BeritaSiaran pers

Layanan TKDN SUCOFINDO, Dukung SKK Migas Wujudkan Target Produksi Minyak Bumi 1 Juta Barel Tahun 2030

Surabaya, 22/5 – PT SUCOFINDO turut mendukung SKK Migas dalam mewujudkan target produksi minyak bumi sebanyak 1 Juta barel per hari (bph) dan 12 miliar gas standar kaki kubik per hari (bscfd) pada tahun 2030. “Kami siap mendukung SKK Migas melalui layanan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) guna mewujudkan upaya peningkatan penggunaan produk barang/ jasa dalam negeri. Hal ini pun sejalan dengan salah satu pilar utama program IOG Transformation SKK Migas, yaitu menuju 1 juta barel minyak dan 12 miliar gas standar kaki kubik per hari (bscfd) pada tahun 2030,  dengan capaian TKDN yang maksimal,” kata Direktur Utama PT SUCOFINDO Jobi Triananda.

Oleh karena itu, melalui perhelatan Pra Forum Kapasitas Nasional tahun 2023 rangkaian ke-3, Jobi Triananda berharap kegiatan ini menjadi wadah para pelaku usaha untuk saling berintegrasi dan berkolaborasi mewujudkan target tersebut. Hal ini sesuai dengan tajuk yang diusung Pra Forum Kapasitas Nasional tahun 2023, yaitu Pengembangan Integrasi Kapabilitas Dalam Negeri dalam rangka Peningkatan Kapasitas Nasional.

Jobi Triananda melanjutkan bahwa dalam layanan TKDN, SUCOFINDO siap membantu untuk konsultansi dan sosialisasi secara masif. Hal tersebut dilakukan guna menjaring objek verifikasi sebanyak-banyaknya dan tidak terbatas pada sertifikasi TKDN barang.

“Untuk menyukseskan program TKDN, SUCOFINDO memiliki infrastruktur, auditor yang terakreditasi, serta pengalaman yang mumpuni untuk melayani jasa verifikasi TKDN. Untuk kedepannya kami akan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk sertifikasi TKDN,” ujar Jobi Triananda.

Tidak hanya layanan TKDN, PT SUCOFINDO dalam mendukung SKK Migas untuk meningkatkan kapabilitas dalam negeri mampu memberikan pelayanan TIC (Testing, Inspection, and Certification) dari hulu ke hilir di sektor Migas, seperti layanan Inspeksi Peralatan dan Instalasi Industri Minyak dan Gas Bumi, Quality Assurance (QA))/ Quality Control (QC) untuk Fasilitas Industri Minyak dan Gas, Pertambangan dan Pembangkit Listrik, dan uji tanpa rusak (NDT).

Untuk memastikan industri migas dan pertambangan yang berkelanjutan, SUCOFINDO memiliki layanan TIC di bidang lingkungan dan sosial. “Kami memiliki layanan Kajian, Audit Lingkungan dan Monitoring Pengelolaan Lingkungan Terpadu, Audit Energi Bangunan, konsultansi Environmental, Social and Governance (ESG), Konsultasi Pencapaian PROPER, Assurance Sustainibilty Report (ASR), layanan SUCOFINDO untuk Verifikasi dan Validasi terhadap statement Emisi Gas Rumah Kaca (GRK), serta layanan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) maupun Corporate Social Responsibility (CSR) Korporat melalui perhitungan dampak program TJSL melalui metode SROI, ” kata Jobi Triananda.

Pada Pra Forum Kapasitas Nasional tahun 2023 rangkaian ke-3 ini, juga diadakan penyerahan sertifikat halal kepada UMKM mitra binaan. “Kami turut mendampingi dan melakukan audit untuk proses sertifikasi halal mitra binaan SKK Migas, sesuai dengan peranan SUCOFINDO sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Utama. Semoga dengan diraihnya sertifikat halal ini, mampu membantu mitra binaan SKK Migas meningkatkan kapasitas bisnis. Selanjutnya, kami berkomitmen siap mendukung target SKK Migas lainnya melalui layanan TIC SUCOFINDO,” ujar Jobi Triananda.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

—–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: