Real Estate

Sudahkah Anda Sadari Pentingnya Audit Struktur Bangunan?

Bangunan Aman dan Nyaman dengan Melakukan Audit Struktur Bangunan

Anda pernah mendengar tentang audit struktur bangunan? Mungkin sebagian orang masih awam dengan istilah ini, bahkan bingung apa artinya. Singkatnya ini merupakan pengujian pada suatu struktur bangunan untuk mengidentifikasi jika terdapat kerusakan.

Kerusakan yang terjadi seperti kemunculan retakan, penurunan pondasi, atau bangunan mengalami goncangan dengan risiko terjadinya keruntuhan. Agar tidak terjadi hal tidak diinginkan, maka perlu dilakukan audit atau pengujian pada struktur bangunan secara berkala.

Tujuan Melakukan Audit Struktur Bangunan

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa melakukan audit pada bangunan terutama bagian strukturnya hanya akan menambah pengeluaran saja. Padahal fungsinya sangat penting dan tidak bisa diabaikan.

Meskipun Anda meman harus mengeluarkan biaya lebih, terutama jika menggunakan jasa profesional, tapi sebanding dengan manfaat yang didapatkan. Sebab melakukan audit struktur bangunan akan menghindarkan kerusakan lebih besar yang dapat menciptakan kerugian tinggi.

Selain itu, akan menjaga keamanan penghuni di dalamnya dari berbagai kemungkinan bahaya, terutama bahaya runtuhnya gedung. Tambahan lagi, keamanan juga akan lebih terjaga dan kepastian layak digunakan terjamin.

Oleh sebab itu, pemilik bangunan terutama jenis bangunan tinggi serta banyak lantai harus benar-benar memastikan melakukan pengujian terhadap bangunannya. Agar kemungkinan kerusakan maupun gangguan dapat teridentifikasi sejak dini.

Proses pengujian struktur bangunan/gedung ini dimulai dari tahap perencanaan, persiapan pengujian, pengumpulan data, kemudian pengecekan dan pemeriksaan tingkat lanjut. Langkah prosesnya cukup panjang, apalagi jika yang mengerjakan kurang berpengalaman.

Metode Audit Struktur Bangunan

Dalam proses pengujian terdapat tahapan yang harus dilakukan mulai dari peninjauan, pengujian tahap awal, analisa, hingga analisa tahap lanjut. Pemeriksaan harus dilakukan secara menyeluruh dengan menggunakan metode sesuai dengan Permen PU No 25 Tahun 2007.

Sesuai dengan Pedoman Sertifikat Laik Fungsi Bangunan/Gedung, maka metode audit yang dapat digunakan adalah:

1. Core Drill

Yaitu pengujian pada beton dengan pengambilan sampel menggunakan bor khusus. Sampel diambil setelah beton berdiri kokoh dan dibawa ke laboratorium untuk pengujian lanjutan.

Apabila hasil pengujian bagus, maka bisa dilaksanakan pengujian dengan metode lainnya. Karena satu metode tidak akan memperlihatkan kemampuan beton secara menyeluruh.

2. Rebar Scan

Metode audit struktur bangunan berikutnya adalah rebar scan atau NDT Test, yaitu menggunakan sebuah scanner pada permukaan beton. Setelah proses scanning akan muncul data-data terkait beton tersebut dan kelayakannya.

3. Ultrasonic Pulse Velocity Test

Merupakan pengetesan yang sering disebut UPV Test untuk mengidentifikasi kekuatan beton. Caranya dengan memancarkan gelombang ultrasonic pada beton dan melihat apakah beton terpengaruh serta seberapa besar pengaruhnya.

Gelombang ultrasonic akan diarahkan ke tembok beton, kemudian dibiarkan beberapa menit. Setelah waktunya selesai, bisa cek apakah gelombang tersebut memiliki efek atau tidak.

4. Hammer Test

Selanjutnya, metode hammer test yakni pengujian menggunakan alat khusus yaitu Schmidt Hammer . Tujuan pemindaian ini adalah untuk mendapatkan data terkait homogenitas dan daya tahan beton.

5. Pulse Echo Test

Selanjutnya adalah metode dengan gelombang ultrasonic, fungsinya menganalisa dan menemukan kerusakan pada dinding. Jika terjadi ketidak sempurnaan dalam pemasangan maka akan terlihat dari datanya.

Dengan begitu, dapat langsung dilakukan perbaikan untuk mengatasi permasalahan ini. Jika kerusakan terlalu besar, maka dengan terpaksa gedung tersebut belum bisa ditinggali.

Tidak semua pemilik gedung/bangunan melakukan audit terhadap bangunannya sehingga mengetahui dengan benar apakah layak digunakan atau tidak. Sebagian orang juga tidak bisa melakukan audit sendiri karena tidak memiliki pengetahuan.

Jadi, jika Anda seorang pemilik gedung yang hendak mengetahui kelayakan gedungnya, maka harus memilih layanan profesional dalam mengaudit. Sucofindo merupakan salah satu perusahaan dengan bidang jasa audit struktur untuk berbagai macam bangunan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan sertifikasi dan sektor real estate, Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: