BeritaSiaran pers

SUCOFINDO Hadir dalam COP28, Menawarkan Layanan Konsultansi Framework Greenport-Smartport untuk Penurunan Emisi GRK

Dubai 5/12 – PT SUCOFINDO turut berpartisipasi dalam perhelatan COP28 dan mempresentasikan layanan SUCOFINDO, yang mendukung realisasi penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), yaitu Greenport and Smartport: Nature Based Solutions as Way Forward of Decarbonization of Ports in Indonesia di Dubai. Partisipasi ini sejalan dengan komitmen PT SUCOFINDO dalam upaya realisasi dekarbonisasi, sebagai mitigasi krisis iklim lingkungan.

“Kami, sebagai bagian IDSurvey, siap mendukung merealisasikan dekarbonisasi dan zero emission melalui jasa-jasa Pengujian, Audit, Sertifikasi dan Konsultansi terkait Eco Framework untuk pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun sektor industri,” kata Jobi Triananda, Direktur Utama PT SUCOFINDO yang turut serta dalam COP28.

Melalui perhelatan COP28, SUCOFINDO menawarkan layanan kosultansi Greenport dan Smartport untuk pengembangan pelabuhan berkelanjutan (Sustainable Port / Eco Port). “Pada salah satu kriteria dalam framework konsultansi Greenport dan Smartport, pelaku industri harus memenuhi aspek pengelolaan port biodervisity, diantaranya mewujudkan pengembangan Nature Based Solution (NbS) melalui restorasi dan konservasi mangrove, yang akan menciptakan ekosistem karbon biru. Dan karbon biru ini memiliki peran strategis dalam pengurangan emisi,” kata Jobi Triananda.

Selain itu, untuk mendukung pengurangan emisi, PT SUCOFINDO memiliki layanan validasi dan verifikasi yang telah terakreditasi oleh KAN, untuk skema gas rumah kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK).

“Layanan LVV SUCOFINDO membantu pelaku usaha untuk memastikan perhitungan klaim karbonnya melalui validasi dan verifikasi emisi gas rumah kaca melalui skema SPEI (Sertifikat Pengurangan Emisi Indonesia) di mana penjualan bisa dilakukan di bursa karbon Indonesia maupun penjualan langsung B-to-B,” kata Jobi Triananda.

Selain menerbitkan opini untuk perusahaan dalam negeri, SUCOFINDO menerbitkan opini untuk perusahaan internasional yang beroperasi di luar negeri. Baru-baru ini dilakukan perhitungan klaim karbon pada proyek pengumpulan dan recycling sampah plastik di Inggris.

Selain layanan LVV, PT SUCOFINDO memiliki layanan untuk mendukung green industry lainnya, seperti layanan ESG Consultation dalam hal ini membantu pelaku usaha menyiapkan roadmap ESG dan proses implementasi, dan pelaporan ESG.  Kemudian, SUCOFINDO mampu melayani Audit Energi, konsultansi sustainable mining, sertifikasi green office, sertifikasi green building, konsultansi di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT), Green Project Management, Sertifikasi Industri Hijau, Environmental Laboratory, dan Sertifikasi GGL (Green Gold Label).

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO 

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon           : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email               : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: