Berita

Raih 2 Penghargaan TOP CSR Awards 2024, Komitmen SUCOFINDO Implementasi CSR Berkelanjutan

Jakarta, 29/5 – PT SUCOFINDO berhasil meraih tiga kali berturut-turut penghargaan  Top CSR Awards 2024 Level Bintang Lima (#5), serta apresiasi Top Leader on CSR Commitment  untuk Direktur Utama PT SUCOFINDO, Jobi Triananda. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas komitmen  SUCOFINDO  untuk menjalankan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau corporate social responsibility (CSR) melalui praktek bisnis yang berkelanjutan serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

“Penghargaan ini merupakan komitmen PT SUCOFINDO dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) secara berkelanjutan yang mencakup aspek Environmental, Social, and Governance (ESG),” tutur Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO Evi Afiatin.

Evi Afiatin menambahkan program CSR PT SUCOFINDO memiliki konsep Creating Shared Value (CSV), di mana program CSR terintegrasi dengan strategi bisnis.

SUCOFINDO percaya bahwa pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dapat dicapai melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan yang membentuk suatu nilai ekonomi dan sosial secara bersama-sama.  Salah satu program unggulan TJSL SUCOFINDO adalah bantuan pembangunan fasilitas biogas di Kabupaten Kebumen yang sejalan dengan kompetensi bisnis Sucofindo, berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan, termasuk untuk mengatasi isu perubahan iklim.

“Program ini berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan telah dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat,” kata Evi.

Direktur Layanan Industri PT SUCOFINDO Budi Utomo, menambahkan bahwa mitigasi perubahan iklim sejalan dengan peran PT SUCOFINDO sebagai Lembaga Validasi dan verifikasi (LVV) unutk skema Gas Rumah Kaca dan Nilai Ekonomi Karbon.

Budi Utomo melanjutkan bahwa optimalisasi biogas ini merupakan program pemanfaatan gas metan dari timbulan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) menjadi biogas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar TPA, seperti menjadi alternatif bahan bakar rumah tangga. “Dengan program ini kita ikut serta dalam mitigasi perubahan iklim akibat GRK dan memperkuat peran Sucofindo sebagai LVV,” jelas Budi Utomo.

Untuk mendukung program CSR pelaku usaha, PT SUCOFINDO dapat memberikan layanan social mapping, Jasa konsultansi ISO 26000 mencakup Gap Analysis, Training ISO 26000, maupun penyusunan Sustainability Report dan penentuan Community Satisfaction Index (CSI) atau Indeks Kepuasan Masyarakat, serta pengukuran dampak program CSR dengan metode SROI (Social Return On Investment). SUCOFINDO siap untuk membantu lembaga maupun perusahaan untuk memaksimalkan program CSR nya.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon           : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email               : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: