BeritaSiaran pers

SUCOFINDO Raih 2 Apresiasi TOP GRC AWARDS 2023

Jakarta, 8/9 – PT SUCOFINDO meraih 2 apresiasi dalam ajang TOP GRC AWARDS 2023, yaitu TOP GRC AWARDS level  #5STARS, serta  kategori The Most Committed GRC Leader untuk Direktur Utama. Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2023  sekaligus Pemimpin Redaksi Top Business M Lutfi Handayani bersama dengan Dewan Pakar Komite Nasional Governance (KNKG) sekaligus Dewan Juri TOP GRC Awards 2022 Prof.  Mardiasmo kepada Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO Budi Hartanto di Jakarta.

Tahun ini perhelatan TOP GRC Awards mengangkat tema Building Resilient Future through ESG (Environment, Social, and Governance) and GRC. “Artinya, melalui kegiatan Top GRC Awards 2023, ada keinginan terus mendorong pengembangan ketahanan bisnis di masa depan, melalui pendekatan ESG dan GRC. Sehingga, kinerja bisnis perusahaan dapat terus tumbuh berkelanjutan,” kata Ketua Penyelenggara Top GRC Awards 2023, M. Lutfi Handayani.

Ketua Dewan Juri TOP GRC AWARDS 2022, Antonius Alijoyo, mengatakan bahwa dengan semakin efektifnya implementasi GRC ini, maka kinerja bisnis akan tetap aman dan tumbuh dengan baik, serta mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dan investor.

Selain itu, Antonius menambahkan bahwa GRC dan ESG, menjadi tren  ke depan, di mana para investor makin care terhadap aspek sosial dan lingkungan demi menjaga iklim bisnis yang berkelanjutan. “Oleh karena itu, GRC dan ESG, perlu dikolaborasikan dan diintegrasikan dalam manajemen bisnis. Itu agar perusahaan terus memiliki ketahanan dan kelincahan bisnis di masa yang akan datang,” ujar Antonius.

Dalam kegiatan TOP GRC Awards ini, klasifikasi kategori penghargaan didasarkan pada pencapaian level bintang, sedangkan untuk bintang 5 adalah level tertinggi. “Semakin tinggi level bintangnya, maka semakin baik sistem, infrastruktur, dan implementasi GRC di perusahaan, sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan secara berkelanjutan,” ujar Antonius.

Selanjutnya, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO, Budi Hartanto menuturkan bahwa sebagai perusahaan TIC (Testing, Inspection, Certification) mengutamakan integritas  untuk menjaga kepercayaan pelanggan.

“Dalam pengelolaan perusahaan kami menerapkan prinsip-prinsip GCG, Manajemen Risiko dan Compliance. Diharapkan melalui ajang ini SUCOFINDO dapat mengevaluasi dan memperbaiki diri untuk senantiasa meningkatkan penerapan GRC. Dan saat ini PT SUCOFINDO berproses meningkatkan penerapan integrasi ESG-RC di tiap lini proses bisnis,” ujar Budi Hartanto.

Budi Hartanto menambahkan bahwa di awal tahun 2023 SUCOFINDO telah mengintegrasikan Kebijakan Sistem Manajemem, yaitu Kebijakan Sistem Manajemen Terintegrasi (ES-G-RC). “Kami melihat proyeksi kebutuhan mendatang bahwa integrasi ESG-RC merupakan upaya dalam menjaga keberlangsungan usaha. GRC (Governance, Risk & Compliance) yang telah dibangun oleh SUCOFINDO, selanjutnya kami tingkatkan dengan memperhatikan faktor Lingkungan (E) & Sosial (S) dalam setiap aktivitas bisnis Perusahaan,” ujar Budi Hartanto.

Dalam penerapan ESG, PT SUCOFINDO memiliki 3 program khusus, yaitu program implementasi terkait Environment (Lingkungan) – Harmony with Nature, Sosial – Harmony with live dan tata kelola (governance) – Harmony with Ethics.

Selain itu, PT SUCOFINDO juga turut mendukung para pelaku usaha dalam mengimplementasikan ESG, melalui layanang konsultansi ESG Roadmap. Konsultansi roadmap ESG diperlukan oleh para pemangku kebijakan guna persiapan, penilaian bagaimana mengelola risiko serta peluang terkait isu keberlanjutan terhadap tiga elemen kunci, yakni lingkungan, dampak sosial dan juga struktur tata kelola. “Penerapan ESG ini penting karena ESG merupakan kerangka yang digunakan oleh stakeholder untuk menilai bagaimana perusahaan mengelola risiko dan peluang terkait isu keberlanjutan,” kata Budi Hartanto.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.                                                                                               —–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon            : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email                 : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: