ArtikelPengujian dan AnalisisKonstruksi

Yuk Kenali IRIS Sebagai Metode Non-Destructive Testing (NDT)!

Non-Destructive Testing (NDT) atau Pengujian Non-Destruktif adalah sebuah metode untuk memeriksa dan menguji suatu material atau komponen secara menyeluruh dengan tidak merusak material saat inspeksi, Bagi banyak industri seperti manufaktur, minyak dan gas, energi, konstruksi, hingga penerbangan, NDT merupakan bagian penting dalam pelaksanaan operasional.

NDT memiliki tujuan untuk mendeteksi kerusakan, ketidaksempurnaan, dan kecacatan pada material dan/atau komponen yang diuji. Dengan melakukan pengujian tanpa merusak, material dan/atau komponen yang diuji dapat digunakan atau dijual Kembali setelah NDT selesai dilakukan.

Apa itu IRIS?

Salah satu metode NDT adalah IRIS atau Internal Rotary Inspection System. IRIS banyak digunakan dalam industri minyak dan gas, pembangkit listrik, dan industri lainnya yang menggunakan pipa logam untuk mengalirkan cairan atau gas karena metode ini digunakan untuk melakukan inspeksi pada tabung atau pipa dengan diameter kecil hingga menengah.

IRIS bekerja dengan memanfaatkan prinsip ultrasonik dan menggunakan probe yang mampu menghaslikan dan menerima gelombang ultrasonik. Probe yang berbentuk tabung tabung dan berputar di dalam pipa ini kemudian akan diperiksa.

IRIS memiliki proses kerja sebagai berikut:

  1. Probe dimasukkan ke dalam pipa yang akan diperiksa
  2. Probe diputar perlahan dan maju ke dalam pipa. Rotasi ini memungkinkan probe memberikan gambaran 360° permukaan dalam pipa
  3. Probe mengirimkan gelombang ultrasonik ke dinding pipa
  4. Gelombang ultrasonik memantul kembali ke probe
  5. Data pantulan gelombang diolah menggunakan perangkat khusus sehingga menghasilkan data visual dinding pipa yang mendetail.
  6. Data-data ini kemudian dianalisis untuk mendeteksi kerusakan atau cacat seperti retak, korosi, ketebalan dinding yang tidak sesuai standar

Keuntungan Menggunakan IRIS

Memberikan gambaran yang akurat dari permukaan dalam pipa, bahkan area yang sulit dijangkau oleh metode NDT yang lain menjadi salah satu keuntungan utama IRIS. Selain itu metode IRIS juga cocok digunakan untuk memeriksa pipa berdiameter kecil dan kompleks. Dalam industri minyak dan gas, untuk mencegah kebocoran, kerusakan, dan kecelakaan, pipa yang kritis sangat perlu untuk diinspeksi secara akurat serta melakukan pemeliharaan. Beberapa keuntungan lain menggunakan IRIS sebagai metode inspeksi pipa adalah:

  1. Deteksi Kerusakan dan Cacat: IRIS memungkinkan mendeteksi kerusakan dan cacat pada dinding pipa dengan tingkat akurasi yang tinggi. Data visual yang sangat detail membantu mengidentifikasi masalah-masalah yang sering muncul pada dinding pipa seperti retak, deformasi, ketebalan dinding yang tidak sesuai standar, serta korosi. Dengan mendeteksi masalah potensial dengan tepat, perusahaan dapat mengambil tindakan yang diperlukan sebelum masalah menjadi lebih serius dan menyebabkan kerugian yang lebih besar.
  2. Penggunaan pada Pipa dengan Diameter Kecil dan Kompleks: Metode IRIS dapat digunakan pada pipa berdiameter kecil hingga menengah dengan hasil data yang akurat. IRIS menjadi sangat penting karena biasanya metode NDT yang lain suling menjangkau pipa berdiameter kecil.
  3. Informasi 360°: Teknologi IRIS memungkinkan probe untuk berputar di dalam pipa, memberikan informasi 360 derajat dari permukaan dalam pipa. Dengan demikian, IRIS memberikan gambaran yang komprehensif dan menyeluruh tentang kondisi pipa, termasuk area yang sulit dijangkau oleh metode NDT lainnya. Hal ini membantu mengidentifikasi masalah dengan lebih baik dan meminimalkan risiko kegagalan.
  4. Peningkatan Keamanan dan Integritas Pipa: Dengan menggunakan IRIS, perusahaan dapat secara proaktif mengidentifikasi potensi kerusakan dan cacat pada pipa, sehingga dapat melakukan perbaikan dan pemeliharaan tepat waktu. Hal ini membantu meningkatkan keamanan dan integritas sistem pipa, mengurangi risiko kebocoran, dan mencegah kecelakaan atau gangguan operasional yang dapat mengakibatkan kerugian finansial dan reputasi yang buruk.
  5. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas: IRIS adalah metode yang cepat dan efisien dalam melakukan inspeksi pipa. Dengan hasil inspeksi yang cepat dan akurat, perusahaan dapat menghemat waktu dan sumber daya dalam proses inspeksi, memungkinkan fokus lebih besar pada tindakan perbaikan dan perencanaan strategis.
  6. Pemeliharaan Prediktif yang Lebih Baik: Dengan mendeteksi cacat dan kerusakan secara dini, perusahaan dapat menerapkan pemeliharaan prediktif yang lebih baik. Pemeliharaan prediktif membantu mengidentifikasi waktu ideal untuk melakukan perbaikan atau penggantian, sehingga meminimalkan gangguan pada operasional perusahaan dan memperpanjang umur pakai pipa.

Namun, IRIS juga memiliki beberapa keterbatasan sebagai salah satu metode NDT, seperti kemampuan untuk digunakan pada pipa yang memiliki saluran yang sempit, sehingga probe susah menjangkau. Untuk mengatasi beberapa keterbatasan ini, IRIS biasanya digunakan bersama dengan metode NDT yang lain. Hal ini juga dilakukan untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan komprehensih mengenai kondisi pipa sehingga dapat mengidentifikasi potensi masalah.

Secara keseluruhan, penggunaan Internal Rotary Inspection System (IRIS) sebagai metode Non-Destructive Testing (NDT) dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan dalam hal keamanan, efisiensi, dan perencanaan pemeliharaan yang lebih baik. Dengan mengadopsi teknologi NDT yang canggih ini, perusahaan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan pipa mereka dan menghindari risiko kerusakan yang merugikan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan pengujian dan analisis dan Sektor Konstruksi. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: