BeritaSiaran pers

SUCOFINDO Gelar Sharing Session Penguatan Budaya K3 Untuk Operasional Unggul

Jakarta, 16/1 – PT Sucofindo menggelar web seminar (webinar) bertajuk Sucofindo Berbudaya K3 Untuk Mencapai Operasional Unggul dalam rangka bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Jumat (13/1). Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan penyelenggaraan webinar ini sebagai langkah konkret dukungan PT SUCOFINDO dalam implementasi K3. Hal ini juga sejalan dengan arahan Kementerian “Terwujudnya Pekerjaan Layak Yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha Di Setiap Tempat Kerja Tenaga Kerja dalam agenda Bulan K3 Nasional tahun 2023 dengan tajuk”.

Direktur Utama PT Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengungkapkan bahwa, “Isu K3 sudah tidak hanya berbicara mengenai pencegahan terjadinya kecelakaan kerja, namun lebih dari pada itu, yaitu pengaruh keselamatan kerja terhadap kinerja perusahaan maupun kesejahteraan segenap insan yang bekerja di perusahaan,” lanjut Mas Wigrantoro.

Oleh karena itu, sesi sharing kali ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian seluruh insan Sucofindo terhadap penerapan keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan di tiap unit kerja yang ada. “Kami berharap seluruh pegawai SUCOFINDO semakin peduli dan memahami upaya penerapan K3,” kata Mas Wigrantoro.

Selaras dengan Mas Wigrantoro, Direktur PT Waskita Toll Road Subkhan perlunya implementasi K3 secara konsisten dan menjadi budaya di perusahaan, baik di sektor-sektor formal maupun non formal. “Diharapkan K3 ini dapat menjadi budaya, sehingga sudah menjadi rutinitas pegawai, yang dilakukan dalam keseharian. Ke depannya perusahaan yang telah menerapkan K3, pasti mendapatkan apresiasi baik dari nasional dan internasional,” ujar Subkhan.

Selanjutnya, Health Safety and Risk Manager PT Sumbawa Timur Mining Yan Fuadi menjelaskan bahwa cara penguatan budaya K3 diperlukan pemahaman di setiap individu untuk mengetahui posisinya dalam kedewasaan budaya K3.

“Paradigma lama masih memusatkan isu kesehatan kerja dan lingkungan hanya pada unit kerja K3 sebagai salah satu faktor utama yang membuat minimnya kesadaran tiap individu terhadap penerapan budaya K3 di lingkungan kerja. Padahal berbudaya K3, setiap orang harus paham bahwa safety is my business. Safety itu urusan saya,” lanjut Yan.

Selain itu, turut hadir sebagai pembicara Johannes Pakpahan, Kepala PT Sucofindo Cabang Balikpapan. Johanes berharap implementasi budaya K3 menjadi tanggung jawab semua individu. “Ini merupakan komitmen bersama, sehingga semua pihak harus berperan aktif dalam budaya K3, sehingga terhindar dari kecelakaan dan penyakit karena kerja. Hal ini pun selaras guna mendukung keberlangsungan usaha,” kata Johanes.

Dalam komitmen Bulan K3 Nasional, PT SUCOFINDO juga turut menyelenggarakan secara serentak beragam kegiatan K3 di 28 Kantor Cabang selama periode 12 Januari-12 Februari 2023. Direktur Utama Mas Wigrantoro berharap dengan terselenggara secara serentak dapat menjadi upaya peningkatan dan keselerasan pehaman budaya K3.

“Semoga implementasi K3 ini tidak hanya dilaksanakan dalam Bulan K3 Nasional, namun harus terus diupayakan dan dilaksanakan secara berkelanjutan agar menjadi bagian dari budaya kerja perusahaan,” ujar Mas Wigrantoro.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia. Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon : +62 21 798 3666

Faksimili : +62 21 798 3888

Email : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: