Siaran pers

Sucofindo Makassar Kini Dilengkapi Laboratorium Kalibrasi

Manfaatnya dilakukan kalibrasi adalah untuk menjaga kondisi instrumen ukur dan bahan ukur agar tetap sesuai dengan spesifikasinya. PT Sucofindo (Persero) Cabang Makassar senantiasa selalu berupaya untuk mengembangkan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki sebagai bentuk apresiasi serta upaya untuk memenuhi harapan dan kebutuhan para pelanggannya. Salah satunya melalui pengoperasian laboratorium kalibrasi yang dilaunching, Senin (1/8).

Kepala Cabang PT Sucofindo Makassar, Abdul Kadir Zailani di sela-sela launching laboratorium kalibrasi di Graha Sucofindo Makassar, menjelaskan, Sucofindo dengan pengalaman hampir 60 tahun secara berkesinambungan meningkatkan pelayanannya dan senantiasa hadir lebih dekat dengan para pelanggan, termasuk dalam melayani jasa kalibrasi peralatan industri dan laboratorium.

“Proses kalibrasi dilakukan untuk mencapai hasil pengukuran dengan tingkat akurasi yang tinggi, menentukan deviasi, dan untuk menjamin hasil-hasil pengukuran tersebut sudah sesuai dengan standar nasional maupun internasional. Manfaatnya dilakukan kalibrasi adalah untuk menjaga kondisi instrumen ukur dan bahan ukur agar tetap sesuai dengan spesifikasinya, memelihara mutu produk yang diterapkan di berbagai industri peralatan laboratorium dan alat produksi yang dimiliki,” jelasnya.

Baca Juga: SUCOFINDO Dipercaya KEMENKES untuk Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan

Zailani mengatakan, kalibrasi dibutuhkan untuk peralatan ukur yang baru dan dilakukan tiap kurun waktu tertentu, diperlukan ketika suatu perangkat mengalami tumbukan/getaran yang berpotensi mengubah hasil kalibrasi sebelumnya atau ketika hasil pengamatan dipertanyakan.

Zailani menjelaskan, setelah dilaunching Laboratorium Kalibrasi Sucofindo dapat melayani kalibrasi peralatan gaya, massa, tekanan, suhu, dimensi, volume, instrumentasi kimia, dan peralatan listrik.

“Laboratorium Kalibrasi Sucofindo memiliki kalibrator-kalibrator yang setara standar nasional dan internasional serta memiliki Calibration and Measurement Capability (CMC) tinggi dan nilai ketidakpastian yang kecil, sehingga menghasilkan pengukuran yang akurat dan memiliki ketelitian tinggi. Sucofindo memiliki komitmen dalam menjaga ketertelusuran kalibrator-kalibratornya bersasarkan prinsip-prinsip ISO 17025, sehingga dapat memberikan jaminan terhadap keakuratan dan ketelitian hasil kalibrasinya,” jelas Zailani.

“Tujuan laboratorium ini, diharapkan pengguna jasa yang membutuhkan kalibrasi dapat memanfaatkan fasilitas ini. Dapat memberikan nilai tambah kepada Cabang Makassar dan mitra kerja, khususnya yang membutuhkan jasa kalibrasi. Mudah-mudahan kehadiran laboratorium ini, di Makassar dapar mengcover kebutuhan di Sulsel dan Indonesia Timur pada umumnya,” tambah Zailani.

Sementara, Kepala Strategic Business Unit (SBU) Labratorium Sucofindo, Anwar Tahir, selain launching laboratorium kalibrasi di Cabang Makassar, pengoperasian secara serentak ini juga dilaksanakan di lima cabang Sucofindo lainnya, yaitu Balikpapan, Batam, Cilegon, Medan, dan Surabaya. Sebelumnya, Laboratorium Kalibrasi Sucofindo sudah ada di laboratorium pusat di Cibitung.

“Saat ini berbagai industri telah menggunakan jasa laboratorium Sucofindo untuk pengujian kalibrasi, diantaranya dari industri kimia, makanan, minuman, kosmetik, otomotif, PLTU, logam, pupuk, pertambangan, perhotelan, dan perkebunan.

Baca Juga: SUCOFINDO Resmikan Gedung Baru di Medan

sumber http://rakyatsulsel.com

Tentang Sucofindo

PT Sucofindo (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian Sucofindo melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

Sucofindo memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

Ketahui informasi lebih lanjut seputar berita dan tanggung jawab sosial Sucofindo. Sucofindo juga menyediakan layanan sertifikasi, layanan inspeksi dan audit, layanan konsultasilayanan pelatihanlayanan pengujian dan analisis. Untuk informasi mengenai lebih lanjut mengenai layanan tersebut, Anda juga bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut , hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: