Siaran pers

Kemenkomarves & IDSurvey Wujudkan Pelabuhan Berkelanjutan Kelas Dunia

Jakarta (27/12) –  Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada 10 pelabuhan yang telah melakukan sertifikasi Green Port pada acara Green Port Award 2022 dengan tema Indonesia Menuju Pelabuhan Berkelanjutan Kelas Dunia yang berlansung secara hybrid. Penghargaan ini diberikan kepada pelabuhan yang telah melakukan proses assesmen oleh IDSurvey dalam hal ini, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan PT Sucofindo.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengapresiasi seluruh pihak dalam mewujudkan Awarding Green Port di tahun 2022. “Pelabuhan memegang peranan penting di Indonesia yang merupakan negara Maritim. Saat ini kita telah menyelesaikan proses Assesmen untuk 10 pelabuhan. Kedepannya ada 149 pelabuhan akan kita dorong untuk memenuhi standard Green Port dan Smart Port, agar Pelabuhan Indonesia mampu bersaing di kancah Internasional,” ujar Luhut.

Saat ini, di tahun 2022 Indonesia sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk ke dalam 20 besar negara dengan performa pelabuhan yang baik berdasarkan median waktu tunggu kapal container mencapai 24,9 jam. Posisi Indonesia ini diatas negara maju lainnya seperti Italia, Perancis, Yunani, Jerman, Amerika Serikat, Rusia, Australia, dan Kanada.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, juga menyampaikan Pelabuhan harus beroperasi untuk meningkatkan perekonomian Nasional dengan tetap memperhatikan keberlangsungannya dalam memitigasi perubahan lingkungan.”Kita harus menggunakan sistem yang mampu menciptakan Lingkungan yang lebih hijau sebab semakin maju negara maka kegiatan ekspor impor akan meningkat yang mengakibatkan tingginya aktivitas di pelabuhan. Kegiatan ini tentunya tidak boleh mencemari lingkungan” Ujar Budi.

Nani Hendiarti, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, menyampaikan bahwa assesmen Green Port telah dilakukan secara digital “Saat ini monitoring Assesmen Green Port Tahun 2022 ini, telah menggunakan online dashboard yang digunakan untuk proses self-assessment Green Port yang lebih cepat dan akuntabel. Selanjutnya dilakukan proses verifikasi secara hybrid melalui penilaian ke pelabuhan-pelabuan oleh tim asesor” ujar Nani.

Arisudono, Direktur Utama IDSurvey, menjelaskan dalam melakukan Assemen Green Port  dilakukan telah memenuhi memenuhi peraturan peraturan berstandar Internasional seperti seperti PIANC, GPAS dan kearifan lokal Indonesia yaitu peraturan-peraturan terkait kepelabuhan, lingkungan, dan energi serta didukung oleh Personil yang telah tersertifikasi. “Kami di IDSurvey sangat berkomitmen dalam memajukan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia, dan sangat peduli terhadap isu-isu keberlanjutan. Saat ini IDSurvey memiliki 3 fokus utama, dan salah satunya adalah Green Economy.”

Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, Direktur Utama PT SUCOFINDO menambahkan “Assesmen Green Port dilakukan dengan memperhatikan 3 aspek yaitu Aspek Manajemen, Aspek Teknis dan Aspek Digitalisasi. Aspek teknis meliputi tata kelola kawasan pelabuhan, K3, lingkungan, energi, perubahan iklim dan keanekaragaman hayati. Panduan Green Port SUCOFINDO telah terdaftar di Ditjen HAKI Kemenkumham pada 14 Agutus 2018, dengan nomor pendaftaran No. 000114247” Ujar Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Hadir pada kesempatan ini juga, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Sigit Reliantoro, Penasihat Menteri Bidang Pertahanan dan Keamanan Maritim, Prof. Marsetio, Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas, Sahat Manaor Panggabean, Asisten Deputi Pengelolaan Perubahan Iklim dan Kebencanaan; Kus Prisetiahadi, Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur, Liliek Mayasari dan Perwakilan pelabuhan di seluruh Indonesia.

______

Daftar penerima penghargaan pada Green Port Award 2022 :

  1. Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) Petrokimia Gresik = 82,80%
  2. PT Krakatau Bandar Samudera – Terminal Umum Krakatau Bandar Samudera = 81,12%
  3. Terminal Khusus PT. Pupuk Kalimantan Timur = 80,97%
  4. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Bali Nusra Pelabuhan Benoa = 80,76%
  5. PT Pelindo Terminal Petikemas – Terminal Petikemas Semarang = 80,68%
  6. PT Terminal Teluk Lamong (TTL) = 78,55%
  7. PT IPC Terminal Petikemas – Tanjung Priok = 60,72%
  8. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 – Pelabuhan Tenau Kupang = 56,50%
  9. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Banten – Pelabuhan Ciwandan = 48,05%
  10. PT Pelabuhan Indonesia(PERSERO) Regional 2 Pontianak Terminal Kijing = 47,05%

Tentang IDSurvey (Holding BUMN Jasa Survei)

IDSurvey terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia bergerak di bidang jasa Testing, Inspection, Certification (TIC) dibentuk berdasarkan PP No.66 Tahun 2021 tanggal 5 Mei 2021 yang ditandangi oleh Presiden RI Joko Widodo dan diresmikan oleh Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansyuri pada 17 Desember 2021.

Pada pembentukannya, Kementerian BUMN memberikan amanah pada IDSurvey untuk fokus mendukung penerapan Green Economy, memastikan penerapan tata kelola pertambangan, dan mendukung penerapan local content melalui sertifikasi TKDN. Disamping itu, BKI, Sucofindo, dan Surveyor Indonesia terus meningkatkan kompetensi dan pelayanan dalam sektor TIC.

Biro Klasifikasi Indonesia atau dikenal dengan BKI yang ditunjuk sebagai Induk Holding mendukung sektor kemaritiman nasional dengan mengklasifikasi dan mensertifikasi lebih dari dua belas ribu kapal berbendera Indonesia serta bendera asing lainnya. Dalam bidang inspeksi umum, BKI memiliki portofolio utama dalam bidang Energi, Industri, Marine, Offshore, Pemerintahan dan secara konsisten memberikan jasa pelatihan melalui BKI Academy.

Sucofindo mampu melayani jasa antara lain di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

Surveyor Indonesia menjadi mitra strategis bagi pemerintah, swasta dan partner kerja perusahaan lainnya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya dan produk dalam negeri pada industri infrastruktur, mineral, energi, dan ketahanan pangan. Mitra tidak hanya sebatas pelanggan ketika bekerja sama, tetapi sebagai rekan bisnis berkelanjutan dalam hubungan jangka panjang. Surveyor Indonesia melayani Institusi Kelembagaan, Infrastruktur, Mineral dan Batubara, Migas dan Sistem Pembangkit.

 

IDSurvey
Divisi Sekretariat Perusahaan

Telp: (+6221) – 4300139

Email: corsec@idsurvey.id

Informasi ini tersedia di https://idsurvey.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: