Konsultasi

Peran Penting Konsultan Pertambangan Bagi Perusahaan Anda

Maksimalkan Proses Kegiatan Tambang dengan Menggunakan Jasa Konsultan Pertambagan

Konsultan pertambangan adalah bagian penting bagi perusahaan. Peranan mereka dalam mengawasi, mengontrol, dan membantu Izin Usaha Pertambangan (IUP) agar meminimalisir kesalahan. Pastinya sangat cocok untuk negara seperti Indonesia dengan potensi besarnya dalam penggalian dan penjualan produk-produk pertambangan.

Peran penting konsultan paling utama yakni dalam bidang perencanaan dan perancangan. Sebab industri ini memiliki risiko tinggi terhadap keselamatan maupun penggunaan dana. Maka perencanaan yang tepat sangat diperlukan.

Perencanaan sistem yang terpadu melibatkan masalah ekonomi, sosial, dan terintegrasi dengan lingkungan sekitar. Termasuk pengambilan keputusan penggunaan lahan, kualitas lingkungan, dan estetika wilayah tersebut sehingga operasional berjalan dengan baik dan mencapai target secara optimal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pertambangan

Proyek pertambangan merupakan hal yang kompleks, inilah mengapa setiap perusahaan perlu pendampingan dari konsultan pertambangan. Setiap pelaksanaan operasional perusahaan pertambangan perlu juga memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Pembukaan lahan secara luas

Usaha pertambangan membutuhkan pembukaan lahan melalui proses pembabatan hutan. Maka perencanaan dari awal sangat diperlukan terutama berkaitan dengan kondisi tanah, air juga geografis sebagai elemen penting untuk dianalisis terlebih dahulu.

2. Pembuangan limbah

Pembuangan limbah juga menjadi hal yang perlu diperhitungkan melalui tahapan perencanaan. Aktivitas tambang tidak luput dari risiko pencemaran lingkungan, maka pengelolaan serta cara pembuangan limbahnya harus tepat tanpa merugikan.

3. Dampak lingkungan

Perusahaan perlu memikirkan seperti kontribusinya pada lingkungan. Setelah proses eksplorasi dan eksploitasi selesai perlu dilakukan pemeliharaan kualitas lingkungan, pengendalian dampak risiko serta pengembangan wilayah sehat.

Ketiga hal diatas memerlukan tenaga ahli konsultan pertambangan yang benar-benar paham, sehingga operasional pertambangan tidak hanya memberikan profit kepada pengusaha, melainkan juga dampak positif kepada lingkungan.

Untuk pekerja, semua kegiatan yang dijalankan tidak menyebabkan risiko karena kesalahan serta kecelakaan. Hal ini karena sudah dibuatkan standar dalam pelaksanaan teknis. Secara berkala nantinya seluruh aktivitas dan kesesuaiannya dengan peraturan akan diperiksa.

Bagi lingkungan alam sekitar, aktivitas tambang tidak menimbulkan kerusakan. Baik jangka pendek maupun jangka panjang serta tetap menjadikan lahan sekitarnya tetap produktif.

Mengapa Konsultan Pertambangan Itu Penting?

Dalam menjalankan bisnis pertambangan, pengusaha perlu memiliki pekerja yang berpengalaman dan ahli dibidangnya. Sebagai alternatifnya adalah meminta bantuan tim konsultan dari luar perusahaan, atau menggunakan tim konsultan. 

1. Pelayanan menyeluruh

Konsultan pertambangan dapat melakukan pelayan dalam berbagai proses. Meliputi eksplorasi, estimasi sumber daya, estimasi cadangan, geological services, dan supervisi tahap penambangan.

Konsultan membantu perusahaan mengurus perizinan, perpanjangan izin usaha, pemenuhan dokumen teknis dan lain sebagainya. Dengan kata lain, pelayanannya meliputi berbagai keperluan.

2. Penasehat Teknis

Berfungsi sebagai penasehat teknis (technical advisor) yang akan memberikan arahan, petunjuk, konsultasi berbasis Risk Management sampai pertimbangan teknis kepada perusahaan.

3. Pendampingan

Perusahaan mendapatkan jasa pendampingan tekno-ekonomi untuk menilai aspek investasi Capital Expenditure (CAPEX), Operational Expenditure (OPEX) terhadap ROI (Return of Investment), Nett Profit Value (NPV) Large Object Salvage System (LOSS).

4. PIC dalam pemenuhan peraturan perundang-undangan

Memberikan saran serta pemecahan masalahbagi perusahaan agar tetap mematuhi perundangan yang berlaku. Terkait dengan peraturan pemilik IUP, supaya memenuhi syarat dokumen teknis sesuai ketentuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

5. Tim ahli berkompeten

Merupakan tim berkompeten yang didalamnya didukung oleh banyak tenaga ahli. Sehingga mampu memberikan jasa konsultasi terbaik yang memberikan masukan secara obyektif, mendalam serta lengkap.

Anda membutuhkan jasa konsultan berpengalaman? Percayakan kepada ahlinya! Tantangan di bidang mutu, lingkungan, K3, dan produktivitas akan terjawab dengan kinerja efektif Sucofindo sebagai konsultan pertambangan yang berpengalaman dan kompeten.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sektor pemerintahan.  Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: