Sertifikasi

Penting! Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO Bagi Perusahaan

Tingkatkan Citra Perusahaan dengan Sertifikasi ISO

Agar senantiasa berkembang dan tidak kalah dalam persaingan, perusahaan perlu memperoleh sertifikasi ISO. Ini penting sebagai bukti jika manajemen operasional maupun produk sudah sesuai dengan standar ISO. 

Proses sertifikasi memang tidak mudah. Butuh tahap yang tidak sebentar, mulai dari pelatihan, persiapan, hingga audit. Namun, Anda akan bisa mengetahui lebih jelas dalam proses sertifikasi standar ISO melalui artikel ini!

Pahami Apa itu Sertifikasi ISO

Sertifikasi standar ISO adalah bukti jika perusahaan sudah memenuhi standar yang ditetapkan dalam manajemen ISO. Sertifikasi ini akan memberikan kredibilitas bagi perusahaan serta meningkatkan kepercayaan konsumen akan mutu dan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan. 

Pada dasarnya, sertifikasi ini digunakan untuk membantu meningkatkan reputasi dalam layanan publik perusahaan. Tujuan utamanya, untuk mempromosikan jika perusahaan sudah melakukan pengembangan dari waktu ke waktu hingga kayak memperoleh sertifikasi dari ISO secara langsung. 

Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO

Ada banyak cara untuk bisa memperoleh sertifikasi dari ISO. Salah satunya dengan menggunakan layanan sertifikasi dari PT Sucofindo yang sudah terjamin kualitasnya dalam membantu perusahaan melakukan sertifikasi. Sucofindo memiliki layanan sertifikasi di antaranya: 

1. ISO 14001 – Sistem Manajemen Lingkungan

ISO 14001 merupakan salah satu bagian dari International Standard Series yang mana dapat diimplementasikan pada semua perusahaan yang memfokuskan diri pada manajemen lingkungan. Sertifikasi ISO ini memiliki ruang lingkup seperti: 

  • Produk makanan, minuman, serta tembakau. 
  • Industri tekstil. 
  • Industri kulit dan produknya. 
  • Farmasi, dan sebagainya. 

2. ISO 21001 – Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan

SNI ISO 21001:2018 dijadikan sebagai standar manajemen organisasi pendidikan. Khususnya yang memberikan secara rinci persyaratan dan panduan dalam menerapkan, memelihara, meninjau, serta meningkatkan sistem pengelolaan khusus untuk yayasan pendidikan. 

Dengan adanya sertifikasi ini, pendidikan di Indonesia akan lebih standar dalam penerapannya. Anda bisa miliki sertifikasi ini dengan Sucofindo. Sertifikasi ini diterapkan untuk yayasan pendidikan yang bergerak di jenjang: 

  • Pendidikan anak usia dini mulai dari day care, KB, dan TK. 
  • Pendidikan dasar dan menengah, mulai dari SD – SMA/SMK. 
  • Pendidikan tinggi yang meliputi perguruan tinggi, institut, politeknik, maupun akademi. 
  • Organisasi pendidikan lainnya seperti pendidikan kedinasan, pendidikan keagamaan, maupun pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus. 

3. ISO 22000 – Sistem Manajemen Keamanan Pangan

ISO 22000 ditujukan untuk perusahaan atau industri makanan agar dapat membangun rantai pasok yang aman serta terpercaya. Sertifikasi ini memberikan standar tentang kesehatan dan keamanan produk pangan yang harus dimiliki oleh perusahaan. 

Lingkup dalam sertifikasi ini meliputi rantai pasokan dari petani, kemudian ke pengolah produk makanan, bagian pengepak, transportasi pengantaran, hingga ke bagian penjualan sebagai bagian akhir dari rantai pasok produk pangan. Agar bisa memperoleh sertifikasi ini, ada persyaratan dasar yang harus dipenuhi yaitu: 

  • Komunikasi interaktif. 
  • Adanya manajemen sistem yang sudah terkelola dengan baik. 
  • Memiliki program persyaratan dasar untuk proses rantai pasok produk pangan.

4. ISO 27001 – Sistem Manajemen Keamanan Informasi

Information Security Management System (ISMS) ditujukan untuk memudahkan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informatika agar bisa menerapkan standar keamanan data dan informasi sesuai standar ISO 27001. 

Secara garis besar, ruang lingkup dalam sertifikasi ini ialah menjaga dan melindungi kerahasiaan data (confidentiality), integritas (integrity), serta ketersediaan informasi (availability).

Sucofindo memberikan pendekatan yang sistematis dalam mengelola informasi perusahaan yang sensitif akan keamanan data. Alur sertifikasi yang dilakukan terdiri dari: 

  • Mengajukan sertifikasi ‘ISO 27001’. 
  • Mengecek dan memastikan jika perusahaan sudah siap ke tahap selanjutnya. 
  • Mengkaji ulang efektivitas dalam penerapan sistem manajemen. 
  • Audit untuk memastikan adanya tindakan korektif maupun aspiratif yang dilakukan oleh perusahaan. 
  • Sertifikasi akan diterbitkan begitu hasil audit dinyatakan lulus dan sudah sesuai standar. 

5. ISO 37001 – Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Sertifikasi ISO 37001 ditujukan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada semua perusahaan maupun organisasi tentang sistem anti penyuapan. Perusahaan akan diajarkan tentang cara menetapkan langkah-langka untuk menghindari penyuapan, mencegah serta meminimalkan terjadinya korupsi, serta mendeteksi adanya risiko korupsi dalam perusahaan.

6. ISO 45001 – Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3)

ISO 45001 digunakan untuk sertifikasi standar manajemen perusahaan dalam pengendalian risiko terhadap pekerja. Di dalam sertifikasi ini, terdapat standar keamanan apa saja yang harus diberikan kepada para karyawan yang bertugas di lapangan dan apa saja kewajiban dan hak yang harus dipenuhi antara perusahaan dan karyawan. 

7. ISO 50001 – Sistem Manajemen Energi

ISO 50001 untuk memastikan perusahaan telah mengelola energi secara efisien. Sertifikasi ini menyediakan standar kerangka dalam persyaratan seperti: 

  • Persiapan untuk melakukan audit. 
  • Membangun kebijakan untuk efisiensi penggunaan energi. 
  • Tinjauan energi dalam mengidentifikasi penggunaannya. 
  • Pengaturan dasar indikator kinerja. 
  • Pengambilan keputusan yang berkaitan dengan energi. 
  • Operasi untuk memantau hasilnya. 

8. ISO 9001 – Sistem Manajemen Mutu

ISO 9001 digunakan untuk sertifikasi manajemen mutu perusahaan dan memberikan manfaat dalam peningkatan performa perusahaan. Sertifikasi ini juga bisa difungsikan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memenangi persaingan pasar. 

Kini, Anda sudah mengetahui jenis-jenis layanan sertifikasi ISO yang diberikan oleh PT. Sucofindo. Sekarang saatnya untuk mengaplikasikannya di perusahaan! Segera ajukan dan tingkatkan mutu perusahaan dalam memberikan layanan maupun produksi!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan sertifikasi. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: