BeritaSiaran pers

Komitmen Adaptif Sediakan Jasa untuk Keberkelanjutan, SUCOFINDO Raih Apresiasi Living Legends

Jakarta, 31/1- PT SUCOFINDO meraih apresiasi sebagai Living Legend Company in Realizing Sustainable Business Practices Through Portfolio Management in Various Sector, dalam kategori Platinum. Penghargaan yang dihelat Warta Ekonomi ini, diberikan oleh CEO Warta Ekonomi, kepada perwakilan PT SUCOFINDO, Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan, Arifin pada perhelatan Indonesia Living Legend Awards 2024 di Jakarta (31/1).

Chief Editor dan CEO Warta Ekonomi M. Ihsan mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan yang berusia lebih dari 25 tahun dan dianggap sangat berpengalaman dalam menghadapi kondisi krisis ekonomi. “Selain itu, kemampuan beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis juga menjadi hal wajib yang perlu dimiliki oleh perusahaan. Saat ini, perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat yang didorong oleh perkembangan teknologi harus menjadi perhatian serius bagi perusahaan,” kata Ihsan.

Disrupsi teknologi dan ekonomi menurut Ihsan juga mampu mendorong perusahaan untuk mengubah bisnis proses dan strategi perusahaan untuk menghadapi persaingan yang bahkan bisa berasal dari perusahaan yang bukan dalam kelompok industrinya. “Oleh karena itu, kami mengapresiasi perusahaan-perusahaan legendaris ini dalam membentuk dan mengubah industri. Perusahaan ini bisnis mampu menunjukkan kinerja yang bagus, reputasi yang baik, inovatif dan menjadi legenda hidup perusahaan di Indonesia,” ujar Ihsan.

Selanjutnya, Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT SUCOFINDO, Arifin menuturkan bahwa apresiasi yang telah diraih ini merupakan komitmen SUCOFINDO  sebagai perusahaan TIC (Testing, Inspection, Certification), yang telah memasuki usia 67 tahun, mengutamakan kebutuhan pelanggan dan agile terhadap perkembangan zaman.

“Untuk menjawab tantangan perkembangan teknologi saat ini, PT SUCOFINDO melakukan transformasi digital untuk Jasa TIC. Kami pun adaptif memudahkan para pelanggan, salah satunya dengan layanan otomasi dan digitalisasi untuk monitoring lingkungan,” kata Arifin.

PT SUCOFINDO dalam merealisasikan keberlanjutan lingkungan memiliki layanan untuk mendukung terciptanya Green Industry. Hal ini pun sebagai komitmen mencapai Net Zero Emission (NZE). “SUCOFINDO dalam komitmen ini mampu mendukung perusahaan atau pelaku industry melalui peranan kami sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) untuk skema Gas Rumah Kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK) yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN),” tutur Arifin.

Selain itu, SUCOFINDO memiliki layanan jasa di bidang ESG (Environment, Social, and Governance) improvement dan consultation yang dapat membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan awareness serta reputasi perusahaan terhadap ESG rating sesuai kebutuhan investor dan/atau penjamin dana investasi pada tahap implementasi ESG Roadmap, serta assurance untuk laporan berkelanjutan.

Konsultansi roadmap ESG diperlukan oleh para pemangku kebijakan guna persiapan, penilaian bagaimana mengelola risiko serta peluang terkait isu keberlanjutan terhadap tiga elemen kunci, yakni lingkungan, dampak sosial dan juga struktur tata kelola. “Penerapan ESG ini penting karena ESG merupakan kerangka yang digunakan oleh stakeholder untuk menilai bagaimana perusahaan mengelola risiko dan peluang terkait isu keberlanjutan,” tutup Arifin.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.                                                                                —–

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon          : +62 21 798 3666

Faksimili        : +62 21 798 3888

Email              : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: