BeritaSiaran pers

SUCOFINDO Resmikan Site Weda, Dukung Realisasi Operasional Smelter

Weda (10/2) – PT SUCOFINDO meresmikan Site Weda di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara. Site ini merupakan komitmen PT SUCOFINDO dalam realiasi mendukung operasional smelter, yang dicanangkan pemerintah untuk mendirikan 53 smelter di Indonesia. “Site Weda mampu melayani kegiatan Inspeksi dan Pengujian Mineral dan Batu Bara untuk produk smelter, seperti bijih nikel dan produk turunan nikel lainnya. Selain itu, lokasi site kami dekat dengan smelter terbesar di Provinsi Maluku Utara yang terletak di Lelilef, Halmahera Tengah,” kata Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Dengan peresmian Site Weda, menurut Mas Wigrantoro juga merupakan langkah nyata mendukung refocussing bisnis SUCOFINDO dalam IDSurvey, yaitu mendukung kebijakan pemerintah dalam hilirisasi produk pertambangan serta mendukung tata kelola pertambangan yang berkelanjutan (sustainable mining practices).

Selanjutnya, Mas Wigrantoro berharap dengan adanya Site Weda mampu menjaring pelanggan lebih luas. “Tak hanya fokus dalam layanan Mineral dan Batu Bara, Site Weda mampu mengembangkan potensi wilayah, khususnya dalam melayani jasa di sektor Sertifikasi dan Eco-Framework, Migas, Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi, Komoditi dan Solusi Perdagangan, sertifikasi Halal,” ujar Mas Wigrantoro.

Senada dengan Mas Wigrantoro, Kepala SBU Mineral Suprapto mengatakan bahwa Site Weda merupakan upaya SUCOFINDO dalam penetrasi pelanggan eksisting dan menjaring pelanggan baru. “Lokasi kami dekat dengan wilayah mayoritas pertambangan, yang berada di Halmahera Tengah (Lelilef dan Gebe), Halmahera Timur (Subaim, Buli, dan Maba), serta Halmahera Selatan (Obi). Namun, tidak menutup kemungkinan untuk Site Weda dapat melayani potensi pelanggan di area pertambangan dan industry pertambangan lain di Provinsi Maluku Utara maupun Provinsi lain yang berada di dekatnya seperti Pulau Gag,” kata Suprapto.

Oleh karena itu, dengan pendekatan lokasi tersebut Suprapto berharap dapat meningkatkan waktu layanan, yang selama ini masih bergantung pada Laboratorium Sucofindo di Makassar dan Kendari.

Suprapto menambahkan bahwa Site Weda juga dilengkapi dengan peralatan mutakhir. “Kami menyediakan yang terbaik untuk pelanggan kami, seperti untuk pengujian mineral, Laboratorium Site Weda menyediakan fasilitas preparasi dan pengujian dengan XRF Epsilon 4 yang mampu meningkatkan kecepatan dan akurasi hasil pengujian mineral,” ujar Suprapto.

Sementara itu, Pj. Bupati Halmahera Tengah Ikram Malan Sangadji mengatakan dengan adanya Laboratorium ini, tentu mempermudah untuk melakukan pengujian.

Dia juga mengatakan, dirinya melihat prospek penugasan Sucofindo sangat luas di berbagai sektor bisnis, yang mampu memenuhi meningkatkan potensi wilayah Halmahera Tengah dan sekitarnya. “Bisnis SUCOFINDO sangat luas di berbagai sektor termasuk bidang Elektrik. Jadi, saya berharap SUCOFINDO dan Pemda dapat berkolaborasi untuk meningkatkan potensi wilayah,” kata Ikram.

Kepala Cabang PT Sucofindo Cabang Makassar, Gatot Kafrawi menyampaikan pihaknya siap mendukung Pemda Halmahera Tengah dan sekitarnya. “Harapan kami, dengan kehadiran laboratorium Sucofindo Site Weda ini akan mempercepat proses pengujian dari kegiatan di sektor mineral maupun batubara,” kata Gatot.

Kedepannya menurut Gatot, Site Weda mampu mendukung layanan untuk lingkungan. “Site Weda yang masih dalam naungan SUCOFINDO Cabang Makassar ini, dapat melayani Sertifikasi dan Eco-Framework, Laboratorim kalibrasi, Sertifikasi halal, Industri, serta di sektor bisnis lainnya sesuai dengan kebutuhan Halmahera Tengah dan sekitarnya,” kata Gatot.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon : +62 21 798 3666

Faksimili : +62 21 798 3888

Email : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: