ArtikelSertifikasiManufaktur

Semakin Berkompetisi dalam Tender dengan Sertifikat TKDN

TKDN merupakan singkatan dari Tingkat Kandungan Dalam Negeri yang merupakan ukuran atau persentase terhadap nilai atau komponen suatu produk atau jasa yang diproduksi di dalam negeri suatu negara. Hal ini mencerminkan betapa besarnya kontribusi lokal terhadap suatu produk atau jasa, baik dari segi bahan baku, tenaga kerja, dan nilai tambah yang dihasilkan dalam negeri.

TKDN biasanya digunakan sebagai indikator untuk mengukur seberapa mandiri suatu negara dalam memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan, serta mendorong perkembangan industri lokal. Di banyak negara, pemerintah kerap menerapkan kebijakan atau peraturan yang mewajibkan tingkat minimum TKDN untuk produk tertentu, seperti alat elektronik, kendaraan bermotor, atau alat telekomunikasi.

TKDN dapat dihitung dengan berbagai cara tergantung sektor atau industri yang bersangkutan. Secara umum TKDN dihitung sebagai persentase nilai produk atau jasa yang berasal dari dalam negeri dibandingkan dengan total nilai produk atau jasa tersebut. Hal ini mungkin melibatkan penilaian komponen seperti bahan mentah, tenaga kerja, teknologi, atau komponen lain yang berkontribusi terhadap nilai akhir produk atau layanan.

Sertifikasi TKDN Gratis SUCOFINDO

Dalam membantu industri di Indonesia untuk semakin berkembang dan terus memanfaatkan pemakaian instrumen lokal dalam manufaktur produk dan/atau jasa, SUCOFINDO menawarkan jasa Sertifikasi TKDN Gratis. Penawaran ini berlaku sampai dengan 10 November 2024. Bagi pelaku usaha Industri Kecil (memiliki modal usaha diluar tanah dan bangunan sebesar lebih dari 1-5M) dan Menengah (lebih dari 5M-10M) dapat melihat syarat dan ketentuan serta dokumen-dokumen persyaratan pada gambar di bawah ini:

Sertifikasi TKDN Gratis SUCOFINDO Kembali Hadir!

Bagi pelaku usaha yang ingin melakukan pendaftaran, silahkan klik link di bawah atau scan kode QR di atas.

https://bit.ly/DaftarTKDNGratis2024

Bagaimana TKDN dapat Membantu Perusahaan dalam Tender?

Sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) merupakan bukti resmi bahwa suatu produk atau jasa mempunyai kontribusi dalam negeri yang tinggi baik dari segi nilai, bahan baku maupun tenaga kerja. Dalam konteks tender atau pengadaan proyek, memiliki sertifikat TKDN dapat memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan:

  1. Memenuhi Persyaratan Tender: Banyak lembaga pemerintah atau swasta yang menetapkan persyaratan TKDN sebagai bagian dari kualifikasi untuk mengajukan penawaran dalam tender. Dengan memiliki sertifikat TKDN yang sah, perusahaan memastikan memenuhi persyaratan untuk mengikuti proses tender.
  2. Peningkatan Nilai Evaluasi: Dalam beberapa kasus, tender memberikan nilai tambahan kepada peserta yang memiliki tingkat TKDN tinggi. Dengan memiliki sertifikat TKDN yang menunjukkan kontribusi lokal yang signifikan terhadap produk atau jasanya, perusahaan dapat meningkatkan skor mereka dalam evaluasi tender sehingga meningkatkan peluang mereka untuk memenangkan kontrak.
  3. Menunjukkan Komitmen Terhadap Pembangunan Lokal: Sertifikat TKDN juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam mengembangkan industri dalam negeri. Hal ini mungkin dianggap positif oleh lembaga pengadaan, terutama jika terdapat kebijakan atau tujuan yang mendukung perekonomian daerah.
  4. Mengakses Proyek Tertentu: Beberapa proyek atau sektor industri mungkin memberikan preferensi kepada perusahaan yang memiliki tingkat TKDN tinggi. Dengan memiliki sertifikat TKDN yang valid, perusahaan dapat lebih mudah mengakses proyek-proyek tersebut dan meningkatkan peluang usahanya di sektor tertentu.
  5. Membangun Reputasi dan Kepercayaan: Memiliki sertifikat TKDN dapat meningkatkan reputasi perusahaan sebagai pemain yang bertanggung jawab secara sosial dan mendukung pembangunan ekonomi lokal. Hal ini dapat mempererat hubungan dengan klien, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya.
  6. Mengurangi Risiko dan Biaya: Dengan memprioritaskan bahan baku dan tenaga kerja lokal, perusahaan dapat mengurangi risiko yang terkait dengan fluktuasi harga dan ketersediaan, serta tingginya biaya transportasi dan logistik yang terkait dengan impor.

Dengan demikian, sertifikat TKDN dapat menjadi faktor penting dalam strategi tender perusahaan, membantu memenuhi persyaratan, meningkatkan daya saing, dan memperluas peluang bisnis di pasar yang kompetitif.

Manfaat TKDN

Selain membantu perusahaan semakin berkompetisi dalam tender, TKDN mempunyai sejumlah manfaat lainnya yang signifikan bagi suatu negara dan industrinya. Berikut beberapa manfaat utama penerapan TKDN:

  1. Mendorong Perkembangan Industri Lokal: TKDN membantu mendorong pertumbuhan industri lokal dengan mendorong penggunaan sumber daya dalam negeri, termasuk bahan baku, tenaga kerja, dan infrastruktur lokal. Hal ini menciptakan peluang bagi perusahaan dalam negeri untuk berkembang dan bersaing di pasar internasional.
  2. Menciptakan Lapangan Kerja: Dengan mendorong penggunaan tenaga kerja lokal dan tumbuhnya industri dalam negeri, TKDN dapat membantu menciptakan lapangan kerja baru. Hal ini berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mengurangi Ketergantungan pada Impor: Dengan meningkatkan porsi produksi dalam negeri dalam rantai pasokan, TKDN membantu mengurangi ketergantungan terhadap impor, terutama untuk produk-produk utama seperti teknologi, peralatan, dan bahan baku.
  4. Meningkatkan Kedaulatan Ekonomi: Dengan memperkuat industri lokal, TKDN membantu meningkatkan kedaulatan ekonomi suatu negara. Hal ini membuat negara lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri dan lebih tahan terhadap fluktuasi pasar global.
  5. Mendorong Inovasi Teknologi: TKDN mendorong pengembangan dan penggunaan teknologi dalam negeri, karena perusahaan perlu mencari solusi lokal untuk memenuhi persyaratan TKDN. Hal ini merangsang inovasi teknologi dan mempercepat kemajuan industri lokal.
  6. Memberikan Standar Kualitas yang Lebih Tinggi: Dengan meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap proses produksi dalam negeri, TKDN dapat membantu meningkatkan standar mutu produk. Hal ini memperkuat reputasi industri lokal di pasar internasional.
  7. Meningkatkan Pendapatan Negara: Dengan meningkatkan kontribusi industri dalam negeri terhadap perekonomian, TKDN juga dapat meningkatkan pendapatan negara melalui pajak, royalti, dan kontribusi lainnya.
  8. Memperkuat Daya Saing Global: Melalui investasi pada kapasitas lokal dan pengembangan produk, TKDN dapat membantu perusahaan dalam negeri bersaing lebih baik di pasar global, sehingga meningkatkan daya tawar mereka dalam perdagangan internasional.

Secara keseluruhan, TKDN memberikan landasan yang kuat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, memperkuat ketahanan perekonomian, dan membantu mencapai tujuan pembangunan jangka panjang suatu negara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan inspeksi dan audit dan Sektor Perdagangan Besar dan Eceran. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: