Konsultasi

Perbedaan Sparing dan Onlimo

Apa itu Sparing dan Onlimo?

SuperSCI sudah tau belum apa itu Sparing dan Onlimo? Masing-masing memiliki artinya sendiri, loh. Daripada salah, simak bersama yuk apa perbedaan dari keduanya.

Demi keberlanjutan lingkungan di masa depan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mewajibkan sektor industri untuk memantau kualitas air limbah secara berkala serta memastikan kualitas air limbah industri senantiasa memenuhi baku mutu lingkungan. Sparing merupakan sistem pemantauan kualitas air secara online dan realtime menggunakan unit sensor yang terintegrasi dengan data logger, transmisi data dan sistem database untuk pengelolaan data pemantauan. Sedangkan Onlimo adalah sistem pemantauan kualitas air secara online dan realtime menggunakan unit sensor yang terintegrasi dengan data logger, transmisi data dan sistem database untuk pengelolaan data pemantauan. 

4 Manfaat Pemantauan Kualitas Air Limbah Yang Perlu Kamu Ketahui

Air Limbah

Perbedaan Sparing dan Onlimo

Lalu, apa yang membedakan keduanya? Ternyata untuk Onlimo sendiri memiliki ketentuan mengenai lokasi pemantauan sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Sedangkan Sparing wajib diterapkan bagi 11 industri sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 93 Tahun 2018. Jika dilihat dari parameternya, Onlimo memiliki 11 parameter yang perlu diukur. Kalau Sparing memiliki parameter yang berbeda-beda tergantung pada industri yang dipantau. Keduanya juga memiliki perbedaan pada bagian pemantauannya, loh! Jika Onlimo berfokus untuk memantau kualitas air/sungai/danau/laut, Sparing khusus untuk memonitor kualitas air limbah di Industri. Tentunya di antara beberapa perbedaan tersebut, mereka tetap memiliki kesamaan yaitu komponen utama peralatan yang digunakan sama.

Meskipun berbeda, baik Sparin dan Onlimo tetap memiliki manfaatnya masing-masing. Sparing dapat berfungsi sebagai Early Warning System dengan platform monitoring web-based dan mobile apps yang dapat menampilkan informasi secara real-time dan akurat sehingga dapat segera dilakukan tindakan preventif sebelum melewati Baku Mutu. Lalu Onlimo dapat membantu dalam mendapatkan data kualitas air secara realtime dan mengetahui tren perubahan status mutu air dalam waktu cepat. Selain itu Onlimo dapat berfungsi sebagai early warning system (sistem peringatan dini) ketika terjadi pencemaran, sehingga mengurangi biaya dan waktu dalam pengambilan sampel dan analisa laboratorium.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan konsultansi dan Sektor Pengolahan Air Limbah. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: