BeritaSiaran pers

SUCOFINDO Science Hackathon Festival Resmi Dibuka

Jakarta, 6/7 – Sucofindo Science Hackathon Festival resmi dibuka lewat gelaran “SCIence HackFest 2023: SUCOFINDO Goes to Campus” dengan perhelatan pertama di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Sucofindo Hackathon Festival merupakan sebuah kompetisi open innovation untuk mengembangkan solusi inovatif berbasis teknologi 4.0 dalam penyelesaian permasalahan strategis di dunia industri.

“Festival publik ini tercipta sebagai realisasi atas upaya Kementerian BUMN untuk menciptakan talent factory baik di perusahaan maupun di kampus-kampus, di mana mencipta kolaborasi dengan prinsip academic-business and government, yaitu lebih giat menciptakan kontribusi bagi perekonomian negara ini, paling tidak membantu dalam hal ide untuk gagasan bisnis, sehingga diharapkan mampu membedah pengembangan solusi inovatif dalam penyelesaian masalah-masalah di dunia industri,” kata Direktur Sumber Daya Manusia PT SUCOFINDO Johanes Nanang Marjianto dalam pembukaan acara.

Lebih lanjut Nanang mengatakan kompetisi ini bertujuan menjaring talenta-talenta muda untuk berkontribusi kepada pembangunan negeri. “Oleh karena itu, festival ini kami buka seluas-luasnya baik untuk mahasiswa maupun umum, dan pendaftaran akan dibuka segera, jadi dimohon teman-teman semua dapat terus memantau instagram official @sucofindoofficial, untuk mendapatkan informasi pendaftaran lebih lanjut, kata Nanang.

“SCIence HackFest 2023: SUCOFINDO Goes to Campus” yang diselenggarakan  di Universitas Indonesia mengangkat tema “AI for Corrosion Detection Paving the Way For Industry Advancement” dengan pembicara di antaranya Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia Prof. Dr.Ir Johny Wahyuadi S., DEA dari Departemen Teknik Metalurgi dan Material FTUI.

Selain itu, adapula paparan dari Pj Kepala Bidang Inspeksi Teknik Cabang Cilegon PT Sucofindo Arief Wisnu Kuncoro terkait “Deteksi Korosi Menggunakan NDT Advance Computer Vision”.

Lebih detil, tantangan bagi para peserta dalam kompetisi kali ini adalah menciptakan inovasi berbasis teknologi 4.0 yang menggabungkan Artificial Intelligence dengan Machine Learning untuk menjadi solusi bagi industri dalam lingkup lingkungan, keselamatan dan komoditas pertanian.

Setidaknya ada lima daftar topik Science Hackfast di antaranya adalah “Predictive Data Analytics untuk Mengukur Kadar Debit Limbah Berdasarkan Kondisi Tertentu”, “Identifikasi Kualitas Beras dengan Mengkombinasikan Computer Vision dan e-nose”, “Deteksi Korosi dengan Menggunakan Computer Vision”, “Incident Detection dengan Menggunakan Computer Vision”, dan “Deteksi Vegetasi dengan Menggunakan Sensor Multispectral Camera”.

Setelah pembukaan registrasi pada Juli, direncanakan akan dijaring 20 Tim/peserta unggulan dengan inovasi terbaik.

Nantinya para peserta terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh expert mentoring, digital bootcamp, relasi, portofolio, dan total hadiah hingga Rp150 juta.

Rangkaian Sucofindo Hackathon Festival akan ditutup pada September 2023 dengan gelaran Science Hackfest atau Hackathon Day pada September 2023.

 Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.                                                                                               —–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon            : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email                 : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: