Pengujian dan Analisis

Metode Radiography Test – NDT Konvensional

Apa itu Metode Radiography Test?

SuperSCI, sudah pernah dengar Uji Tanpa Rusak atau yang biasa disebut Non Destructive Test (NDT)? Nah, salah satu metode pengujian NDT Konvensional yang populer digunakan di semua bidang industri adalah metode Radiography Test (RT).

Metode Radiography Test adalah salah satu metode NDT yang  menggunakan sumber radiasi pengion sinar gamma atau mesin sinar X untuk mengetahui cacat pada suatu material uji. Radiasi pengion sinar gamma merupakan salah satu bentuk pemanfaatan radiasi yang ada pada zat radioaktif atau radioisotop.

Baca Juga: Ini Perbedaan NDT (Non-Destructive Test) & DT (Destructive Test)!

Prinsip kerja metode Radiography Test ini adalah menggunakan paparan radiasi yang dihasilkan oleh sumber radiasi yang diarahkan ke objek yang akan diperiksa (benda uji) dan dibalik obyek sudah diletakkan film yang akan merekam hasil pemotretan radiografi. Film ini disinari oleh radiasi dalam waktu tertentu, lama waktu penyinaran dipengaruhi oleh tebal objek yang diperiksa, jarak objek ke sumber radiasi, aktivitas sumber radiasi dan grade film yang digunakan.

Setelah proses penyinaran dengan radiasi film ini kemudian diproses di dalam ruang gelap (dark room) agar diperoleh gambaran radiografi yang permanen dan tampak. Tahapan pengolahan film secara utuh terdiri dari pembangkitan (developing), pembilasan (rinsing), penetapan (fixing), pencucian (washing) dan pengeringan (drying). Hasil dari proses tersebut diatas akan menghasilkan film negatif atau yang lebih familiar dengan hasil rontgen pada dunia kedokteran. Kemudian untuk melakukan pembacaan/interpretasi hasil tersebut dibutuhkan skill khusus serta dituangkan dalam form laporan yang khusus untuk memudahkan pemilik barang atau pihak terkait yang berkepentingan mengetahui kondisi dari barang/objek yang dilakukan Radiography Test.

Kapan menggunakan metode Radiography Test?

Metode Radiography Test dapat digunakan pada semua material logam sehingga cakupannya cukup luas. Metode Radiography Test memiliki kelebihan dapat digunakan untuk segala jenis material, dapat mendeteksi dan memperlihatkan dengan jelas bagian objek yang cacat dan memberikan data yang permanen berupa film.

Baca Juga: 10 Perusahaan Kehutanan Daftar Proses Sertifikasi FSC

Bagaimana SuperSCI, setelah membaca artikel ini sudah tidak bingung lagi kan mengenai penggunaan NDT metode Radiography Test? Didukung dengan Personil yang berpengalaman dan peralatan yang sesuai standar, PT SUCOFINDO Cilacap telah menyediakan layanan jasa Radiography Test untuk menjawab kebutuhan SuperSCI di wilayah Jawa Tengah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan pengujian dan analisis Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: