BeritaSiaran pers

SUCOFINDO Sertifikasi Halal 50 UMKM Binaan Pertamina

Jakarta, 17/5 – PT SUCOFINDO mendukung PT Pertamina (Persero) dalam memfasilitasi sertifikasi halal bagi 50 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan mitra binaan PT Pertamina (Persero). “Sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Utama PT SUCOFINDO siap mendukung proses sertifikasi halal mitra binaan PT Pertamina melalui kegiatan pemeriksaan kehalalan produk. Ini pun sejalan dengan komitmen kami untuk turut mendukung pemerintah dalam mewujudkan ekosistem halal di Indonesia serta realisasi target SUCOFINDO untuk audit 5.000 sertifikat halal,” kata Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas.

Selain itu, menurut Darwin dengan terealisasikannya sertifikasi halal ini mampu menunjang para UMKM untuk memperluas pasar, baik dalam lingkup pasar nasional maupun global. “Kami yakin dengan sertifikasi halal, UMKM dapat meningkatkan daya saing produknya, dan memberikan kepercayaan kepada konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan prinsip halal,” ujar Darwin.

Sejumlah 50 UMKM mitra binaan Pertamina masih dalam proses pemeriksaan kehalalan produk oleh PT SUCOFINDO dan ditargetkan sertifikat halal akan terbit maksimal pada Desember 2023.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyampaikan bahwa pemberian fasilitasi sertifikasi halal ini merupakan sinergi antara Pertamina dengan Sucofindo untuk mendorong kemajuan UMKM di Indonesia.

“Setelah UMKM mendapatkan sertifikat halal dan selanjutnya menempatkan logo halal pada kemasan produk, diharapkan dapat memberikan kepastian hukum baik bagi produsen maupun konsumen terhadap kehalalan produk yang akan dipasarkan atau dikonsumsi,” kata Fadjar.

Fadjar menambahkan pemberian fasilitas Sertifikasi Halal kepada UMKM  disinergikan Pertamina  dengan Sucofindo, di mana nantinya akan dilakukan pengelompokkan jenis produk UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal sesuai dengan Keputusan Peraturan Menteri Agama No. 748 tahun 2021 mengenai Jenis Produk yang Wajib Bersertifikat Halal.

Untuk melengkapi kebutuhan PT Pertamina, Kepala Unit Halal PT SUCOFINDO Agus Suryanto menyatakan bahwa LPH Utama PT SUCOFINDO dapat melayani, pemeriksaan kehalalan produk dan Pengujian Laboratorium jika diperlukan, bagi produk berupa (1) makanan dan minuman (3) kosmetik (4) kimiawi (6) rekayasa genetik (7) barang gunaan (9) jasa. “Kami mampu memberikan pelayanan sertifikasi halal secara spesifik termasuk sertifikasi halal bagi UMKM sehingga bisa meningkatkan daya saing produk,” kata Agus.

Adanya pengelompokkan jenis produk UMKM tersebut, Agus berharap dapat memberikan pelayanan sertifikasi halal yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing UMKM.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon            : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email                 : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: