BeritaSiaran pers

SUCOFINDO Dukung Indonesia Tahan Laju Emisi Karbondioksida

Jakarta, 10/7 – PT SUCOFINDO mendukung komitmen Indonesia dalam upaya penurunan emisi karbon melalui Nationally Determined Contributions (NDC) terkait isu perubahan iklim, baik dalam bentuk penguatan program maupun strategi melalui Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) Emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Direktur Komersial PT SUCOFINDO, Darwin Abas menyampaikan, “Nationally Determined Contributions (NDC) sendiri berisi komitmen Indonesia terhadap agenda pengurangan emisi karbon, baik dengan upaya sendiri yang bisa mencapai 31,89% atau 43,20% dengan dukungan internasional pada 2030.”

Mendukung program tersebut, Kementerian ESDM membutuhkan Lembaga Verifikasi dan Validasi (LVV) independen dengan kompetensi dan kapasitas sumberdaya yang cukup untuk melaksanakan kegiatan validasi dan/atau verifikasi untuk target 99 PLTU dalam fase I ETS 2023.
“Saat ini SUCOFINDO sebagai salah satu lembaga Testing, Inspection & Consultation (TIC) terbesar di Indonesia memiliki Jasa Verifikasi & Validasi Gas Rumah Kaca (GRK) dengan kualifikasi verifikator dan validator yang kompeten pada sektor usaha energi,” jelas Darwin.

Darwin melanjutkan, “Dalam pelaksanaan kegiatan validasi dan verifikasi GRK, SUCOFINDO akan memelihara prinsip-prinsip untuk menjaga kenetralan tanggung jawab, keterbukaan, kerahasiaan, dan kemampuan untuk menanggapi keluhan dan banding dalam setiap tahapan proses validasi/verifikasi yang tidak terlepas dari persyaratan Lembaga Verifikasi dan Validasi yang tertuang di dalam, SNI ISO/IEC 17029, SNI ISO/IEC  14065, dan ISO 14064-3.”

Guna mendorong percepatan ekosistem jasa verifikasi serta kesepakatan protokol Verifikasi Emisi Level Organisasi baik di sektor Instalasi dan Pembangkitan, maka perlu adanya kerjasama antara LVV GRK.

“Oleh karena itu SUCOFINDO melakukan sinergi dengan LVV independen lainnya seperti PT. TÜV Rheinland dan PT Mutu Agung Lestari agar dapat menghasilkan prosedur standar yang disepakati LVV independen untuk menghindari bias hasil Verifikasi dan Validasi,” tutup Darwin.

Selain itu, dalam meningkatkan kapasitas industri Nasional, PT SUCOFINDO juga mampu memberikan layanan TIC (Testing, Inspection, and Certification), seperti sertifikasi Good Manufacturing Practices (GMP) dan Hazard Analytical of Control Critical Point (HACCP), serta layanan Sertifikasi SNI Produk.

Sebagai upaya peningkatan penggunaan produk dalam negeri, SUCOFINDO juga mampu melayani verifikasi dan konsultansi sertifikasi Tingkat Kompenen Dalam Negeri (TKDN), yang dibutuhkan para pelaku usaha, seperti pada verifikasi kendaraan listrik, alat komunikasi, bahan pertanian, bangunan, dan masih banyak lagi.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.                                                                                               —–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon            : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email                 : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: