Inspeksi dan audit

Siapa saja yang terlibat dalam Custody Transfer? Kenapa harus Petroleum Cargo Survey?

 Apa itu proses serah terima barang Migas atau istilah lainnya Custody Transfer?

Proses serah terima produk migas (custody transfer) adalah sebuah kegiatan transaksi jual-beli bisa berupa crude oil, petroproduct, petrochemical dan gas dengan melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan satu titik acuan perhitungan atau biasa disebut Custody Transfer Measurement System (CTMS) yang  berupa flowmeterautomatic tank gauging dan manual tank gauging. Fungsi utama dari CTMS ini adalah sebagai titik ukur kuantitas dari produk yang diperjualbelikan.

Baca Juga: 26 Produk Wajib Verifikasi Sucofindo dan Surveyor Indonesia

Pihak mana saja sih yang terlibat dalam proses ini?

Dikarenakan transaksi Migas merupakan transaksi besar, sehingga bukan hanya pembeli dan penjual yang terlibat dalam proses ini; ada pihak pemilik tempat penyimpanan barang, pihak Bank, pihak asuransi dan pihak surveyor.

Apa sih peran surveyor? Surveyor yang independen dalam suatu rantai proses serah terima produk Migas berperan sebagai pihak yang independen atau sebagai perwakilan principal yang memastikan proses serah terima dilaksanakan sesuai dengan kontrak dan standar/regulasi yang berlaku serta menyajikan data lapangan secara real-time.

Peran surveyor menjadi penting dikarenakan kondisi jual beli produk Migas selalu dihadapkan pada kondisi dan situasi yang tidak terduga selama proses serah terima produk berlangsung, seperti adanya perbedaan jumlah/volume, kualitas produk, kontaminasi hingga pencurian. Kondisi jual beli produk Migas juga menjadi semakin kompleks karena selama proses serah terima, pemilik dan penjual tidak dapat bertemu langsung.

Kami, PT SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan di seluruh Indonesia dengan personil yang telah berpengalaman di bidang survei produk Migas yang telah tersertifikasi ISO 17020 serta didukung oleh fasilitas Laboratorium yang telah tersertifikasi ISO 17025, serta tata kelola manajemen yang telah tersertifikasi ISO 9001:2015 merupakan pilihan yang tepat menjadi pihak surveyor yang independen di dalam proses serah terima produk migas Anda.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Sertifikat Laik Operasi bagi Usaha Kelistrikan

Tidak hanya itu, untuk menjawab semua pertanyaan dari permasalahan yang sering terjadi dilapangan dalam proses serah terima produk Migas, PT SUCOFINDO memiliki solusi jasa:

  1. Survei proses loading/muat
  2. Survei proses discharge/bongkar
  3. Survei antar kapal (ship to ship)
  4. Survei Isotank
  5. Survei antar pipa darat (tranfer)
  6. Uji kualitas produk
  7. Tank Cleanliness Inspection
  8. Bunker Survey

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan inspeksi dan audit dan Sektor Pertambangan Minyak dan Gas Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: