Sertifikasi

5 Manfaat Penerapan Sertifikasi TKDN bagi Perusahaan

Tingkatkan Produksi dalam Negeri dengan Sertifikasi TKDN

Sertifikasi TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan industri. Pemerintah sendiri juga telah memberikan fasilitas agar perusahaan industri di tanah air mendapatkan sertifikat tersebut. 

Apabila Anda merupakan seorang pelaku usaha, sangat penting untuk menerapkan sertifikasi ini. Nah, apakah Anda sudah melakukannya? Jika belum atau baru saja mengetahui sertifikasi ini, sebaiknya jangan lewatkan pembahasan dalam artikel berikut!

Apa Itu Sertifikasi TKDN?

TKDN merupakan sebuah persentase nilai komponen produksi yang dibuat di dalam negeri. Bisa berupa produk barang dan jasa atau gabungan di antara keduanya. Dalam hal ini termasuk juga biaya angkutan yang ditawarkan untuk setiap item harga barang maupun jasa tersebut. 

Perlu diketahui bahwa TKDN ini bisa jadi salah satu faktor yang akan menentukan siapa yang lebih unggul dan kompeten. Ini akan menjadi unsur penentu pemenang pengadaan barang dan jasa di instansi tertentu. 

Manfaat Penerapan TKDN

Tentunya sertifikasi TKDN ini memberikan banyak manfaat bagi perusahaan industri dan masyarakat pada umumnya. Berikut adalah manfaat penerapan TKDN yang perlu Anda pahami:

1. Meningkatkan Pemasukan PPh

TKDN akan membantu meningkatkan pemasukan PPh atau pajak penghasilan. PPh yang dimaksud di sini adalah pajak terhadap berbagai jenis produk yang diproduksi di Indonesia. 

Selama ini, produk yang masuk ke Indonesia atau produk impor masih bersifat free on board atau FOB di luar negeri. Apabila ada pemasukan dari sektor pajak industri dalam negeri maka pemerintah akan merasa lebih diuntungkan. 

2. Meningkatkan Lapangan Kerja

Industri dalam negeri bisa terus bertumbuh dan bekerja untuk memproduksi produk. TKDN akan mendorong hal ini agar terus berlanjut dan menyebabkan munculnya lebih banyak lapangan kerja baru. 

Pergerakan yang terus terjadi di sektor industri secara tidak langsung akan berpengaruh juga pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh roda perekonomian yang terus bergerak. 

3. Membentuk Kesetaraan dengan Merek Luar Negeri

TKDN juga akan membantu terbentuknya kesetaraan di antara merek luar negeri dengan merek lokal. Produk yang diproduksi dalam negeri bisa setara dengan beragam jenis produk yang diproduksi oleh negara lain. 

4. Menciptakan Supply-Chain yang Baik

Manfaat lain dari sertifikat TKDN ini adalah bisa menciptakan supply-chain yang baik. Para vendor akan terdorong untuk membuka pabrik di tanah air. Selanjutnya mereka juga akan terdorong untuk melakukan suplai ke pabrikan perakitan dalam jumlah besar. 

5. Memperkuat Indonesia di Pasar Asia Tenggara

TKDN akan membantu memperkuat Indonesia sebagai basis produksi di kawasan pasar Asia Tenggara. Tentunya hal ini bisa dicapai jika ekosistem komponen sudah berjalan dengan lancar dan baik. 

Nilai Minimal TKDN Setiap Sektor

Tentunya pemberian sertifikat TKDN ini dilakukan untuk perusahaan industri di berbagai sektor. Berikut adalah daftar minimal TKDN yang diberlakukan untuk masing-masing sektor industri di tanah air:

  • Alat kesehatan >60%
  • Ketenagalistrikan Nasional >40%
  • Pembangkit listrik >30-70%
  • Jaringan transmisi >56-76%
  • Gardu induk >17-65%
  • Peralatan migas >25-40%
  • Alat mesin pertanian >43%

Dalam perhitungan nilai TKDN ini ada 3 komponen yang akan dilibatkan. Berikut adalah 3 komponen yang dimaksud:

  • Komponen dalam Negeri pada Barang
  • Komponen dalam Negeri pada Jasa
  • Komponen dalam Negeri pada Gabungan Barang dan Jasa

Sertifikasi TKDN jelas memiliki fungsi penting bagi perusahaan industri dan ikut berpengaruh pada perkembangan perekonomian di tanah air. Langkah sertifikasi ini bisa lebih mudah dilakukan bersama jasa yang terpercaya. 

Sucofindo menjadi pilihan tepat dengan tim sertifikasi terpercaya. yang akan membuktikan kualitas sesuai ketentuan nasional dan internasional. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan sertifikasi.  Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: