Sertifikasi

Ketahui Perbedaan Hotel Bintang 1 sampai 5 sebelum Berlibur

Tingkatkan Kredibilitas Hotel dengan Sertifikasi CHSE

Anda perlu tahu apa perbedaan hotel bintang 1 sampai 5 sebelum memesan. Setiap hotel tentu memiliki standar layanan dan fasilitas berbeda. Dan standar yang selama ini dikenal secara umum adalah dari label “bintang” tersebut.

Hotel bintang 1 tentu tidak sebagus bintang 5. Dan sudah menjadi pemahaman umum bahwa hotel bintang 5 memiliki tarif lebih mahal, namun fasilitasnya sangat lengkap dan berkelas. Tapi apa saja perbedaan masing-masing?

Makna Standar Bintang salah Hotel

Khususnya semenjak pandemi, staycation atau liburan di hotel menjadi semakin populer dilakukan selama liburan. Jadi tidak hanya traveling mengunjungi tempat-tempat wisata saja. Penginapan dalam hal ini juga bisa dieksplor dan jadi tempat ideal selama menghabiskan waktu libur.

Namun bukan sembarang tipe penginapan ideal untuk menunjang aktivitas liburan tersebut. Ada berbagai pilihan tipe penginapan tertentu yang dapat dijadikan pilihan. Untuk mengetahuinya terlebih dulu Anda perlu tahu klasifikasinya berikut ini.

1. Hotel Bintang 1

Klasifikasi pertama ini memiliki harga sangat terjangkau, cocok untuk liburan budget minim. Menjadi pilihan utama para backpacker, karena hemat budget liburan, namun mendapat fasilitas menginap nyaman.

Klasifikasi ini ditentukan dari beberapa aspek. Diantaranya memiliki jumlah kamar minimal 15 tipe standar. Kemudian kamar mandi dalam, serta luas kamar minimum 20 meter persegi.

2. Hotel Bintang 2

Perbedaan hotel bintang 1 sampai 5 klasifikasi kedua ini fasilitasnya tidak jauh beda dari yang pertama. Tetap terjangkau, namun umumnya lebih strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas umum.

3. Hotel Bintang 3

Masuk kategori penginapan dengan fasilitas serta pelayanan cukup nyaman. Kategori ini sudah sangat sesuai untuk keperluan liburan. Selain fasilitas lengkap dan nyaman, penginapan kelas 3 ini dekat dengan kawasan bisnis.

Klasifikasi ini jika dilihat dari perbedaan hotel bintang 1 sampai 5 memiliki 30 kamar tipe standar. Kemudian kamar tipe suite berjumlah minimal 2 kamar. Fasilitas berupa AC, TV, Wi-Fi, kamar mandi dan toilet terpisah.

4. Hotel Bintang 4

Klasifikasi yang mendekati sempurna. Didukung dengan pelayanan, hingga area hotel yang nyaman. Lokasi yang tidak jauh dari obyek wisata, pusat perbelanjaan, serta restoran.

Bangunannya lebih besar dengan pelayanan profesional. Fasilitas didalamnya terdiri dari kamar tipe standar berjumlah 50, minimal 3 kamar tipe suite. Kamar mandi lengkap dalam dengan shower air hangat dan dingin.

5. Hotel Bintang 5

Perbedaan hotel bintang 1 sampai 5 paling menonjol adalah klasifikasi kelima ini. Fasilitasnya lengkap dan mewah, lokasi strategis di tengah kota. Biasa dijadikan sebagai tempat menginap tamu-tamu penting, baik kenegaraan, atap rekan bisnis.

Memiliki jumlah kamar minimal 100 tipe standar, minimal 3 kamar dengan tipe suite. Fasilitas mewah, restoran serta pelayanan kamar 24 jam. Lengkap fasilitas olahraga, kolam renang, tempat bermain, valet parking, dan concierge.

Pentingnya Memilih Hotel Bersertifikasi CHSE

Selain memilih kategori yang tepat berdasarkan perbedaan hotel bintang 1 sampai 5, Anda perlu memperhatikan sertifikasi hotel. Salah satu sertifikasi penting adalah CHSE, berikut alasan mengapa perlu memilih hotel dengan sertifikasi ini.

1. Bukti kredibilitas 

Sertifikat CHSE merupakan bukti bahwa penginapan yang Anda pilih terpercaya. Memenuhi standar dari berbagai aspek. Ini bisa dilihat dari kepercayaan pengunjung dari berbagai testimoni positif. 

Untuk mendapatkan sertifikat CHSE, pelaku usaha dapat mengajukannya kepada jasa sertifikasi terpercaya, seperti Sucofindo.

2. Memberikan pelayanan ekstra

Pelayanan ekstra terhadap faktor keamanan serta kenyaman. Ini akan nampak dari semakin banyaknya pengunjung dari waktu ke waktu.

3. Menunjukkan standar tinggi

Tidak mudah mendapatkan sertifikat CHSE, namun jika sebuah penginapan sudah memilikinya, artinya sudah menerapkan standar pelayanan maksimal. Dapat dilihat dari kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

4. Aman dari Penyebaran dan Penularan Virus Covid-19

Tujuan utama sertifikasi CHSE oleh pemerintah adalah untuk mengurangi penyebaran dan penularan virus covid-19 di sektor pariwisata. Artinya, jika Anda menginap di hotel dengan sertifikat CHSE, minim risiko kesehatan akibat virus tersebut.

Pentingnya memilih penginapan sesuai budget liburan tidak selalu mengesampingkan faktor kenyamanan dan keamanan. Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan dengan menggali informasi di setiap profil berdasarkan perbedaan hotel bintang 1 sampai 5.

Sucofindo menyediakan sertifikasi bagi usaha pariwisata, usaha terkait pariwisata (biro perjalanan), hingga destinasi pariwisata. Yuk, tingkakan daya saing usaha pariwisata Anda dengan memenuhi standar SNI bersama Sucofindo!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan sertifikasi dan sektor pariwisata.  Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: