Berita

KEMENKOMARVES Wujudkan Konektivitas Antar Pulau Melalui Realisasi Green and Smart Port

Maluku 14/12 – Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) berkomitmen mewujudkan konektivitas antar pulau, salah satunya melalui apresiasi green and smart port untuk pelabuhan yang telah menerapkan skema pelabuhan berkelanjutan. Apresiasi ini berdasarkan penilaian skema green and smart port, hasil kolaborasi PT SUCOFINDO dengan IDSurvey, yang diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi karya pada perhelatan Hari Nusantara 2023, yang diselenggarkan oleh Kementerian Perhubungan di Maluku Utara (13/12).

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi untuk menjadi Poros Maritim Dunia. Oleh karena itu, perlu upaya kita untuk meningkatkan konektivitas antar pulau dan menjadi satu keharusan. Hal ini untuk meningkatkan dan membangun kebutuhan bangsa, maka pada kesempatan hari ini, sudah sejalan dengan tajuk Hari Nusantara 2023,  yaitu merajut konektivitas Nusantara dan ekonomi maritim menjadi titik nol jalur rempah. Dan kita harus maknai bersama,” kata Menteri Perhubungan RI Budi Karya.

Untuk mewujudkan konektivitas antar pulau, menurut Darwin Abas, Direktur Komersial PT SUCOFINDO, bahwa pelabuhan memegang peranan penting mendukung konektivitas dan peningkatan daya saing perekonomian Indonesia. “Sehingga penting untuk pelabuhan di Indonesia menerapkan konsep pelabuhan yang berkelanjutan karena mampu mengatasi permasalahan lingkungan, energi, sosial ekonomi dan perubahan iklim,” kata Darwin Abas.

Oleh karena itu, dibutuhkan pembinaan dan penilaian agar pelabuhan bisa meningkatkan kapasitas dan adaptasi terhadap permasalahan tersebut melalui penerapan green and smart port. “Realisasi ini pun terwujud melalui perhelatan Green and Smart Port Award yang terlaksana pada Hari Nusantara 2023. Dan kami mengucapkan selamat kepada 8 pelabuhan atas peraihan Green and Smart Port Award,” kata Darwin.

Pada awarding ini PT SUCOFINDO berkolaborasi dengan IDSurvey (PT Biro Klasifikasi (Persero)) sebagai lembaga yang menyusun panduan, rating tools dan dashboard penilaian kriteria penilaian green and smart port. “Kami pun telah ditunjuk sebagai lembaga yang menilai penerapan green and smart port di Indonesia oleh Kemenkomarves,” kata Kepala Strategic Business Unit Industri Herdi Purwanto.

Kriteria penilaian Green Port juga disusun merujuk pada Green Port Award System (GPAS) yang disusun oleh Asia-Pasific Port System Network (APSN), The World Association for Waterborne Transport Infrastructure (PIANC),  International Association of Ports and Harbors (IAPH) serta disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan terkait yang ada di Indonesia dan Internasional.

Selanjutnya, untuk mendukung dan memperkuat daya saing perusahaan dalam mengatasi isu lingkungan, PT SUCOFINDO juga memiliki layanan validasi dan verifikasi yang telah terakreditasi oleh KAN, untuk skema Gas Rumah Kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK).

Selain layanan LVV, PT SUCOFINDO memiliki layanan untuk mendukung green industry lainnya, seperti layanan ESG Consultation dalam hal ini membantu pelaku usaha menyiapkan roadmap ESG dan proses implementasi, dan pelaporan ESG.  Kemudian, SUCOFINDO mampu melayani Audit Energi, konsultansi sustainable mining, sertifikasi green office, sertifikasi green building, konsultansi di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT), Green Project Management, Sertifikasi Industri Hijau, Environmental Laboratory, monitoring dan konsultansi lingkungan dan Sertifikasi GGL (Green Gold Label).

PT SUCOFINDO juga memiliki layanan untuk realisasi Public Disclosure Program for Environmental Compliance (PROPER), yaitu berbicara mengenai penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan, seperti GAP analysis, pendampingan dokumen hijau dan Dokumen Ringkasan Kinerja Pengelolaan Lingkungan (DRKPL), pemetaan sosial (social mapping), stakeholder engagement, indeks kepuasan masyarakat dan social license index, audit energi, audit air, verifikasi data dan SDGs, Social Return on Investment (SROI), pendampingan inovasi sosial, maupun benchmarking.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

         —–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon            : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email                 : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: