New Normal Pemkot Bogor Kolaborasi Holding BUMN Jasa Survei

Sabtu, 25 September 2021 | 08:14


Bogor, 22 September 2021 – Masih dalam rangka mensukseskan Program Kolaborasi  TJSL Holding BUMN Jasa Survei yang terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo (Persero) dan PT Surveyor Indonesia (Persero), Holding BUMN Jasa Survei menyelenggarakan program bantuan berupa Audit Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan serta bantuan Disinfection Monitoring Program untuk Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor dan bantuan audit Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja  atau Sertifikasi SMK3 yang telah dilaksanakan di RSUD Kota Bogor (17/09).

Acara puncak berupa penyerahan Certificate of Disinfection & Analysis, Surat Keterangan telah dilakukan Audit SMK3 serta Surat Keterangan Audit Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan, diselenggarakan di Rumah 30 Bogor yang dihadiri oleh Wakil Walikota Bogor Dedie A. Rachim dan beberapa jajaran Pemerintah Kota Bogor yang turut hadir menyaksikan penyerahan sertifikat.

Wakil Walikota Bogor mengatakan bahwa sertifikasi dari BUMN Jasa Survei kepada tempat umum di kota Bogor sangat membantu menciptakan ekosistem ekonomi dan sosial yang fungsional dan produktif, meski berada di tengah pandemi “Saya harap kedepannya kolaborasi ini dapat terjalin dengan baik antara Pemkot Bogor dan BUMN sebagai tercapainya visi Kota Bogor menjadi Kota yang layak keluarga di tengah pandemi Covid-19.”

Selain itu, Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN Agus Suharyono yang turut hadir dalam acara seremonial tersebut mengatakan dengan adanya dukungan penuh yang diberikan oleh BUMN Jasa Survei diharapkan audit sertifikasi ini mampu meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan khususnya dari sisi kesehatan.

Rozainbahri Noor selaku Direktur Pengembangan Sumber Daya PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang terselenggara. “Kami menyampaikan apresiasi atas kerjasama antara Pemkot Bogor dan Holding BUMN Jasa Survei. Sertifikasi ini juga sebagai penguatan untuk Kota Bogor dalam membantu mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan melibatkan unsur manajemen. Khususnya menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas di Kota Bogor.” Ungkap Rozain.

Holding BUMN Jasa Survei selaku penyedia jasa pengujian, inspeksi, dan sertifikasi yang salah satunya adalah sertifikasi SMK3. Kegiatan audit sertifikasi SMK3 ini telah dilaksanakan di RSUD Kota Bogor dengan mengusung tema “Penerapan SMK3 PP 50 Tahun 2012”. “Penting kita pahami bahwa penerapan SMK3 ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi,” tutup Rozain.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Surveyor Indonesia (Persero) Rosmanidar Zulkifli berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Surveyor Indonesia dan berharap bahwa program Audit Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan yang dilakukan PT Surveyor Indonesia (Persero) mampu memberikan rasa aman dan nyaman ke pada masyarakat wilayah Bogor yang berbelanja di PD Pakuan Jaya “Terima kasih kepada Pemkot Bogor atas komitmen dan kepercayaan kepada BUMN Jasa Survei semoga kerja sama kita ini bisa terus dibina. Nantinya warga Bogor dan wisatawan dapat merasa aman, nyaman, karena mungkin sulit untuk menyingkirkan covid-19, tapi sangat-sangat mungkin bagi kita untuk bisa hidup di tengah pandemi tanpa rasa khawatir berlebih.” ujar Rosmanidar Zulkifli dalam sambutannya.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO (Persero), Budi Hartanto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kontribusi BUMN Jasa Survei untuk Indonesia dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional. “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab dari BUMN untuk masyarakat sesuai kepada peran masing-masing BUMN Jasa Survei. Semoga hal ini membantu meminimalisir Covid-19, khususnya di wilayah Kota Bogor,” tutur Budi.

Lebih lanjut Budi Hartanto menyampaikan bahwa Disinfection Monitoring Program yang dilakukan oleh SUCOFINDO di Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor merupakan kegiatan pemastian protokol kesehatan melalui verifikasi on-site terhadap perlakuan disinfeksi (kimiawi / non kimiawi) yang telah diterapkan oleh institusi atau pelaku usaha.

Salah satu nilai tambah dari kegiatan Disinfection Monitoring Program ini adalah adanya monitoring berkala terhadap mikroba/ virus yang telah dilakukan Disinfeksi melalui pengumpulan sampel swab, kemudian dilanjutkan dengan analisis Adenosine Triphosphate (ATP) test untuk memastikan keberadaan aktivitas biologis/mikroorganisme dan dengan melakukan pengujian pada pre dan/atau post treatment.”

Budi Hartanto mengatakan bahwa, “SUCOFINDO bersama BUMN Jasa Survei kedepannya akan terus berusaha untuk menjaga komitmen dalam peduli terhadap masyarakat sekitar serta berkontribusi secara aktif sebagai upaya Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujar Budi.

 

Tentang Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau dikenal dengan BKI adalah BUMN yang bergerak dalam bidang pemeriksaan berupa klasifikasi dan statutoria bangunan terapung, serta inspeksi umum.

BKI mengklasifikasi dan mensertifikasi lebih dari dua belas ribu kapal berbendera Indonesia serta bendera asing lainnya. Dalam bidang inspeksi umum, BKI memiliki portofolio utama dalam bidang Energi, Industri, Marine, Offshore, Pemerintahan dan secara konsisten memberikan jasa pelatihan yang berupa pengembangan pengetahuan maupun kompetensi.

BKI memiliki jaringan layanan 36 cabang di seluruh Indonesia dan Singapura, serta menjalin kerjasama dengan partner luar negeri dalam memberikan jangkauan layanan yang lebih luas.   

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

 

Tentang SURVEYOR INDONESIA

PT Surveyor Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada tanggal 1 Agustus 1991. Pada awalnya misi kami adalah untuk membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam memperlancar aliran barang modal dan peralatan ke Indonesia dari seluruh dunia melalui jasa pemeriksaan pra-pengapalan yang bertaraf internasional.

Layanan independent assurance kami fokuskan pada empat sektor yaitu: Penguatan Institusi Kelembagaan, Infrastruktur, Mineral dan Batubara, Migas dan Sistem Pembangkit. Untuk melaksanakan kegiatan Independent Assurance, kami diakreditasi ISO 17020 dan ISO 17025 untuk kegiatan Inspeksi dan pengujian laboratorium. Sistem manajemen kami sudah memenuhi persyaratan ISO 9001 dan OHSAS 18001 serta SMK3 yang didukung tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu serta dukungan kerjasama dari berbagai Lembaga Nasional dan Internasional.

Surveyor Indonesia menjadi mitra strategis bagi pemerintah, swasta dan patner kerja perusahaan lainnya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya dan produk dalam negeri pada bidang infrastruktur, kemaritiman, energi dan ketahanan pangan. Mitra tidak hanya sebatas pelanggan ketika bekerja sama, tetapi sebagai rekan bisnis berkelanjutan dalam hubungan jangka panjang.

 

-----

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan

Telepon        : +62 21 4301017

Faksimili       : +62 21 4390 1973

Email            : crc@bki.co.id

Informasi ini tersedia di http://www.bki.co.id/

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Bagus Subihantoro

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon        : +62 21 798 3666

Faksimili       : +62 21 798 3888

Email            : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

 

PT SURVEYOR INDONESIA (Persero)

N. Made Oka Dhyana

Sekretaris Perusahaan

PT Surveyor Indonesia (Persero)

Email  : surveyorindonesia@ptsi.co.id

Telp    : (62-21) 526-5526 ext. 253

Fax     : (62-21) 526-553

Informasi ini tersedia di www.ptsi.co.id