Pengujian dan Analisis

Pahami Cara Pemantauan Kualitas Lingkungan

Kenali Perubahan Kualitas Lingkungan Untuk Antisipasi Perubahan Tak Terduga

Keterbatasan sumber daya alam, penurunan kualitas lingkungan akibat tingginya tingkat pencemaran, hingga eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan merupakan beberapa masalah lingkungan yang membutuhkan kontribusi banyak pihak dalam menghadapinya.

 Inilah mengapa pemerintah mewajibkan pelaku industri untuk melakukan pemantauan kualitas lingkungan serta melaporkannya secara berkala. Kondisi air dapat menjadi salah satu parameter kualitas lingkungan, apakah tercemar atau tidak. 

Indikator Air Bersih

Hal ini disebabkan karena kualitas air sudah menurun. Namun, disini kami akan membahas tujuh indikator air bersih yang dapat menentukan apakah sebuah lingkungan termasuk memiliki kualitas yang bersih dan sehat. Indikator air bersih dalam pemantauan kualitas lingkungan sehat ditentukan oleh beberapa kondisi berikut:

  1. Jernih merupakan indikator pertama, artinya ketika dialirkan maka airnya tidak memiliki warna apapun selain bening. Selain itu saat ditampung tidak butek sama sekali.
  2. Tidak berbau sehingga jika tidak melihatnya maka Anda tidak akan langsung tahu ada keberadaan air di situ. Bau harus diwaspadai, apalagi bau menyengat yang menyeruak ke berbagai area.
  3. Tidak berasa saat dicicipi. Ketika menemukan air dengan rasa asin, pahit, dan getir maka dapat dipastikan bahwa kondisi air tersebut sama sekali tidak bersih.
  4. Suhunya normal merupakan indikator keempat untuk pemantauan kualitas lingkungan dengan melihat kondisi perairannya. Suhu normal itu mencapai angka 10 hingga 25 derajat celcius.
  5. Ph netral, artinya tidak terlalu asam dan tidak juga terlalu basa. Sebagai informasi, pH dimulai dari angka 1 yang menunjukkan keasaman dan berakhir pada angka 14 yang menandai tingkat kebasaan. Sementara itu pH normal ada di angka 6,5 – 9,0.
  6. Tidak mengandung zat kimia berbahaya yang dapat merusak tubuh, apalagi jika kandungan zat tersebut komposisinya berlebihan. 
  7. Bebas bakteri adalah indikator terakhir. Bebas dari bakteri E. coli adalah indikator pamungkas untuk menyelamatkan usus Anda. Bakteri ini dapat menyerang manusia juga hewan.

Dengan dilakukannya pemantauan kualitas lingkungan melalui penerapan tujuh indikator di atas, Anda dapat mengetahui apakah air di lingkungan Anda dalam kondisi baik atau tidak. Risiko yang dapat ditimbulkan dari mengonsumsi air tercemar, mulai dari gatal sampai sakit perut dan diare.

Apa Itu Pemantauan Kualitas Lingkungan?

Secara garis besar, untuk menentukan kualitas dari sebuah tempat harus diteliti berbagai unsur terkait, mulai dari udara, air, suara, sampai dengan tanah. Penentuan kualitasnya dapat dilakukan dalam waktu berkala atau diperbarui setelah beberapa tahun kemudian.

Studi terkait hal ini telah dipelajari oleh lebih dari satu universitas dunia. Namun, sejauh ini Indonesia mengambil Environmental Quality Indeks atau disingkat menjadi EQI. EQI adalah sebuah proses pemantauan yang dibuat oleh Virginia Commonwealth University.

Dalam pemantauan kualitas lingkungan, EQI melibatkan beberapa pihak, seperti profesional pada bidangnya, pemerintahan, dan organisasi setempat. Di Indonesia, IKLH mengacu pada tiga unsur, yakni tutupan hutan, kualitas air, dan kondisi udara Indonesia.

Berdasarkan tiga unsur penilaian tersebut nantinya akan didapati dua isu, pertama isu hijau dan kedua isu coklat. Hijau artinya lebih mengarah ke kualitas bagus, sementara coklat merupakan arti untuk polusi yang cukup tinggi.

Proses memantau lingkungan tidak bisa dengan memperhatikan sejenak saja. Ada banyak hal mesti diterapkan dan Anda membutuhkan ahli untuk mengerjakannya. Percayakan proses pemantauan tersebut kepada kami. Sucofindo menyediakan layanan kajian, audit, dan pemantauan yang dapat meningkatkan kepedulian perusahaan terhadap pengelolaan lingkungan hidup sekaligus nilai perusahaan di bidang pengelolaan lingkungan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan pengujian dan analisis dan Sektor Pengolahan Air Bersih. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: