Street Food Bersertifikasi Halal ada di daerah mana aja sih?

Rabu, 20 April 2022 | 09:22


Hi, SuperSCI! Apa yang kamu lakukan sebelum hendak bepergian? Jika kamu adalah orang yang gemar mencari tahu tentang kuliner-kuliner halal sebelum bepergian, tepat sekali! Aku mau rekomendasiin kamu daerah-daerah di benua Asia yang street food-nya rata-rata memiliki sertifikat halal!

Street food biasanya kita jumpai di area publik. Sesuai namanya yaitu street yang artinya jalan dan food artinya makanan, kita dapat merasakan sensasi kelezatan makanan yang dijajakan di jalanan. Kalau bahasa Indonesianya sih Makanan Kaki Lima! Nah, mari simak artikel ini sampai habis daerah mana saja yang memiliki makanan kaki lima bersertifikat halal.

1.    Kuala Lumpur, Malaysia

Kamu pasti tidak asing dengan makanan yang bernama Nasi Lemak. Makanan khas Malaysia ini banyak kamu temukan di Kuala Lumpur. Negara yang memiliki beragam agama dan budaya ini termasuk dalam daerah di Asia yang makanannya bersertifikat halal. Kamu dapat mengunjungi Malaysia, khususnya Kuala Lumpur untuk mencoba berbagai macam makanan dan minuman halal. Kamu akan mudah mendapatkan makanan kaki lima yang halal di kota ini karena penduduk Malaysia mayoritas memeluk agama islam.


 

2.    Mumbai, India

Jika kamu sering mendengar kata Bollywood pastinya tidak asing juga dari daerah asal kata tersebut. Betul sekali, Bollywood merupakan industri perfilman dari India. Selain industri filmnya saja yang terkenal, ternyata di India juga terkenal makanan kaki lima yang halal, loh! Kamu dapat menemukannya di Kota Mumbai dengan berbagai kedai makanan ringan seperti kebab atau ayam biryani.

 

3.    Bangkok, Thailand

Negara tetangga yang memiliki cita rasa makanan yang unik ini cocok banget untuk kamu yang suka hal baru. Ibukota negara Thailand yaitu Bangkok menyediakan berbagai macam kuliner halal yang wajib kamu coba. Kamu dapat mencoba Tom Yum yang pedas dan asam atau Pad Thai yang berisi mie dengan campuran sayur serta seafood di dalamnya. Tentunya tidak cuma dua makanan itu saja, ada beragam makanan halal enak lainnya di Bangkok. Berani mencoba?

 

4.    Singapura, Singapura

Negara yang memiliki luas 728.6 km² ini memiliki kuliner yang khas. Kamu dapat merasakan cita rasa oriental dibalut dengan melayu. Singapura juga terkenal dengan makanan kaki limanya. Beberapa tempat makan di sana berderet rapi di pinggir jalan dan sangat mudah ditemukan bagi pejalan kaki. Jangan takut untuk mencoba makanan di Singapura walaupun ada pula yang non-halal. Biasanya kedai makanan yang halal akan diberi tanda/tulisan halal agar semua orang dapat mengetahui bahan-bahan yang digunakan sudah sesuai dengan kaidah islam. Contoh makanan halal yang dapat kamu coba adalah nasi ayam hainan dan mie laksa.

 

5.    Jakarta, Indonesia

Ingin menghemat biaya dengan berkuliner di negara sendiri? Jawabannya ada di Jakarta. Walaupun nggak cuma ada di Jakarta tetapi kota ini memiliki beragam makanan yang ada di Indonesia, loh! Jika mengitari kota Jakarta kamu pasti akan menemukan makanan kaki lima di setiap sudut kotanya. Mulai dari Bakso sampai Soto. Makanan yang sudah pasti halal akan terlihat dari tulisan “Halal” karena di Indonesia sendiri Halal sudah menjadi kewajiban bagi para produsen untuk memberikan keamanan kepada konsumennya.


Kira-kira daerah mana nih yang akan kamu kunjungi untuk mencoba makanan halalnya? Dan bagi kamu yang merupakan produsen makanan di Indonesia, jangan lupa untuk lakukan sertifikasi halal. Kalau masih bingung ketika memilih lembaga pemeriksa halal terpercaya, kamu dapat mempercayakannya kepada SUCOFINDO. Laboratorium kami telah terakreditasi serta ditunjuk langsung oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) sebagai Lembaga Pengujian Halal yang independen. Ketahui lebih lanjut mengenai Sertifikasi Halal melalui CS kami via Whatsapp (08118910222) atau klik gambar di bawah ini!