Inspeksi dan audit

Ketahui Manfaat GMP bagi Pemerintah, Perusahaan dan Konsumen

Tingkatkan Mutu Produk Olahan Konsisten Dengan GMP

Manfaat GMP atau Good Manufacturing Practice bagi pemerintah, konsumen, dan tentunya perusahaan yang dapat Anda ketahui sebagai contoh yaitu memproduksi dan menyediakan produk yang aman untuk konsumen. Sayangnya dalam praktik di lapangan, kerap kali hal ini menjadi sesuatu yang tidak dianggap penting, padahal peranannya menguntungkan pebisnis.

Untuk membahasnya secara lebih jelas, kami membuat sub-sub pembahasan di bawah. Anda dapat menyimak secara rinci, mulai dari pengertian, manfaat, dan indikator Good Manufacturing Practice melalui uraian berikut.

Apa itu GMP?

GMP atau Good Manufacturing Practice adalah konsep manajemen berbentuk prosedur serta cara kerja terkait bagaimana menghasilkan sebuah produk tertentu. Hal ini pastinya mempermudah konsumen dan produsen dalam mengetahui kondisi atau informasi mengenai kandungan dari produk yang digunakan atau dikonsumsi.

Seluruh produk bukan hanya diproduksi, melainkan juga harus menghasilkan kualitas sesuai standar berlaku. Umumnya, Good Manufacturing Practice diterapkan pada semua bidang industri, termasuk juga manufaktur. Meskipun standar penilaian manufaktur agak rumit.

Manfaat Penerapan GMP

Setelah memahami pengertiannya, sekarang mari ikuti kami mencari tahu detail tiga manfaat yang diberikan. Berikut penjelasannya!

1. Bagi Pemerintah

Pihak pertama yang tentunya mendapatkan keuntungan dari penerapan Good Manufacturing Practice adalah pemerintah. Beberapa keuntungan tersebut meliputi:

  • Perlindungan konsumen dari kerugian mengkonsumsi makanan maupun minuman tidak layak
  • Pemberian jaminan kepada masyarakat bahwa produk yang dibeli telah melalui serangkaian proses kualifikasi ketat
  • Sebagai sarana pemberian edukasi agar masyarakat lebih cerdas terkait pemilihan makanan maupun minuman di pasaran
  • Memudahkan pemerintah dalam melakukan pengawasan dan pemantauan pelaku industri

Itulah empat manfaat GMP bagi pemerintah. Kewajiban atas penerapan GMP juga merupakan wujud komitmen pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi konsumen yang dapat berdampak pada meningkatnya kepercayaan konsumen kepada pemerintah.

2. Bagi Pelaku Usaha

Terpenting dan utama untuk para pelaku usaha atau pemilik bisnis dan produknya. Ada beberapa keuntungan didapatkan dari penerapan Good Manufacturing Practice, yakni:

  • Dapat memberikan perlindungan di pasar karena telah dipastikan bahwa produk keluar terjamin kualitasnya
  • Membantu meningkatkan kepercayaan konsumen setelah Anda bekerja keras membuktikan kualitas produk yang diakui
  • Dengan meningkatnya kepercayaan konsumen dan pasar yang terlindungi maka secara tidak langsung pendapatan perusahaan juga semakin meningkat

Berbagai manfaat GMP bagi perusahaan bukan hanya untuk menunjukkan kualitas produk melalui secarik kertas. Melebihi dari itu semua, ketika konsumen mempercayai Anda sebagai perusahaan terbaik maka dengan sendirinya usia bisnis akan bertahan lama.

3. Bagi Konsumen

Terakhir, manfaat penting bagi konsumen sebagai pengguna. Ada banyak hal didapatkan, seperti:

  • Keselamatan konsumen tentunya terjamin karena produk yang dikonsumsi telah dipastikan melalui proses penyeleksian ketat
  • Menjadi bahan pengetahuan terkait makanan dan minuman yang baik serta yang kurang layak dikonsumsi

Konsumen adalah ujung tombak keberhasilan para pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Dua manfaat GMP terhadap konsumen di atas membantu konsumen untuk mengambil keputusan dan tidak bimbang untuk membeli makanan maupun minuman pada saat dihadapkan dengan banyak pilihan.

Indikator GMP

Good Manufacturing Practice dapat terealisasi oleh adanya indikator atau alat ukur tepat. Dalam hal ini, terdapat beberapa poin yang wajib dicermati, seperti:

  1. Para stakeholder terlibat harus memiliki komitmen seragam agar tujuan Good Manufacturing Practice tercapai
  2. Pembentukan tim solid dapat diwujudkan ketika semua kepala memutuskan hal sama sebagai tujuan berbisnis
  3. Standar referensi Good Manufacturing Practice mesti ditentukan sejak awal untuk memandu langkah demi langkah mencapai tujuan
  4. Penerapan indikator membutuhkan konsistensi dan pengawasan agar sesuai dengan landasannya
  5. Paling penting adalah membangun kesadaran tiap individu yang bisa diciptakan melalui suasana kerjasama transparan dan semangat

Rasakan manfaat GMP sebagai pebisnis secara maksimal dengan memperhatikan kepuasan konsumen dan citra baik di hadapan pemerintah. Jika Anda kesulitan mencari tim professional dengan layanan audit atau konsultansi GMP terbaik, Sucofindo dapat menjadi solusi terbaik Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan inspeksi dan audit dan Sektor Perdagangan Besar dan Eceran. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: