Sulawesi Tenggara secara luas, dan khususnya Kota Kendari untuk mewujudkan wilayah yang berdaya saing melalui layanan Testing, Inspection, Certification (TIC), yang didukung dengan SDM (Sumber Daya Manusia) dari puta-putri Sulawesi Tenggara.

Adapun layanan TIC PT SUCOFINDO Cabang Kendari,  seperti Pertambangan khususnya nikel dan bahan tambang lainnya; Sertifikasi Halal; Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN); Konsultansi Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), layanan inspeksi, pengujian, serta layanan lingkungan lainnya, Industri Hijau dan karbon kredit (sesuai dengan peranan SUCOFINDO sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) terakreditasi untuk skema Gas Rumah Kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK), dan jasa Testing, Inspection, Certification (TIC) lainnya pendukung keberlanjutan lingkungan.

“Selain itu, PT SUCOFINDO mampu melayani di sektor pemerintahan untuk public services. Melalui layanan TIC tersebut, SUCOFINDO mampu memberikan jaminan terhadap pelaku usaha dan pemerintah setempat dalam menjaga kualitas, dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, keamanan dan keberlanjutan lingkungan. Dan kami berharap layanan kami mampu mendukung Pendapatan Asli Daerah dan penerimaan pajak,” kata Jobi Triananda.

Kepala PT SUCOFINDO Cabang Kendari  Deddy Sarmanto menambahkan bahwa  saat ini Cabang Kendari dilengkapi dengan 1 (satu) kantor layanan Morowali. “Tidak hanya berfokus kepada layanan pertambangan, SUCOFINDO Cabang Kendari dan Kantor Layanan Morowali mampu mengoptimalisasikan melalui layanan laboratorium lingkungan, dan ini menjadi laboratorium lingkungan satu-satunya di Kendari,” kata Deddy Sarmanto.

Selain itu, SUCOFINDO Cabang Kendari mampu melayani Layanan Pengujian kualitas,  Inspeksi infrastruktur, ISO Series, layanan pendukung proper, pelatihan, dan pengembangan teknologi, seperti SPARING (Sistem pemantauan kandungan Limbah yang akan dibuang ke Sungai menggunakan sensor), CEMS (Sistem pemantauan kandungan Limbah udara menggunakan sensor), ONLIMO (Sistem pemantauan Sungai menggunakan sensor). “Kedepannya kami siap membantu untuk mendukung Sulawesi Tenggara secara luas melalui layanan lainnya untuk bersama mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tutup Kepala PT SUCOFINDO Cabang Kendari Deddy Sarmanto.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon                 : +62 21 798 3666

Faksimili               : +62 21 798 3888

Email                       : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: